Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Diaglime: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 4, 2019 Tinjau pada DEC 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.610.174 orang

Penyakit kencing manis atau dalam bahasa medis biasa disebut dengan penyakit diabetes merupakan penyakit yang sering sekali terjadi khususnya di negara Indonesia. Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan masalah pada hormon insulin

Normalnya, organ pankreas melepaskan insulin untuk membantu tubuh Anda menyimpan dan menggunakan gula dan lemak dari makanan yang Anda makan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Namun penyakit diabetes dapat terjadi ketika pankreas memproduksi sangat sedikit atau tidak ada insulin, atau ketika tubuh tidak merespons insulin dengan tepat. 

Oleh karena itu penderita diabetes perlu mengatur pola hidupnya agar terhindar dari timbulnya berbagai macam komplikasi dari penyakit tersebut.

Diperlukan pengobatan yang tepat pada seseorang yang terdiagnosis diabetes. Salah satu pengobatan yang akan dibahas pada artikel ini yaitu obat Diaglime. 

Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Diaglime dalam mengatasi diabetes. Selamat membaca.

Mengenai Diaglime

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kandungan:

Obat antidiabetes

Apa sih kegunaan obat Diaglime?

Obat Diaglime digunakan untuk mengobati kadar gula darah yang tinggi yang disebabkan oleh diabetes tipe 2. obat ini dapat digunakan sendiri, atau dikombinasikan dengan insulin atau obat oral lain seperti metformin

Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak mampu memasukkan gula ke dalam sel-sel tubuh oleh karena itu terjadi peningkatan kadar gula dalam darah.

Obat Diaglime bekerja dengan cara menstimulasi pelepasan insulin dari sel-sel β pankreas dan mengurangi keluaran glukosa dari hati. Obat ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin di situs target perifer. 

Agar berfungsi dengan baik, jumlah obat Diaglime yang dikonsumsi harus seimbang dengan jumlah dan jenis makanan yang Anda makan dan jumlah olahraga yang Anda lakukan.

Berapa dosis penggunaan obat Diaglime?

Obat Diaglime mengandung Glimepiride, obat anti diabetik oral yang termasuk dalam golongan sulfonilurea. Pemberian dosis obat ini yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pemberian oral untuk penderita Diabetes melitus tipe 2
Dewasa: Awalnya, 1-2 mg setiap hari. Dapat ditingkatkan dengan penambahan 1-2 mg pada interval 1-2 minggu.
Pemeliharaan: 4 mg setiap hari. Maks: 6 mg setiap hari.
Lansia: dosis awal, 1 mg sekali sehari.

Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Apa efek samping dari obat Diaglime?

Seiring dengan efek obat yang dikonsumsi, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Seperti halnya dalam penggunaan obat Diaglime yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Pusing, sakit kepala
  • Mual, muntah
  • Diare, sembelit
  • Nyeri ulu hati
  • Peningkatan enzim hati
  • Gejala mirip flu
  • Dispnea
  • Penurunan tekanan darah,
  • Syok, hipoglikemia
  • Trombositopenia, dan purpura trombositopenik.

Jika setelah mengkonsumsi obat Diaglime terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

  • Salisilat
  • Sulfonamide
  • Chloramphenicol
  • Clarithromycin
  • Antikoagulan
  • Probenecid
  • Fluoxetine
  • Quinolones
  • ACE inhibitors
  • Diuretik
  • Kortikosteroids
  • Phenothiazines
  • Produk yang mengandung hormon tiroid
  • Estrogens
  • Phenytoin

Perhatian dan Peringatan

Hindari penggunaan obat untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Diaglime dan golongannya atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.

Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Diaglime.

Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita gangguan fungsi hati dan ginjal

Konsumsilah obat sesuai resep dokter. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa saran dan anjuran dari dokter. Karena hal tersebut dapat berakibat turunnya kadar gula darah dalam tubuh secara tiba-tiba, bahkan dapat berakibat fatal.

Konsumsilah obat ini saat makan atau bersamaan dengan makan, bisanya pada makan pagi atau makan besar pertama.

Obat ini memiliki efek samping sakit kepala dan pusing dan hipoglikemia. Oleh karena itu hindari aktivitas seperti mengemudi dan aktivitas berat lainnya saat mengkonsumsi obat Diaglime.

Batasi minum alkohol dan merokok saat mengkonsusmi obat Diaglime. Konsumsi alkohol dan merokok dapat memperburuk efek samping dari obat ini.

Sebaiknya hindari penggunaan obat ini saat hamil dan menyusui. Konsultasikan kembali mengenai manfaat dan resiko penggunaan obat ini saat kondisi tersebut.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Lakukanlah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta olahraga yang teratur agar dapat membantu proses pengendalian gula darah Anda. Semoga bermanfaat.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp