Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Mengatasi Gusi Gatal Secara Alami dan Medis

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.104.849 orang

Cara Mengatasi Gusi Gatal Secara Alami dan Medis

Gusi gatal bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari reaksi alergi, mulut kering, atau perubahan hormon pada wanita ketika hamil atau menopause. Rasanya tentu saja membuat Anda tidak nyaman, bahkan tak jarang mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi gusi gatal yang bisa Anda lakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter. Apa saja, ya?

Cara alami mengatasi gusi gatal di rumah

Menyikat gigi sebaiknya dilakukan minimal 2 kali sehari, pada pagi dan malam sebelum tidur. Dengan menggunakan pasta gigi khusus untuk menghilangkan plak gigi, maka kombinasi keduanya dapat membantu menjaga kebersihan gigi Anda.

Obat kumur dengan kandungan zat antiseptik dan bebas alkohol juga dapat menjadi alternatif yang bisa Anda gunakan, apalagi jika Anda mengalami masalah infeksi gusi atau peradangan pada gusi Anda. Ini akan sangat membantu mengatasi gusi gatal di rumah.

Selain itu, ada beberapa bahan alami di rumah yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi gusi gatal, antara lain:

1. Es batu

Gusi terasa makin gatal dan mengganggu? Coba buka kulkas Anda di dapur dan ambil es batu.

Kompres permukaan gusi Anda yang terasa gatal dengan es batu, lalu tunggu beberapa menit sampai rasa gatalnya hilang. Anda juga bisa mengulum es batu tersebut di dalam mulut hingga meleleh. 

Selain membantu menghilangkan gatal pada gusi, cara ini juga dapat membantu menghindrasi mulut. Alhasil, mulut Anda juga tidak mudah kering dan terhindar dari penumpukan bakteri.

2. Vitamin C

Vitamin C dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk membantu menjaga kesehatan gusi Anda. Untuk mencegah terjadinya radang gusi dan membantu menghilangkan gusi gatal, Anda dapat mengoonsumsi suplemen makanan dengan kandungan vitamin C hingga 1000 mg.

Namun, alangkah lebih baik bila Anda mendapatkan asupan vitamin C langsung dari sumber alaminya. Beberapa makanan yang mengandung kaya vitamin C adalah jeruk, mangga, tomat, cabai, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

3. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu menghilangkan rasa gatal pada gusi Anda. Caranya, larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat. Kumur-kumur dengan larutan air garam selama beberapa menit dan buang dari dalam mulut. 

4. Baking soda

Baking soda juga memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah mampu melawan segala jenis bakteri infeksi yang dapat menyebabkan iritasi pada gusi. Anda dapat melarutkan baking soda ke dalam air untuk membuat pasta lembut, lalu oleskanlah ke permukaan gusi Anda yang terasa gatal.

5. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kedua sifat tersebut membuat kunyit dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri, mengurangi plak, hingga mengatasi pembengkakan dan gusi gatal.

Selain itu, kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi aktivitas bakteri penyebab infeksi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Indian Society of Periodontology, kandungan kurkumin dalam kunyit bersifat anti plak dan anti mikroba yang terbukti mampu mencegah radang gusi,s erata dengan fungsi obat kumur chlorexidine. 

Larutkan 1 sendok teh kunyit bubuk ke dalam beberapa mililiter air, kemudian aduk hingga rata sampai menjadi pasta. Nah, pasta kunyit inilah yang bisa Anda gunakan sebagai pasta gigi.

Supaya gusi Anda tetap terlindungi, gunakan sikat gigi berbulu halus. Lakukan menyikat gigi minimal 2 kali sehari menggunakan pasta kunyit tersebut.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Memutihkan Gigi Dengan Kunyit

6. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan gigi dan gusi. Kedua sifat tersebut membuat lidah buaya dipercaya mampu mencegah penumpukan bakteri penyebab plak di gigi.

Selain itu, fungsi lidah buaya juga dapat menenangkan gigi dan gusi Anda yang meradang serta meringankan rasa sakit yang ada. Alhasil, Anda pun tak perlu berlama-lama menahan rasa gatal pada gusi.

Cara menggunakannya, cukup oleskan gel lidah buaya pada gusi dan diamkan selama 1 menit. Bila terasa sangat pahit, Anda juga bisa melarutkan gel lidah buaya dengan air, kemudian oles dan tekan perlahan pada permukaan gusi yang gatal.

7. Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut Anda, termasuk gusi. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan merokok, baik rokok konvensional maupun rokok elektrik atau vaping. 

Penting juga untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan dan minuman penyebab iritasi gusi, yakni makanan pedas, asam, manis, atau bertepung.

Cara mengatasi gusi gatal dengan tindakan medis

Bila Anda sudah mencoba berbagai cara alami di atas tapi gusi gatal tak juga membaik, segera konsultasikan ke dokter gigi. Pasalnya, gusi gatal juga bisa menjadi gejala penyakit serius lainnya, seperti infeksi kronis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang mungkin akan disarankan oleh dokter untuk mengatasi gusi gatal Anda:

1. Resep antihistamin

Pertama-tama, dokter akan mencari tahu penyebab gusi gatal yang Anda alami. Bila disebabkan oleh alergi, maka dokter biasanya akan meresepkan antihistamin guna meringankan gatal pada gusi.

2. Pelindung gigi

Guna mencegah kerusakan lebih lanjut, Anda mungkin akan disarankan untuk menggunakan pelindung gigi saat bermain, berolahraga, atau saat tidur.

3. Scaling plak

Bila penyebab gusi gatal karena adanya plak pada gigi, dokter dapat menganjurkan scaling plak. Prosedur ini mampu membantu menghilangkan plak pada permukaan gigi Anda dengan lebih maksimal, sehingga rasa gatal pada gusi lambat laun akan berkurang.

Baca Selengkapnya: 6 Hal yang Perlu Dihindari Setelah Perawatan Scaling

4. Root canal treatment

Root canal treatment adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan plak gigi jika gusi menurun. Cara ini akan membantu mengembalikan jaringan pada gusi kembali sehat seperti semula. 

5. Tindakan laser

Dibandingkan prosedur lainnya, laser cenderung lebih efektif untuk menghilangkan plak gigi. Konsultasikan lebih lanjut pada dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi gusi gatal.

Referensi

Healthline. (2017). Itchy Gums.

Medical News Today. (2017). What's to Know About Itchy Gums?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit