Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Yarrow - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: OCT 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 734.661 orang

Daun seribu adalah tanaman dari keluarga aster atau Asteraceae yang merupakan kerabat dekat dengan chamomile dan krisan. Nama ilmiah tanaman daun seribu adalah Achillea millefolium. Tanaman herbal ini diberi nama Achillea sesuai dengan tokoh pahlawan dari Yunani (Achilles) yang suka menggunakan tanaman herbal ini. Sedangkan nama"Millefolium" yang berarti "seribu daun,"mengacu pada daun seperti bulu yang sangat kecil.

Tanaman daun seribu berasal dari Eropa. Di berbagai negara, tanaman daun seribu dikenal dengan banyak nama lain, seperti yarrow, gulma tukang kayu, bloodwort, milfoil ksatria, lada orang tua, staunch grass dan lainnya.

Selain daunnya yang tipis, ciri khas lain dari tanaman daun seribu terletak pada bagian bunganya. Bunga yarrow berukuran kecil dan tumbuh berkelompok. Bunga-bunga dari tanaman daun seribu, biasanya mekar pada bulan Juni hingga Oktober, dan berwarna, merah atau putih.

Manfaat Daun Seribu

Manfaat obat ramuan yang berasal dari daun seribu telah dikenal sejak lama. Suku-suku asli Amerika seperti Cherokee, Iroquois, Gosiute dan Mohegan menggunakannya untuk mengatasi gangguan pencernaan, sedangkan Micmac New Brunswick, Nova Scotia dan Maine menggunakan tangkainya untuk meredakan pilek dan demam.

Tangkai dari tanaman daun seribu juga dapat ditumbuk dan dibuat menjadi bubur yang dioleskan pada bagian tubuh yang bengkak, memar dan keseleo. Tetapi pada kenyataannya, semua bagian dari tanaman dapat diolah menjadi obat, dan ramuan dapat digunakan secara internal atau digunakan secara eksternal. Berikut adalah beberapa dari banyak kegunaan obat yang berasal dari daun seribu:

  • Membantu melawan bakteri dan virus. Mengkonsumsi teh yang dicampur dengan daun seribu dapat meningkatkan keringat dan membantu memberantas virus penyebab flu dari tubuh.
  • Meningkatkan sistem pencernaan dan detoksifikasi. Komponen asam lemak yang terkandung di dalam tanaman daun seribu dapat meningkatkan sekresi empedu dengan jumlah yang tepat sehingga dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan menjaga pembentukan batu empedu.
  • Membantu mengurangi kram dan nyeri haid. Tanaman daun seribu juga dapat membantu mengatur periode menstruasi.
  • Efektif melawan kondisi kulit, seperti eksim. Tidak hanya dapat membantu menghentikan luka akibat perdarahan, tetapi daun seribu juga dapat digunakan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi luka borok.
  • Membantu menghentikan mimisan. Menerapkan tanaman daun seribu kering atau bubuk di dalam lubang hidung dapat membantu menghentikan pendarahan.
  • Meredakan rasa sakit akibat peradangan sendi dan rematik. Tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi ini
  • Membantu meringankan gejala wasir.

Menurut Mother Earth News, alasan mengapa tanaman daun seribu sangat serbaguna sebagai ramuan penyembuhan adalah efeknya pada pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah kapiler. Efek melebarkan pembuluh darah dapat mengatasi hipertensi dan trombosis koroner.

Sebelum menggunakan produk yang mengandung bahan aktif tanaman daun seribu, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda, terutama jika Anda menderita masalah kesehatan lain, untuk memastikan bahwa ramuan ini aman untuk Anda gunakan.

Dosis Daun Seribu

Hingga saat ini tidak ada panduan dosis penggunaan daun seribu yang disepakati. Lihat petunjuk penggunaan pada label yang tertera pada label atau konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan bila perlu. Dosis yarrow yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Efek Samping Tanaman Daun Seribu

Tanaman daun seribu relatif aman jika digunakan bagi kebanyakan orang, dengan catatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan. Namun, produk daun seribu yang mengandung bahan kimia yang disebut thujone mungkin tidak aman. Hingga saat ini belum ada laporan spesifik mengenai efek samping penggunaan tanaman daun seribu.

Interaksi Yarrow

Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan Antikoagulan / Antiplatelet)

Mengkonsumsi tanaman daun seribu bersama dengan obat-obatan yang dapat memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Tanaman daun seribu sangat tidak aman ketika diminum selama kehamilan karena dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan dapat menyebabkan keguguran.
  • Tidak ada informasi yang cukup mengenai keamanan mengkonsumsi tanaman daun seribu pada ibu menyusui. Hindari penggunaan tanpa indikasi yang jelas.
  • Gangguan pendarahan: Tanaman daun seribu dapat memperlambat proses pembekuan darah. Secara teori, mengkonsumsi produk yang mengandung bahan aktif dari tanaman daun seribu, dapat meningkatkan risiko perdarahan pada orang dengan gangguan perdarahan.
  • Alergi terhadap tanaman sejenisnya: Tanaman daun seribu dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang yang sensitif terhadap tanaman yang berasal dari keluarga Asteraceae / Compositae seperti ragweed, krisan, marigold, aster, dan banyak lainnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp