11 Cara Menghentikan Haid Ketika Sudah Terlanjur Mulai

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
11 Cara Menghentikan Haid Ketika Sudah Terlanjur Mulai

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Rasa nyeri haid atau banyaknya darah yang keluar saat menstruasi membuat sebagian wanita merasa kesakitan apalagi jika terjadi dalam waktu yang cukup lama.
  • Untuk membantu meringankan gejala haid, para wanita bisa terapkan beberapa cara berikut seperti membeli obat dan konsumsi ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit, konsumsi sayur dan buah lebih banyak, dan tingkatkan konsumsi vitamin C termasuk lemon.
  • Anda juga dapat melakukan pijatan lembut di area rahim atau menempelkan botol air panas supaya aliran darah yang lebih lancar, terapi akupuntur, atau melakukan olahraga ringan.
  • Konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan pil KB untuk menghentikan haid. Anda juga bisa membeli kontrasepsi hormonal di sini.

Rasa sakit dan beratnya perdarahan yang terjadi membuat menstruasi sangat tidak menyenangkan. Kebanyakan wanita ingin menghentikan haid agar rasa sakit dan ketidaknyamanan itu ikut pergi, sementara beberapa berusaha mengatasinya dengan cara lain. Apa pun alasannya, banyak wanita bertanya-tanya bagaimana cara menghentikan haid yang sudah terlanjur mulai. Apakah mungkin?

Cara Menghentikan Haid Selesai Lebih Awal

Sayangnya, tidak ada cara ampuh untuk menghentikan aliran darah haid dengan seketika ketika prosesnya telah dimulai. Ada obat-obatan seperti ibuprofen yang dapat meringankan kram dan rasa sakit, tapi tidak langsung menghentikan haid begitu saja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Banyak wanita yang menganggap bahwa penggunaan pil KB bisa membuat haid berhenti. Namun, jawabannyamasih tetap sama, haid Anda tidak benar-benar bisa berhenti.

Tidak ada cara ampuh untuk menghentikan haid dengan seketika. Hal yang bisa dilakukan adalah meringankan perdarahan dan membuat haid lebih cepat selesai dibanding biasanya.

Yang bisa Anda lakukan adalah mengatasi setiap keluhan yang terjadi saat haid atau mempercepat waktu berhentinya haid. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan haid agar selesai lebih cepat:

1. Minum Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat penghilang rasa sakit yang mampu mengurangi nyeri haid. Obat yang satu ini juga bisa membuat aliran darah berkurang 50%, bahkan dalam beberapa kasus ibuprofen bisa menghentikan haid meskipun secara perlahan. 

Oleh karena itu, penggunaan ibuprofen bisa menjadi salah satu solusi yang baik untuk menghentikan haid. Namun ingat, hindari menggunakan ibuprofen lebih dari 3-4 pil sehari karena malah bisa membahayakan kesehatan.

Lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

2. Makan Banyak Buah dan Sayuran

Makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran harus dikonsumsi setiap saat demi kesehatan. Selain itu, kebiasaan hidup sehat ini juga bisa membuat tubuh Anda terasa lebih baik selama haid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Kacang hijau sering disebut-sebut sebagai jawaban untuk membantu meringankan setiap gejala haid, termasuk perdarahan yang berlebihan.

3. Pijat di Area Rahim

Memijat rahim sedikit banyak bisa membantu melancarkan keluarnya darah mens, sehingga haid lebih cepat berhenti. Anda bisa melakukan ini sendiri di kamar mandi atau yang terbaik di kamar tidur pada posisi terlentang selama beberapa menit, lalu duduk atau berdiri setelah itu.

4. Cuka

Meskipun cuka tidak bisa menghentikan haid seketika setelah dimulai, tapi banyak bukti yang menunjukkan bahwa cuka bisa meringankan perdarahan dan mempercepat proses haid. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Ambil segelas air, lalu masukkan 2-3 sendok teh cuka di dalamnya
  • Aduk rata sebelum diminum.

Agar efek nya maksimal, minumlah larutan cuka tadi 2-3 gelas setiap hari. Namun bagi Anda yang punya sakit maag, hindari cara ini, ya.

Baca Juga: 10 Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

6. Buah lemon

Tidak sedikit wanita yang menggunakan buah lemon untuk banyak tujuan, salah satunya menurunkan berat badan. Selain itu, buah masis asam yang satu ini juga bisa membantu mempercepat haid selesai.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ambil sepotong lemon lalu isap selama yang Anda inginkan. Hal ini sedikit banyak bisa membantu mempercepat berhentinya haid.

7. Olahraga

Tetaplah aktif dan konsisten melakukan latihan fisik atau olahraga, karena hal ini akan meringankan gejala haid dan bahkan dapat membantu mempersingkat durasi haid. Latihan kekuatan, latihan kardio, atau olahraga apa pun akan membuat tubuh selalu aktif.

Namun sayangnya, beberapa wanita justru menghindari olahraga saat menstruasi. Padahal, ini bukan cara yang tepat. Justru olah raga akan membantu mempercepat berhentinya haid dan bahkan bisa meringankan nyeri haid.

8. Minum Pil KB dan Suplemen Hormonal

Anda mungkin berpikir bahwa suplemen hormon dan pil hanya efektif jika Anda tidak ingin hamil. Nyatanya, Anda dapat menggunakan pil KB atau suplemen hormonal berturut-turut untuk mempersingkat menstruasi.

Beberapa pil hormonal bahkan dapat membuat lapisan rahim meluruh dengan cepat, yang akan membuat menstruasi terjadi lebih cepat. Namun, Anda harus mendiskusikan pilihan ini dengan dokter terlebih dahulu sehingga Anda bisa mendapatkan jenis pil KB yang tepat dan menggunakannya dengan benar.

Baca Juga: Efek Samping Pil KB dan Alat Kontrasepsi Lainnya

9. Cobalah Akupunktur

Akupunktur adalah jawaban lain untuk menghentikan haid lebih cepat. Ini adalah teknik pengobatan alternatif yang melibatkan penusukan jarum ke titik-titik tertentu dalam tubuh untuk menghilangkan rasa sakit. Teknik ini ternyata juga dapat membantu melancarkan menstruasi. 

10. Vitamin C

Mengonsumsi dosis besar vitamin C akan mengurangi jumlah progesteron dalam rahim, yang pada gilirannya akan membantu meluruhkan dinding rahim lebih cepat. Ini akan membantu masa menstruasi lebih cepat berakhir.

Jika Anda ingin menghentikan haid dengan banyak minum vitamin C, jagnan lupa seimbangkan dengan memperbanyak minum air putih. Penting juga untuk konsultasi ke dokter untuk mengetahui dosis vitamin C yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

11. Lancarkan Aliran Darah di Perut dan Rahim

Rasa nyeri atau kram perut saat haid dapat disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar di perut dan rahim. Untuk mengatasinya, lakukan beberapa cara berikut untuk membantu meningkatkan aliran di daerah rahim:

  • Tempelkan bantal pemanas atau botol berisi air hangat dan letakkan di perut bagian bawah. Hal ini bertujuan untuk meringankan kram menstruasi dan melebarkan pembuluh darah di area perut dan rahim. Pada akhirnya, ini akan membantu mengeluarkan darah haid dengan lebih cepat.
  • Pijat rahim, lakukan secara hati-hati untuk membantu meringankan kram.

Berendam atau mandi air hangat juga bisa menjadi salah satu cara menghentikan haid lebih cepat. Sensasi hangatnya akan membantu merilekskan otot-oot perut, sehingga aliran darah lebih lancar ke rahim. Lakukan cara yang membuat Anda nyaman dan hindari stres agar keluhan haid tidak semakin memburuk.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthline. Can I Make My Period End Faster? (https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-make-your-period-end-faster). 2 Juli 2019.
Healthline. How to Stop Heavy Periods: 22 Options for Treatment. (https://www.healthline.com/health/how-to-stop-heavy-periods). 12 Maret 2020.
Cleveland Clinic. Can High Doses of Ibuprofen Delay or Halt Your Period? (https://health.clevelandclinic.org/can-high-doses-of-ibuprofen-delay-or-halt-your-period/). 24 Agustus 2018.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app