Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Dobutamin: Obat Untuk Mengobati Gagal Jantung

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.179.094 orang

Perlu Anda ketahui, gagal jantung merupakan suatu keadaan yang terjadi saat jantung gagal memompakan darah dalam jumlah yang memadai untuk mencukupi kebutuhan metabolisme , atau jantung dapat bekerja dengan baik hanya bila tekanan pengisian dinaikkan. Gagal jantung juga merupakan suatu keadaan akhir dari setiap penyakit jantung, termasuk  Aterosklerosis, arteri koroner,  infark miokardium, kelainan katup jantung, maupun kelainan kongenital. 

Gagal jantung adalah gawat medis yang bila dibiarkan tak terawat akan menyebabkan kematian dalam beberapa menit. Banyak sebab terjadinya gagal jantung, seringkali karena suatu serangan jantung,  tekanan darah tinggi atau adanya problem pada katup-katup jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Pada kasus gagal jantung diperlukan pengobatan yang tepat untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi jantug. Oleh sebab itu pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai pengobatan yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah gagal jantung salah satunya yaitu dengan pengobatan Dobutamin. Untuk penjelasan lebih lanjut simak artikel dibawah ini. Selamat membaca.

Apa sih obat Dobutamin itu?

Dobutamin adalah simpatomimetic sintetik yang secara struktur berhubungan dengan dopamine dan tergolong selective. Dobutamine merupakan sebuk kristal berwarna putih, agak larut dalam air dan alkohol. Dobutamine dalam perdagangan tersedia dalam bentuk larutan steril dalam aqua pro injection. Dalam perdagangan larutan Dobutamin merupakan larutan jernih tidak berwarna hingga larutan berwarna sedikit kekuning-kuningan.

Obat Dobutamin biasanya digunakan untuk pasien dengan dekompensasi jantung atau gagal jatung, karena memiliki efek inotropik positif yang bermanfaat pada penatalaksanaan infark, bedah jantung, cardiomyopathies, syok akibat sepsis, dan cardiogenic shock.

Bagaimana cara kerja dari obat Dobutamin?

Dobutamin merupakan agonis beta yang poten dan memiliki efek alfa 1 yang lemah, jadi tidak terlalu menurunkan resistensi perifer sehingga tidak menyebabkan reflek takikardia. 

Dobutamin dapat meningkatkan cardiac output karena meningkatkan kontraktilitas jantung, menurunkan tekanan arteri pulmonalis, namun tidak terlalu meningkatkan laju jantung. Dibandingkan dengan dopamin, pada dosis yang memberi efek inotropik yang sama, obat Dobutamin kurang meningkatkan laju jantung.

Berapa dosis pada penggunaan obat Dobutamin?

Kandungan dalam 1 amp Dobutamin terdapat 5 cc = 250 mg. Bila 1 mg = 1000 microgram, maka dalam 1 amp Dobutamin 250 mg = 250.000 microgram. Untuk pemberian dosisnya bisanya akan disesuaikan berdasarkan usia dan berat badan penderitanya. Berikut dosis pemberianya obat Dobutamin:

Rute pemberian intravena atau IV pada dewasa dan anak-anak: 2,5-20 mcg/kg/menit (max 40 mcg/kg/menit), dosis dapat disesuaikan untuk mencapai efek yang diinginkan.

Sedangkan pemberian intravena pada neonatus yaitu: dosis awal 5mvg/kg/menit, dosis dapat disesuaikan untuk mencapai efek yang diinginkan (2-15 mvg/kg/menit; max: 20 mcg/kg/menit).

Apa saja efek samping pada penggunaan obat Dobutamin?

Sama seperti halnya obat-obatan lainnya yang memiliki efek samping pada pengobatan. Obat Dobutamin juga dapat memicu munculnya suatu efek samping, walaupun setiap individu akan mengalami efek samping yang berbeda-beda. Berikut efek samping yang biasa muncul pada penggunaan obat Dobutamin, seperti:

  • Sakit kepala
  • Sesak nafas
  • Jantung yang berdebar-debar
  • Hipertensi
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Kontraksi ventrikel
  • Angina pectoris
  • Mual dan muntah

Jika Anda mengalami gejala dan tanda-tanda seperti yang telah disebutkan diatas, khususnya jika terjadi kondisi seperti kehilangan kesadaran, kesulitan bernafas dan lain-lain, maka segeralah mencari pertolongan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Interaksi Dobutamin

Obat dobutamin dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain, seperti:

  • Digoxin
  • Halothane
  • Propranolol
  • Oksitosin
  • Obat golongan penghambat alfa seperti doxazosin
  • Antidepresan trisiklik
  • Obat golongan penghambat beta seperti atenolol
  • Losartan

Peringatan

Penggunaan obat Dobutamin dapat meningkatkan denyut jantung. Pemberian obat pada penderita-penderita dengan riwayat penyakit jantung perlu mendapat perhatian khusus: 

  • Waspadai pemberian obat ini untuk ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat Dobutamin.
  • Pada penderita lanjut usia gunakanlah dosis kecil pada awal pemberian.
  • Pemberian obat Dobutamin pada penderita yang telah mendapatkan dopamin dengan dosis yang optimal tidak memberikan kemanfaatan lebih. 
  • Penggunaan pada penderita dengan gangguan ginjal. Pemberian dosis sama seperti dosis pada penderita dengan fungsi ginjal yang normal.

Penting untuk Anda memberitahu dokter mengenai riwayat penyakit Anda terdahulu sebelum menggunakan obat ini dan riwayat lainnya. Anda juga perlu mengetahui manfaat pengobatan dan efek samping obat ini sebelum menggunakannya. Semoga bermanfaat.


Referensi

Bollano, et al. (2003). Different Responses to Dobutamine in the Presence of Carvedilol or Metoprolol in Patients with Chronic Heart Failure. Cardiovascular Medicine, 89, pp. 621-624.

BPOM RI (2018). Cek Produk BPOM. Komposisi: Dobutamin.

Drugs.com (2017). Dobutamine.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp