Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Ciguatera: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 8, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.081.028 orang

Ciguatera adalah sebuah senyawa yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Kondisi ini umumnya terjadi ketika seseorang makan ikan yang terkontaminasi oleh racun Ciguatera. 

Ciguatera adalah senyawa terlarut yang tahan panas dan bisa masuk ke dalam organ tubuh ikan. Ciguatera dihasilkan oleh dinoflagellata, yaitu organisme bersel tunggal yang termasuk golongan alga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Jenis ikan yang rentan terkontaminasi Ciguatera adalah ikan yang hidup di perairan terumbu karang, contohnya barakuda, kerapu, kakap merah, dan belut. Ikan-ikan tersebut bisa terkontaminasi Ciguatera setelah mengonsumsi ikan kecil yang memakan dinoflagellata.

Ketika manusia makan ikan yang terkontaminasi, racun Ciguatera akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan mual, nyeri tubuh, syok jantung, hingga gangguan saraf. Hal ini dikarenakan toksin Ciguatera dapat mengaktifkan natrium dan memicu efek fotolistrik pada sel-sel saraf. Akibatnya, muncullah gejala-gejala keracunan makanan seperti yang disebutkan tadi.

Mengenai Ciguatera

Golongan

-

Kemasan

-

Kandungan

Ciguatera mengandung senyawa racun yang disebut dengan ciguatoksin (CTX). Senyawa lainnya yang mungkin terlibat dalam zat racun Ciguatera adalah:

  • Maitotoksin
  • Lysophosphatidylcholine
  • Skaritoksin
  • Scaritoxin
  • Inhibitor adenosin trifosfat (ATP)

Manfaat Ciguatera

Tidak ada manfaat yang bisa didapatkan dari Ciguatera.Ciguatera justru menjadi toksik atau racun yang harus dihindari karena berbahaya bagi tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Racun Ciguatera tidak bisa dihilangkan dengan cara memasak atau membekukan ikan. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadai jenis ikan sebelum dikonsumsi dan pastikan kebersihan serta keamanannya. Apalagi bila Anda ingin makan ikan barakuda, kerapu, kakap merah, atau belut, 

Efek samping Ciguatera

Menelan racun Ciguatera (ciguatoksin) dapat membahayakan tubuh. Satu gigitan ikan yang tercemar ciguatoksin bisa menimbulkan efek samping berupa:

  • Kram perut
  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Ruam dan gatal pada kulit
  • Kesemutan atau mati rasa pada bibir, lidah, dan tenggorokan
  • Penglihatan kabur
  • Tekanan darah rendah
  • Detak jantung melambat
  • Sensasi panas-dingin pada tubuh secara bergantian
  • Koma

Dalam kasus yang parah, Ciguatera dapat menyebabkan syok, kelumpuhan otot, bahkan kematian. Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala tersebut, terlebih setelah makan ikan, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Selengkapnya: Penanganan Keracunan Makanan di Rumah yang Benar

Dosis Ciguatera

Tidak ada bukti ilmiah mengenai dosis Ciguatera. Kebanyakan orang justru disarankan untuk menghindari jenis ikan tertentu guna mencegah keracunan Ciguatera. 

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk menangkal keracunan Ciguatera. Bila Anda mengalami gejala keracunan ciguatoksin, segera perbanyak minum air putih. Menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa menjadi pertolongan pertama untuk meringankan gejalanya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Interaksi Ciguatera

Belum ditemukan kemungkinan interaksi Ciguatera dengan obat-obatan lainnya. Beri tahukan dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi untuk mencegah potensi interaksi obat.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan terhadap Ciguatera adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil tidak boleh sembarang makan ikan. Ibu hamil yang terkena racun Ciguatera berisiko tinggi mengalami keguguran.
  • Ibu menyusui harus benar-benar memperhatikan jenis ikan yang dikonsumsi. Racun Ciguatera dapat masuk ke aliran ASI dan memengaruhi kesehatan bayi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini