Apakah Boleh Makan Nasi Sebelum Berolahraga?

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Boleh Makan Nasi Sebelum Berolahraga?

Untuk mendapatkan performa yang optimal, selain menjalani sesi latihan rutin, para atlet juga membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang.  

Nutrisi yang baik dapat membantu tubuh untuk pulih lebih cepat setelah menjalani sesi latihan. Asupan nutrisi yang optimal sebelum berolahraga tidak hanya akan membantu Anda memaksimalkan kinerja Anda tetapi juga meminimalkan kerusakan otot. Inilah mengapa nutrisi yang baik sangat dibutuhkan sebelum memulai latihan..

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Nasi putih seringkali dinilai sebagai makanan yang jahat karena mengandung indeks glikemik yang tinggi dan diyakini dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau diabetes melitus

Oleh karena itu, kebanyakan orang menilai bahwa jika nasi putih tidak cocok dikonsumsi sebagai makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga. 

Kebanyakan orang berpikir, untuk apa berolahraga jika hanya akan kembali menimbun lemak dengan mengkonsumsi nasi putih.

Namun hal di atas tidak sepenuhnya benar, untuk mengetahui fakta mengenai apa yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga, mari disimak artikel yang satu ini.

Fakta mengenai nutrisi yang dibutuhkan sebelum berolahraga

Ada tiga jenis makronutrien yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang sebelum menjalani aktivitas, yaitu karbohidrat, protein dan lemak. 

Setiap makronutrien memiliki peran spesifik sebagai makanan yang dikonsumsi sebelum menjalani latihan. Yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah makanan yang Anda konsumsi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Jumlah makanan yang tepat bervariasi pada tiap-tiap orang, karena bergantung pada tingkat metabolisme tubuh dan jenis olahraga apa yang dilakukan.

Berikut adalah gambaran singkat mengenai peran masing-masing makronutrien.

Karbohidrat membantu memaksimalkan simpanan glikogen untuk meningkatkan intensitas latihan, sementara lemak membantu meningkatkan ketahanan tubuh dalam berlatih. 

Sedangkan protein berperan dalam meningkatkan sintesis protein otot dan membantu pemulihan.

Selain mengkonsumsi makronutrien, ada beberapa suplemen yang mungkin dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan performa latihan Anda seperti : Creatine, caffeine, BCAA dan beta-alanine. 

Suplemen pra-latihan menggabungkan banyak bahan berbeda untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Fakta mengenai nasi putih

Walaupun nasi putih memiliki citra yang buruk di kalangan penderita diabetes, tetapi nyatanya, Nasi putih kaya akan karbohidrat. 

Karbohidrat merupakan nutrisi yang paling cepat diubah sebagai energi. Asam amino dalam nasi putih berguna untuk meningkatkan pertumbuhan otot. 

Zat tersebut membuat nasi dipilih oleh para vegetarian yang ingin meningkatkan massa otot mereka. Nasi putih juga merupakan obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan. 

Kandungan serat yang tidak terlalu tinggi justru berguna untuk meredakan diare, radang usus besar serta morning sickness.

Waktu makan adalah kuncinya

Waktu makan merupakan salah satu aspek penting dari nutrisi sebelum berolahraga. 

Untuk memaksimalkan hasil latihan, cobalah untuk makan makanan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak 2–3 jam sebelum Anda berolahraga.

Namun, pada beberapa jenis olahraga, Anda mungkin tidak bisa makan terlalu kenyang 2–3 jam sebelum berolahraga.  

Jika Anda makan 45-60 menit sebelum latihan, pilihlah makanan yang mudah dicerna dan terutama mengandung karbohidrat dan protein. Dengan ini akan membantu mencegah ketidaknyamanan perut selama berolahraga.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan kinerja dan pemulihan tubuh setelah berolahraga, penting untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan nutrisi yang tepat sebelum berolahraga. 

Karbohidrat membantu memaksimalkan kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan glikogen sebagai bahan bakar dalam menjalani latihan dengan intensitas tinggi, sementara lemak dapat digunakan sebagai bahan bakar tubuh untuk menjalani sesi latihan yang lebih lama. 

Mengkonsumsi protein membantu meningkatkan sintesis protein otot, mencegah kerusakan otot dan meningkatkan pemulihan. Hidrasi yang baik juga terkait dengan peningkatan kinerja.

Makanan pra-latihan dapat dimakan tiga jam hingga 30 menit sebelum latihan. Namun, pilih makanan yang mudah dicerna, terutama jika latihan Anda dimulai dalam satu jam atau kurang. 

Selain itu, banyak suplemen berbeda dapat membantu kinerja dan mendorong pemulihan. Pada akhirnya, praktik nutrisi pra-latihan yang sederhana bisa sangat membantu Anda tampil lebih baik dan pulih lebih cepat.

Dengan meninjau informasi mengenai manfaat nasi putih, maka dapat disimpulkan bahwa sah-sah saja untuk mengkonsumsi nasi putih sebelum berolahraga maupun setelah berolahraga. 

Dengan catatan, Anda mengkonsumsi nasi putih dengan jumlah yang tepat.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Reason Athletes Eat White Rice Instead of Brown. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/lifters-still-choose-white-rice-over-brown-3121319)
What to eat before a workout and when to eat it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/322963)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat
Panduan Latihan Squat Jump yang Tepat

squat jump merupakan salah satu latihan yang dapat dibilang aman dilakukan oleh segala usia dan jenis kelamin. Namun hal ini berlaku kalau anda melakukan latihan squat jump ini dengan teknik yang benar. Apabila anda masih bingung melakukan teknik squat jump, maka ikuti panduan ini :

Buka di app