Kenali 8 Tanda-Tanda Akan Segera Menstruasi

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Sep 23, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kenali 8 Tanda-Tanda Akan Segera Menstruasi

Menstruasi yang pada umumnya datang sebulan sekali yang ditandai dengan munculnya gejala PMS terlebih dahulu. Namun, tidak semua perempuan mengalami PMS, hal ini tergolong normal karena kondisi fisik masing-masing orang berbeda-beda.  

Jika PMS tidak terjadi sebelum menstruasi, hal ini tentunya sangat menyulitkan kaum wanita untuk merasakan kapan tamu bulanan akan datang. Bisa jadi, haid bisa saja tiba-tiba muncul di saat yang kurang tepat ketika Anda tidak memiliki persiapan matang untuk menghadapinya. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui tanda-tanda menstruasi yang lebih mudah dikenali.  

Berikut ini tanda-tanda menstruasi akan segera datang:

Kram perut

Kram perut adalah tanda mau haid yang paling umum terjadi pada wanita. Biasanya, kram perut akan terasa ketika 1 sampai 2 hari menjelang jadwal menstruasi Anda. Tidak perlu khawatir dan panik jika kram perut terjadi, biasanya kram perut ini akan berangsur-angsur mulai hilang saat Anda sudah mengalami haid.

Muncul jerawat

Selain kram perut yang terasa di awal-awal jadwal menstruasi, munculnya jerawat juga merupakan salah satu tanda-tanda menstruasi yang paling mudah dikenali. Hal ini disebabkan karena kadar hormon tubuh yang meningkat menjelang menstruasi.  

Akibat dari kadar hormon ini meningkat, kulit wajah memproduksi minyak secara berlebihan. Timbunan minyak yang berlebihan ini semakin lama akan menyumbat pori dan menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Payudara terasa padat dan nyeri ketika disentuh

Jika payudara terasa bengkak, lebih padat dan terasa nyeri terutama di bagian kulit terluarnya, tak perlu kuatir dengan kondisi ini.  Biasanya ini merupakan salah satu gejala sebelum menstruasi Anda yang sebentar lagi akan datang. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

 Kondisi ini terjadi karena naiknya hormon prolaktin, hormon ini ada pada wanita yang berfungsi untuk meningkatkan produksi susu.

Merasa kelelahan namun susah untuk tidur

Ketika tamu bulanan yang sebentar lagi akan tiba, Anda akan mengalami gejala susah tidur malam meskipun badan terasa sangat lelah dan kecapekan berat. Hal ini merupakan akumulasi dari kombinasi perubahan hormon yang cukup drastis menjelang menstruasi.  

Selain itu, ditambah dengan stres fisik karena badan yang kecapekan akibat dari aktivitas sehari-hari dan stress secara emosional juga berpengaruh akan hal ini.

Sembelit atau diare

Gejala ini memang tidak secara umum terjadi pada wanita.  Beberapa wanita kadang mengeluh mengalami gangguan pencernaan beberapa hari sebelum haid datang, seperti sembelit atau justru diare

Hal ini terjadi karena naiknya produksi hormon menjelang menstruasi. Biasanya disebabkan karena peningkatan prostaglandin yang memicu usus berkontraksi dan menyebabkan diare, sementara peningkatan progesteron bisa memicu terjadinya sembelit.

Perut kembung

Sudah makan secara teratur dan tepat waktu, namun perut tetap terasa kembung. Hal ini menandakan jika sebentar lagi Anda akan mengalami menstruasi. Kurangi asupan makanan tinggi garam dan perbanyak makan makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur.  Jangan lupa untuk olahraga secara teratur.

Sakit kepala

Beberapa wanita yang sebentar lagi mau haid biasanya mengalami sakit kepala yang cukup mengganggu. Ternyata, hal ini terjadi karena adanya perubahan kadar estrogen dalam tubuh yang mengganggu hormon di otak. Untuk mengatasinya, banyak-banyaklah minum air putih dan istirahat yang cukup

Mood swing

Selain muncul gejala-gejala perubahan fisik, menstruasi juga bisa mempengaruhi perubahan emosional wanita.  Perubahan emosi menjadi lebih tidak stabil atau biasa disebut mood swing

Hal ini disebabkan karena aktivitas hormon di otak yang mempengaruhi suasana hati wanita menjadi tak menentu, kadang merasa sedih, kadang merasa gembira, atau bahkan merasa marah. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yonkers KA, et al. (2008). Premenstrual syndrome. DOI: (https://dx.doi.org/10.1016%2FS0140-6736(08)60527-9)
Why you get diarrhea, constipation (or both) during your period. (2018). (https://health.clevelandclinic.org/why-you-get-diarrhea-constipation-or-both-during-your-period/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app