Update terakhir: Apr 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 627.772 orang

apa itu Cubitus Valgus?

Cubitus valgus adalah suatu kelainan medis di mana kemiringan lengan baik kiria tau kanan dari tubuh ke arah yang lebih besar dari normal apabila dalam keadaan lurus dan memanjang

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

mengenai cubitus valgus

Tidak banyak disadari bahwa kondisi cubitus valgus banyak ditemukan pada beberapa orang. Derajat cubitus valgus (dikenal sebagai sudut pembawa) kecil dapat diterima dan terjadi pada beberapa populasi manusia. Cubitus valgus juga merupakan suatu tanda terjadinya sindrom turner pada usia kanak-kanak.

Ketika telapak tangan Anda menghadap ke atas dan lengan adnda diluruskan. Apabila anda perhatikan posisi lengan anda menjauhi bagian tubuh sisi pinggir (lateral), mungkin saja anda mengalami cubitus valgus dengan catatan sudut ketiak melebihi 15 derajat

Namun, seseorang dimungkinkan untuk didiagnosis dengan cubitus valgus dengan sudut antara 3 dan 29 derajat. Munculnya sudut atau cubitus ini biasanya lebih sering menonjol pada wanita.

apa itu Valgus

Valgus merupakan kata lain dari miring atau bengkok keluar. Dalam istilah medis kondisi ini merupakan angulasi tulang dimana segmen distal dari sendi  menjauhi garis tengah.

  • Apa yang Menyebabkan Cubitus Valgus

Kondisi ini tidak selalu perlu diobati, tetapi pada beberapa orang dengan sudut yang lebih ekstrim dapat menekan saraf di lengan dan menyebabkan komplikasi.

Cubitus valgus dapat disebabkan oleh malformasi kongenital, seperti pada sindrom Turner dan sindrom Noonan, atau karena fraktur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sindrom Turner adalah kelainan kromosom di mana perempuan dilahirkan hanya dengan satu kromosom X. Orang dengan sindrom Turner mengalami sejumlah gejala lain, termasuk perawakan pendek dan pubertas yang tertunda. Perawatan biasanya melibatkan terapi penggantian hormon.

 Gejala sindrom turner antara lain:

  • perawakan pendek dan ovarium yang tidak berfungsi yang menyebabkan infertilitas,
  • leher berselaput
  • pembengkakan pada tangan dan kaki,
  • kelainan tulang,
  • cacat jantung,
  • tekanan darah tinggi,
  • gangguan ginjal.

Sindrom Noonan adalah kelainan genetik lain yang menyebabkan keterlambatan perkembangan. Biasanya disebabkan oleh mutasi genetik, tetapi kadang-kadang dokter tidak yakin mengapa itu berkembang. Meskipun tidak ada obat untuk sindrom Noonan, ada sejumlah perawatan yang dapat membantu meminimalkan efeknya

Apa gejala yang ditimbulkan pada cubitus valgus?

Cubitus valgus menimbulkan kelainan postur pada salah satu atau kedua pergelangan  tangan yang juga menyebabkan kesulitan dalam melakukan tindakan sehari-hari. Gejala yang ditimbulkan pada cubitus valgus disebabkan oleh iritasi atau penekanan saraf ulnar yang ada di sepanjang pergelangan tangan. Gejala tersebut meliputi:

  • Mati rasa
  • Kesemutan
  • Rasa lemas
  • Nyeri
  • Postur tubuh tidak simetris

Apa komplikasi yang mungkin terjadi pada cubitus valgus?

Cubitus valgus dikenal sebagai penyebab neuropati ulnar. Ini adalah kelainan yang melibatkan saraf ulnaris Neuropati ulnaris paling sering terjadi ketika saraf ulnaris menjadi terkompresi atau teriritasi, menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan terkadang lemah. 

Perawatan paling sering dilakukan dengan membatasi aktivitas fisik dan mengenakan brace. Namun, jika perawatan konservatif ini tidak berhasil, pembedahan mungkin diperlukan. Cubitus valgus juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut tardy ulnar nervus palsy, sejenis neuropati ulnar. 

Ini adalah kondisi kronis yang umumnya dikaitkan dengan cubitus valgus. Kelumpuhan saraf ulnaris bersifat progresif, dalam hal ini biasanya memburuk seiring waktu. 

Anda mungkin mengalami kehilangan sensasi di jari-jari Anda, terutama cincin dan jari kelingking Anda, serta kehilangan koordinasi, kesemutan dan rasa terbakar, sakit, dan kelemahan. Ada sejumlah perawatan untuk gejala kelumpuhan saraf ulnaris, termasuk obat bebas dan terapi fisik.

Bagamana cara menangani cubitus valgus

Valgus cubitus dapat ditangani dengan salah satu dari dua prosedur terapi: osteotomi atau fiksasi.

Osteotomi adalah suatu proses di mana dokter memotong bagian tulang untuk membentuk penyelarasan kembali struktur.

Jenis osteotomi tertentu yang disebut distraksi osteogenesis telah digunakan untuk mengobati valgus cubitus pada anak-anak. Operasi ini bekerja dengan membuat tulang yang lebih panjang dari tulang yang lebih pendek.

 Tulang yang dipotong selama operasi ditarik terpisah menggunakan alat yang disebut distractor. Tulang baru akan tumbuh di celah yang diciptakan oleh distraktor, menciptakan tulang yang lebih panjang menggantikan tulang yang lebih pendek. 

Fiksasi adalah proses dimana dokter Anda akan menyambungkan kembali tulang siku setelah terjadi fraktur.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit