Permasalahan yang Sering Terjadi mengenai Jerawat

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 6, 2020 Waktu baca: 2 menit
Permasalahan yang Sering Terjadi mengenai Jerawat

Berbicara masalah jerawat memang tidak ada habisnya. Terkadang jerawat muncul saat momen-momen berharga entah acara wisuda atau pernikahan yang membuat Anda ingin mendokumentasikan momen tersebut. 

Pasti kesal jika jerawat yang muncul tidak kunjung sembuh dan malah meradang. Sebenarnya jerawat adalah masalah kulit yang cukup bisa dimaklumi dan banyak faktor penyebabnya. Misalnya karena faktor hormon, stress, atau kebersihan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Munculnya jerawat disebabkan karena karena kelenjar yang menghasilkan minyak tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri

Lalu apakah jerawat dengan tingkat parah masih bisa diobati sendiri? Kapan harus periksa ke dokter kulit? Ketahui jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Berikut ini permasalahan yang sering terjadi mengenai jerawat

Mengapa obat jerawat biasa tidak mempan?

Apakah Anda sudah mencoba hampir semua obat jerawat namun tidak kunjung sembuh juga? Atau bahkan obat jerawat yang dijual di apotik membuat jerawat Anda semakin meradang? Jika jawabannya iya, sudah waktunya Anda periksa ke dokter kulit.

Apakah Anda sudah tahu bahwa manusia mempunyai jenis kulit yang berbeda-beda? Ada yang memiliki jenis kulit kering, kusam, normal, sensitif, atau berminyak dan berjerawat. 

Obat yang biasa dijual di apotik tidak selamanya cocok dengan jenis kulit Anda. Sebaiknya Anda segera periksa ke dokter kulit mengenai keluhan masalah jerawat Anda. Dokter kulit akan memberikan solusi dan resep obat yang tepat untuk jenis kulit dan kondisi jerawat Anda.

Apa penyebab jerawat?

Sebenarnya banyak sekali faktor penyebab jerawat, seperti komedo, minyak berlebih, alergi makanan, hormon dan obat-obatan tertentu. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Facial via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan facial hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b02 perawatan facial

Tetapi ketika jerawat Anda muncul saat Anda mengkonsumsi obat seperti pil KB atau pil steroid, mungkin Anda mengira jika penyebab jerawat Anda adalah dari obat-obatan tersebut. 

Apabila kasusnya seperti itu, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. Dokter akan mengevaluasi kondisi kulit Anda dan menyesuaikan dosis obat atau mengganti jenis obat yang lebih cocok dengan Anda.

Kapan Anda harus menemui dokter?

Apabila jerawat yang Anda alami berwarna kemerahan, semakin meradang sedang sampai parah, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter kulit guna mengetahui penyebab dan cara mengatasi jerawat. 

Keluhan yang alami seperti jerawat berwarna kemerahan dan meradang sedang sampai parah tidak akan sembuh jika hanya diobati dengan obat-obatan yang dijual di toko.

Bagaimana cara mengatasi bekas jerawat di wajah?

Sebenarnya bekas jerawat lebih susah diobati dibanding jerawat. Bekas jerawat biasanya meninggalkan noda-noda hitam bahkan bopeng yang dapat mengganggu penampilan Anda. 

Jika Anda mempunyai bekas jerawat yang cukup banyak dan tidak hilang ketika diobati dengan salep atau krim dari apotik, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Hal tersebut bertujuan supaya tidak menambah bekas-bekas jerawat yang baru. Dokter kulit akan menilai tingkat keparahan bekas jerawat yang Anda alami dan menentukan jenis perawatan serta produk yang tepat untuk Anda.

Apakah Anda merasa depresi dengan jerawat Anda?

Jerawat memang dapat mengganggu penampilan seseorang. Bahkan jika jerawat yang dialami parah, bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang dan mengganggu mood Anda. 

Misalnya, jika Anda mengalami jerawat yang parah dan meradang tentu akan memilih berdiam diri di rumah. Apakah Anda merasa tertekan jika mempunyai jerawat dengan kondisi seperti itu? Dan tidak mau menemui orang di luar?

Jika jawabannya iya, berarti Anda harus segera mengunjungi dokter. Pasalnya dokter dapat memberikan resep obat dan jenis perawatan yang bisa memperbaiki masalah kulit Anda. Bahkan dokter akan membantu Anda dalam mengatasi depresi akibat jerawat.

Sebaiknya Anda sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter jika jerawat yang muncul tidak kunjung sembuh. Jangan menunggu sampai parah baru ke dokter. Semakin cepat Anda menanganinya, semakin cepat juga masalah jerawat bisa diobati.

23 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA drug safety communication: FDA warns of rare but serious hypersensitivity reactions with certain over-the-counter topical acne products. U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm400923.htm.
Emmy Graber. Treatment of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.
Thiboutot D, et al. Pathogenesis, clinical manifestations and diagnosis of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app