Ketahui 5 Fungsi Lain Lidah Selain sebagai Indra Pengecap

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga mempunyai fungsi lain diantaranya sebagai berikut:
Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 20, 2019 Waktu baca: 2 menit
Ketahui 5 Fungsi Lain Lidah Selain sebagai Indra Pengecap

Fungsi utama lidah adalah sebagai indra pengecap yang mampu membedakan macam-macam rasa makanan. Tetapi apakah Anda sudah tahu bahwa lidah mempunyai fungsi lain selain sebagai indra pengecap? Simak artikel di bawah ini.

Mengenal lidah

Lidah merupakan kumpulan otot rangka yang terletak pada lantai mulut yang tertutupi oleh selaput lendir yang tampak kasar. Pada permukaan lidah terdapat tonjolan-tonjolan kecil yang disebut papila. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Papila adalah ujung dari saraf pengecap yang terhubung dengan saraf di otak sehingga Anda bisa merasakan berbagai macam rasa makanan seperti pahit, asam, asin, dan manis.

Setiap orang mempunyai jumlah papila yang mungkin berbeda. Lidah seseorang yang mempunyai jumlah papila lebih banyak akan lebih peka terhadap kedalaman dan variasi rasa. Lapisan kerak putih pada permukaan lidah merupakan hal yang biasa terjadi, terutama pada orang tua.

Bagian-bagian lidah

  • Ujung dan tepi lidah. Bagian ini meliputi lidah bagian depan (ujung), kanan dan kiri (tepi). Ujung dan tepi lidah bisa bergerak dengan bebas ke depan, belakang, kanan, maupun ke kiri.
  • Pangkal lidah. Bagian ini terdapat banyak sel sensorik yang mendukung fungsi lidah untuk merasakan dan menyentuh sesuatu yang masuk ke mulut.
  • Akar lidah. Bagian ini disebut juga sebagai dasar lidah, letaknya di sisi bawah lidah sehingga tidak bisa dilihat dari luar mulut. Akar atau dasar lidah tidak bisa bergerak bebas dan terhubung ke lantai mulut.

Saraf pada lidah berfungsi untuk mendeteksi dan mengirimkan sinyal rasa ke otak. Otot lidah membuat lidah dapat bergerak bebas ke segala arah di dalam mulut. Lidah juga memiliki tulang yang disebut tulang hyoid. 

Tulang hyoid terletak di antara leher dan dagu bagian dalam. Selain itu, lidah memiliki frenulum yang menghubungkan lidah dengan rongga mulut sekaligus berfungsi sebagai penyangga lidah.

Apa saja fungsi lidah?

Selain sebagai indra pengecap, lidah juga mempunyai fungsi lain diantaranya sebagai berikut:

1. Sebagai indra pengecap

Lidah dapat merasakan rasa manis, asam, asin, pahit karena lidah memiliki reseptor rasa untuk merasakan makanan, minuman, atau apa pun yang masuk ke dalam mulut. Reseptor lidah terletak di kuncup rasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

2. Membantu proses makan, mengunyah, menggiling, menelan dan mengeluarkan air liur

Lidah dapat membantu mengolah makanan dan minuman dari padat menjadi lembek supaya mudah ditelan. Ketika mengunyah, lidah dan pipi akan bekerja sama untuk menggerakkan makanan antara gigi sehingga dapat dikunyah. 

Kemudian lidah akan mendorong makanan yang sudah hancur ke langit-langit dan menggerakkannya ke tenggorokan dan mulailah proses menelan. Kemudian makanan akan terdorong ke lambung dan diproses di sistem pencernaan

Selain itu, gerakan yang dihasilkan oleh lidah akan merangsang keluarnya air liur

3. Membantu menghisap

Lidah dapat membantu mengisap cairan yang masuk ke dalam mulut. Contohnya,  bayi menggunakan lidahnya saat menghisap ASI.

4. Membantu menyentuh

Salah satu bagian paling sensitif di lidah yaitu ujung lidah. Bagian ini berfungsi untuk merasakan atau mengenali makanan yang masuk serta membersihkan sisa makanan di dalam mulut.

5. Melindungi mulut dari kuman

Sel-sel pelindung tonsil lingual terletak di dasar lidah. Tepatnya tonsil lingual terletak di belakang rongga mulut dan bersamaan dengan tonsil palatina (amandel) dan tonsil faringeal (adenoid). Keduanya berfungsi melindungi tubuh Anda dari gangguan kuman atau bakteri yang bisa masuk melalui mulut.

6. Membantu berkomunikasi

Gerakan lidah di dalam mulut membuat seseorang bisa berbicara. Suara yang keluar dari tenggorokan menjadi jelas karena adanya kerja sama yang baik antara lidah, bibir, dan gigi.

Setelah Anda mengetahui bagian-bagian lidah beserta fungsinya, sangat penting untuk menjaga kesehatan rongga mulut Anda. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mulut tidak cukup dengan gosok gigi saja. Kebersihan dan kesehatan lidah akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Tongue (Human Anatomy): Picture, Function, Definition, Problems, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/picture-of-the-tongue)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya
Cara Ampuh Mengatasi Lidah Kuning, Berdasarkan Penyebabnya

Biasanya lidah kuning disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk karena makanan dan bakteri dapat terkumpul pada papila lidah. Jika papila membesar, bakteri yang ditemukan di mulut dapat menghasilkan pigmen berwarna.

Buka di app