Emedastine: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Mar 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 666.833 orang

Emedastine merupakan salah satu jenis obat yang digunakan pada penyakit konjungtivitis alergi. Obat ini memiliki efek antihistamin yang dapat mengurangi rasa gatal pada daerah mana akibat alergen dari luar. Obat ini adalah topikal tetes yang dapat digunakan selama 6 minggu hingga gejala iritasi pada mata menghilang.

Obat emedastine merupakan obat penghambat reseptor H1. Obat ini bekerja dengan memblokade histamin yang memicu gejala alergi seperti iritasi, mata merah, dan lain-lain. Obat golongan antihistamin sendiri dapat mengurangi gejala alergi akibat paparan alergen seperti debu, kutu, penyumbatan hidung, hingga alergi binatang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Obat emedastine merupakan obat tetes antihistamin yang menghambat stimulasi histamin pada permerabilitas vaskuler di konjungtiva mata. Diketahui bahwa obat emedastine tidak memiliki efek pada reseptor adrenergik, dopaminergik, dan serotonin.

Apa saja Manfaat Obat Emedastine?

Obat emedastine sangat ampuh dalam menangani penyakit konjungtivitis alergi.

Konjungtivitis alergi merupakan suatu peradangan pada konjungtiva mata yang disertai gejala alergi. Konungtivitis aleergi tidak hanya menyerang konjungtiva, tapi dan mempengaruhi sturktur mata lainnya. Kondisi ini disebabkan adanya aktivasi respon imun pada antigen yang terdapat pada lingkungan dan membentuk th2 dan memproduksi antigen IgE. Selain itu terdapat paparan oleh antigen yang memicu degranulasi dgranulosit dan pelepasan histamin.

Konjungtivitis alergi terdiri dari beberapa kelompok yang ditentukan dari sifat alergen penyebab.

Konjungtivitis Alergi

Adanya mata merah, gatal, tetapi jarang terjadi komplikasi ke kornea.

Konjungtivitis Alergi Seasonal

Terjadi akibat perubahan musim. Biasanya pada negara 4 musim. Alergi utama terdapat dai serbuk sari. DItemui gejala rhinitis dan terjadi paling banyak usia 20 sampai 40 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Konjungtivitis Vernal

Umumnya terjadi pada daerah beriklim hangat dan tropis. Paling banyak terjadi pada usia 11 hingga 15 tahun dan jarang pada orang dewasa. Gejala berupa sekret mukus mengalir, fotofobia, terasa benda asing di mata.

Keratokonjungtivitis Atopi

Peradangan kronik yang paling banyak terjadi pada anak-anak. Biasa ditemukan pada penderita dengan riwayat alergi, asma, gatal uritkaria, dan hay fever.

Gejala Umum Konjungtivitis alergi

Efek Samping Obat Emedastine

Obat emedastine dapat memberikan efek samping secara lokal atau pada daerah mata. Efek samping tersebut diantaranya:

  • Mata terasa terbakar
  • Iritasi mata
  • Mata terasa gatal
  • Pandangan menjadi kabur, terutama beberapa saat setelah penetesan mata
  • Nyeri kepala
  • Bau mulut
  • Mata kering

Perhatian Khusus Sebelum Menggunakan Obat Emedastine

Informasi penting yang perlu diketahui sebelum mengonsumsi obat emedastine yaitu:

  • Tidak boleh menggunakan kontak lensa selama menggunakan obat ini. Tunggu sekitar 10 menit setelah pengobatan emedastine sebelum menggunakan kontak lens
  • Obat ini masuk kategori B pada pemberian ibu hamil dan menyusui. Sehingga penggunaan obat ini perlu diperhatikan sesuai petunjuk dokter.
  • Obat ini tidak boleh diberikan pada anak-anak usia di bawah 3 tahun.
  • Perhatian dosis pada pasien lanjut usia
  • Obat ini dapat beresiko hipersensitivitas
  • Tidak boleh mencampurkan obat emedastine bersamaan dengan obat tetes lainnya seperti kortikosteroid. Beri jedah waktu setelah penggunaan obat lainnya

Dosis Dan Cara Pemberian Obat Emedastine

Obat emedastine tersedia dalam bentuk cair yang diteteskan pada mata yang terkena alergi. Obat emedastine tetes 0,05 dosis 5 mL yang diteteskan empat kali sehari. Setelah gejala mereda, dosis obat dapat diturunkan hingga dua atau satu kali sehari.

Simpan obat emedastine pada suhu 4 derajat selsius hingga 30 derajat selsus. Setelah menggunakan obat tetes ini harap ditutup rapat. Ujung pipet tidak boleh disentuh dengan jari tangan agar terhindar dari kontaminasi infeksi. Obat ini sangat berguna untuk mengurangi gejala konjungtivitis alergi. 

Apabila gejala semkain berat atau timbul efek samping, segera hentikan obat dan segera kunjungi dokter untuk diberikan perawatan dan terapi obat guna manghindari komplikasi yang semakin berat pada konjungtiva mata

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp