Kurangi Risiko Penuaan Dini dengan Mengurangi Makanan Ini

Dipublish tanggal: Nov 28, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kurangi Risiko Penuaan Dini dengan Mengurangi Makanan Ini

Penuaan dini merupakan kondisi saat kulit mengalami proses penuaan lebih cepat dari yang seharusnya. Penuaan dini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah karena faktor makanan yang dikonsumsi. Penuaan dini dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker. Maka ada baiknya untuk mengubah pola makan dan gaya hidup yang dijalani menjadi pola makan dan gaya hidup sehat.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan sehat yang kaya akan kandungan gizi dan mineral yang biasanya terkandung pada sayur, buah, dan kacang-kacangan, seperti alpukat yang kaya akan vitamin dan potassium, sayur bayam yang kaya akan magnesium dan zat besi, serta brokoli yang mengandung antiinflamasi dan anti penuaan serta serat sangat penting untuk dikonsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Baca juga: 10 Sumber Makanan Anti Penuaan (Anti-Aging)

Kurangi Risiko Penuaan Dini dengan Mengurangi Asupan Ini

Berikut beberapa makanan dan minuman yang harus dibatasi jumlah konsumsinya karena dapat mempercepat penuaan dini, di antaranya:

Makanan siap saji

Makanan siap saji mungkin bisa menjadi alternatif makan siang karena mudah dibuat saat sedang sibuk atau tidak sempat memasak karena kepraktisannya. Namun ternyata makanan siap saji yang praktis tersebut tidak baik bagi kesehatan. Makanan siap saji seperti kentang goreng, kornet dan ikan sarden kaleng biasanya mengandung kadar garam atau sodium yang tinggi. 

Tingginya sodium dan kadar garam tersebut dapat berbahaya bagi tubuh karena sodium memiliki sifat mengikat air sehingga membuat wajah semakin terlihat membesar akibat kandungan air yang terdalam dalam tubuh.

Makanan tinggi gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula juga tidak baik bagi kesehatan karena tingginya kadar gula dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu, kadar gula yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan timbulnya beberapa risiko penyakit seperti diabetes, kerusakan gigi, dan peradangan. Selain itu, gula berlebih dalam tubuh juga dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker yang tentunya membahayakan kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya batasi asupan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti soda, cokelat, kue, dan permen.

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Margarin

Margarin merupakan produk sejenis mentega namun dibuat dari minyak nabati dan hanya sebagian kecil yang berasal dari minyak hewani yaitu susu. Dengan kata lain, margarin terbuat dari minyak nabati dan sebagian kecil susu serta ditambah garam dan pengemulsi. 

Margarin dianggap sebagai mentega tanpa lemak, padahal dalam kenyataannya masih mengandung lemak walau jumlahnya lebih sedikit daripada mentega. Rasa dari margarin sendiri cenderung lebih asin daripada mentega, sehingga seringkali digunakan sebagai pengganti garam dalam beberapa jenis masakan. Margarin juga sering digunakan dalam pembuatan bolu, kue, dan roti yang dianggap lebih baik daripada mentega.

Meskipun penggunaan margarin sangat bermanfaat dalam proses pembuatan roti, namun ternyata margarin mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kronis. Selain itu, lemak trans dalam margarin juga dapat mengacaukan sistem hidrasi pada kulit sehingga menyebabkan timbulnya keriput yang merupakan tanda penuaan dini. Maka dari itu, sebaiknya Anda membatasi konsumsi margarin untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Minuman berenergi

Minuman berenergi merupakan minuman yang banyak mengandung gula, kafein, asam, dan garam (sodium). Akibat kandungan yang terdapat dalam minumn berenergi tersebut yang biasanya dibutuhkan oleh mereka yang membutuhkan energi berlebih sehingga dapat membuat tubuh tetap terjaga dan menjadi sulit tidur. Apabila Anda mengalami kesulitan tidur, waktu tidur akan menjadi terganggu dan Anda akan lebih rentan mengalami penyakit akibat penurunan daya tahan tubuh. Dengan demikian, resiko mengalami penuaan dini akan lebih besar. Hal ini juga berlaku untuk minuman bersoda atau minuman manis lainnya.

Minuman beralkohol

Minuman beralkohol merupakan minuman yang mengandung alkohol dan apabila diminum dalam jumlah banyak dapat menyebabkan efek memabukkan. Biasanya minuman beralkohol dipercaya dapat menghilangkan stress, namun sebenarnya minuman beralkohol tetap harus batasi jumlah konsumsinya karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan termasuk ginjal. 

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat menimbulkan radikal bebas dalam tubuh serta memiliki kalori yang tersembunyi sehingga menyebabkan peningkatan berat badan walau tidak signifikan. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat menghilangkan vitamin A dalam tubuh. Padahal vitamin A memiliki peran sangat penting dalam proses regenerasi sel kulit. Jika vitamin A hilang, maka proses regenerasi sel kulit tidak akan terjadi, kulit akan terlihat tidak sehat dan dapat menyebabkan penuaan dini. Maka sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman beralkohol dan memperbanyak minum air putih untuk menjaga tingkat hidrasi kulit serta mencegah penuaan dini.

Baca juga: Minum Akohol Bikin Gemuk? Cek Jumlah Kalori dalam Alkohol

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 Amazing Anti-Aging Foods You Can Eat For Breakfast. HuffPost. (https://www.huffpost.com/entry/anti-aging-foods_n_5021238)
Anti-Aging Foods That Help You Live Longer. The Healthy. (https://www.thehealthy.com/aging/healthy-aging/anti-aging-foods/)
10 Foods to Keep You Healthy as You Age. WebMD. (https://www.webmd.com/healthy-aging/over-50-nutrition-17/anti-aging-diet)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app