Autumn Crocus: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 857.917 orang

Apa Anda pernah mendengar kata autumn crocus? Atau apakah Anda mengetahui apa itu autumn crocus? Bagi sebagian orang mungkin autumn crocus sudah tidak asing lagi karena tanaman ini sudah sejak dulu dijadikan sebagai herbal pengobatan. 

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik herbal autumn crocus. Jadi, mari simak detil herbal autumn crocus di bawah ini.

Mengenai Autumn Crocus

  • Autumn crocus adalah tanaman berbunga musim gugur yang mekar. Tanaman ini merupakan anggota keluarga lily yang berasal dari Irlandia, Inggris, dan sebagian Eropa.
  • Autumn crocus tumbuh sekitar 0,3 m dan memiliki bunga berwarna ungu pucat, serta akar berdaging (umbi). Pada musim semi, tanaman ini berdaun namun tidaklah berbunga.
  • Autumn crocus telah banyak dibudidayakan untuk dijadikan bunga hias. Selain itu, benih, umbi, dan bunganya digunakan pula untuk membuat obat atau suplemen herbal.

Golongan

Tidak ada informasi yang cukup mengenai golongan obat atau suplemen autumn crocus.

Kemasan

Autumn crocus dijadikan obat atau suplemen herbal berupa ekstrak bubuk, tablet, tingtur, dan salep.

Kandungan

Autumn crocus mengandung colchicine yang menjadi bahan aktif utama pada tanaman ini. Colchicine merupakan bahan yang digunakan dalam obat untuk gout, dan demam Mediterania. Bunga, dan biji kering autumn crocus mengandung colchicine 15 kali lebih banyak.

Selain itu, autumn crocus juga mengandung berbagai alkaloid, seperti colchicoside, kolchitsein, cornigerine, demethyl colchicine, dan dimethyl colchifoline. Lalu, tanaman ini juga mengandung glycoalkaloids, asam aromatic, flavonoid, sterol, resin, tanin, dan lipid.

Manfaat Autumn Crocus

Autumn crocus memiliki banyak manfaat, namun belum ada informasi yang cukup untuk menilai efektivitas kegunaan astragalus.

Meskipun masalah keamanannya serius, autumn crocus bermanfaat untuk gout, encok, radang sendi, asam urat, gangguan inflamasi, dan penyakit bawaan yang disebut demam Mediterania familial.

Selain itu, autumn crocus juga dapat memperbaiki hepatitis dan sirosis. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan autumn crocus ini.

Efek samping Autumn Crocus

Autumn crocus tidak aman bila digunakan secara oral karena kemungkinan mengandung racun.

Pada sebagian orang autumn crocus dapat memiliki efek samping, seperti mulut dan tenggorokan terbakar, muntah, diare, sesak nafas, gatal pada kulit, nyeri dada, pendarahan, masalah hati dan ginjal, kelainan darah, masalah saraf, syok, kegagalan organ bahkan kematian.

Dosis Autumn Crocus

Saat ini, belum ada informasi yang cukup dalam menentukan dosis yang tepat untuk autumn crocus.

Dosis autumn crocus yang tepat, tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk herbal autumn crocus, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan autumn crocus.

Interaksi Autumn Crocus

Berhati-hatilah dalam penggunaan kombinasi obat berikut:

Autumn crocus dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang mengandung colchicine, seperti siklosporin, gemfibrozil, dan antibiotik makrolida. 

Menggunakan autumn crocus bersama dengan colchicine dapat meningkatkan dampak dan efek samping kelebihan colchicine karena autumn crocus juga mengandung colchicine.

Perhatian

Autumn crocus tidak aman digunakan oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir. Selain itu, tidak dianjurkan pula untuk digunakan oleh ibu menyusui, dan anak-anak. Jadi, hindarilah penggunaan autumn crocus.

Lalu, bagi pasangan menikah yang merencanakan kehamilan sebaiknya hindarilah penggunaan autumn crocus karena berpotensi mengalami komplikasi.

Jika Anda menderita gout atau demam Mediterania familial, jauh lebih aman menggunakan colchicine yang diresepkan oleh dokter Anda.

Demikian berbagai hal mengenai herbal autumn crocus yang dapat Anda ketahui. Bila Anda tertarik atau memerlukan pengobatan dengan autumn crocus, konsultasikanlah pada dokter Anda. Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari herbal ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp