Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Daging Lebih pada Organ Kelamin - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.155.713 orang

Daging lebih adalah semacam tumor jinak yang biasanya muncul pada daerah lipatan. Daging lebih juga disebut acrochordons atau skin tag. Pertumbuhan daging lebih terjadi pada setidaknya 25% orang dewasa.

Pertumbuhan ini biasanya berwarna coklat atau krem, dan melekat pada kulit dengan tangkai tipis. Daging lebih biasanya ditemukan di kelopak mata, ketiak, leher, dan area genital Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tumbuhnya daging lebih pada kelamin tidak berbahaya, tetapi karena terlihat mirip dengan infeksi menular seksual, seperti kutil kelamin, biasanya seseorang yang mengalami daging tumbuh akan pergi ke dokter untuk menghilangkannya.

Apa yang menyebabkan munculnya daging lebih pada kelamin?

Meskipun penyebab daging lebih tidak jelas, para ahli percaya bahwa gesekan dari pakaian dan iritasi yang ditimbulkannya dapat menyebabkan pertumbuhan daging lebih.

Karena alat kelamin termasuk daerah lipatan kulit, tidak mengherankan jika daging lebih terbentuk di sana. Daging lebih pada daerah genital tidak dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Anda mungkin beresiko lebih tinggi memiliki daging tumbuh pada daerah genital jika:

  • Hamil
  • Obesitas
  • Menderita diabetes tipe 2.
  • Berusia lebih dari 60 tahun

Gejala

Daging lebih pada daerah genital tidak menimbulkan nyeri. Tidak seperti kutil kelamin, yang terlihat rata pada kulit Anda, daging lebih memiliki tangkai.

Daging lebih tidak akan berdarah kecuali jika Anda mencoba untuk mengangkatnya, tetapi daging lebih mungkin terasa gatal. Terkadang daging lebih muncul dalam kelompok atau pola pada kulit.

Daging lebih yang tumbuh pada daerah genital memiliki warna yang sama dengan kulit sekitarnya atau hanya sedikit lebih gelap daripada warna kulit alami Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apakah pertumbuhan daging lebih pada kelamin dapat dicegah?

Karena pertumbuhan daging lebih tidak diketahui secara pasti atau bagaimana daging lebih berkembang, jadi tidak ada cara yang diketahui untuk dapat mencegahnya terbentuk.

Namun Anda harus memeriksakannya ke dokter untuk memastikan bahwa daging lebih yang terbentuk pada daerah genital bukan disebabkan oleh penyakit menular seksual.

Bagaimana penanganan kulit lebih?

Diagnosa

Setiap kali Anda menemukan adanya benjolan atau pertumbuhan daging lebih pada alat kelamin Anda, ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mencegah penularan jika benjolan yang muncul disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang aktivitas seksual dan riwayat keluarga Anda. Dokter akan menanyakan segala kemungkinan yang dapat menyebabkan Anda terinfeksi penyakit menular seksual.

Setelah mengetahui apakah ada faktor risiko lain yang berperan, dokter akan melakukan pemeriksaan pada daerah genital Anda untuk mengevaluasi kemungkinan penyebab tumbuhnya benjolan. Daging lebih dapat dibedakan dengan IMS hanya dengan observasi. Namun pada keadaan tertentu, dokter mungkin perlu mengambil sampel jaringan untuk memeriksanya di laboratorium.

Pengobatan

Karena daging lebih tidak menimbulkan nyeri, biasanya tag kulit tidak perlu diobati. Kecuali jika daging lebih teriritasi atau menyebabkan masalah lain.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Beberapa orang mencoba untuk mengobati daging lebih di rumah menggunakan obat-obatan seperti minyak, soda kue, cuka sari apel, dan minyak jarak untuk melemahkan lapisan daging lebih dengan tujuan untuk membuatnya lebih mudah untuk dilepas.

Tetapi jika Anda memiliki daging lebih, penting untuk sangat berhati-hati dengan obat rumahan apapun yang Anda coba gunakan. Terutama ketika daging lebih, muncul pada kulit sensitif di daerah genital.

Pengobatan menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah belum terbukti secara klinis. Menggunakan pengobatan alternatif untuk menghilangkan daging lebih pada organ genital bahkan dapat menyebabkan luka bakar atau menyebabkan iritasi jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Untuk pengobatan yang lebih aman, disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Anda dapat menemui dokter kulit, dokter OBGYN, atau dokter umum untuk melakukan operasi minor pengangkatan daging lebih. Beberapa pilihan prosedur pengangkatan daging lebih meliputi:

  • Cryotherapy. Dokter Anda dapat menggunakan nitrogen cair yang sangat dingin untuk membekukan kulit atau daging lebih. Nitrogen cair menghancurkan jaringan, dan kulit akan rontok seiring waktu.
  • Operasi. Dokter Anda dapat menggunakan pisau bedah untuk mengangkat daging lebih
  • Laser. Sinar cahaya yang diarahkan dapat membakar daging lebih. Saat kulit mati, maka daging lebih akan lepas dengan sendirinya.
  • Ligasi. Dokter Anda dapat menggunakan loop kawat panas untuk memotong daging lebih atau jaringan pada alat kelamin menggunakan loop electrosurgical excision procedure.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini