Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya.
Dipublish tanggal: Jun 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kenali Manfaat dan Resiko Latihan Fisik EMS Untuk Menurunkan Berat Badan Sebelum Mencoba

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan yang Anda iginkan, salah satunya dengan berolaharaga. 

Namun, jenis olahraga apakah yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Efek samping apakah yang disebabkan olahraga tersebut? Belakangan ini, terdapat jenis latihan fisik yang sedang populer di kalangan masyarakat, mereka menyebut Electrical Muscle Stimulation atau EMS.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apa itu EMS?

Sebagian dari Anda mungkin masih merasa asing dengan istilah EMS ini. Bisa saja Anda berpikir bahwa EMS adalah jenis olahraga baru yang mungkin sulit untuk dilakukan. 

Sebenarnya, Electrical Muscle Stimulation atau yang banyak yang mengenalnya dengan singkatan EMS, adalah sebuah latihan fisik dengan menggunakan alat-alat listrik yang bertujuan untuk merangsang otot-otot Anda agar menjadi lebih efektif. 

Ketika melakukan EMS, Anda akan mengenakan pakaian khusus yang telah tersambung dengan perangkat listrik, sehingga Anda dapat melakukan gerakan sederhana sambil alat listrik tersebut bekerja. 

Namun, gerakan yang dilakukan dan stimulasi yang akan didapatkan berbeda antara satu dengan yang lain. Dua hal diatas tergantung pada kebutuhannya, apakah untuk membentuk otot atau menurunkan berat badan.

Yang harus Anda ketahui adalah bahwa latihan fisik EMS hanya berdurasi sekitar 20 menit. Berbeda dengan olahraga lainnya yang mebutuhkan waktu sekitar 40-60 menit, seperti olahraga kardio atau olahraga lain yang bertujuan untuk melatih otot Anda. 

Meskipun memakan waktu yang cukup singkat, latihan fisik EMS mengakibatkan rasa lelah yang sama dengan jenis latihan fisik lainnya. Jadi, jangan berharap bahwa EMS akan membawa lebih sedikit rasa lelah daripada latihan jenis fisik yang lain.  

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apa saja manfaat dari EMS?

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan fisik EMS ini, seperti menurunkan berat badan, membentuk otot, mencegah atrofi otot, mengobati nyeri punggung atau backpain dan juga mencegah osteorthritis. 

Pada awalnya, EMS ini sudah menjadi bagian dari dunia kesehatan sebagai alat untuk terapi stroke dan terapi pasca cedera. Jadi, Anda tidak perlu meragukan lagi manfaat dari EMS. 

Latihan fisik EMs juga tidak akan mengakibatkan cedera karena Anda akan melakukannya dengan tangan kosong, tanpa mengangkat beban apapun.

Apa resiko dari EMS?

Meskipun latihan fisik EMS terbilang mudah dan aman, jika Anda ingin melakukan jenis latihan fisik ini, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter karena ada beberapa resiko yang dapat ditimbulkan. 

Irfan Wahyudi, salah satu pemilik studio EMS, dilansir dari kompas.com mengatakan bahwa latihan fisik EMS tidak direkomendasikan bagi mereka yang memilik penyakit epilepsi atau yang memakai ring jantung. Beberapa resiko akibat dari latihan fisik EMS adalah sebagai berikut:

Mengganggu kerja alat medis lainnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa orang yang memasang ring jantung sangat tidak disarankan untuk melakukan latihan fisik EMS. Mengapa? Karena aliran listrik EMS akan mengganggu kerja alat kesehatan yang sedang Anda gunakan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu untuk menghindari resiko-resiko yang bisa terjadi ketika Anda melakukan latihan fisik EMS.

Mengalami iritasi kulit

Biasanya masalah kulit yang timbul akibat dari penggunaan alat listrik untuk latihan fisik EMS adalah iritasi. Meskipun begitu, hal ini tidak akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Apabila tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Cedera otot

Sebagian besar pegiat latihan fisik EMS jarang mengalami cedera otot. Meskipun jarang terjadi, perlu diketahui bahwa penggunaan alat listrik dapat menyebabkan cedera otot karena terstimulasi terus-menerus. 

Otot yang mendapatkan stimulasi dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengalami kelelahan dan kemudian cedera.

Oleh karena itu, sebelum melakukan latihan fisik EMS, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis agar terhindar dari resiko yang mungkin akan membahayakan kesehatan Anda. 

Jangan takut untuk memulai, sudah banyak public figure yang menjadi pegiat dari latihan fisik EMS ini seperti Andien, Bams, Tora Sudiro dan Luna Maya. Bagaimana dengan bentuk tubuh mereka? Ideal, bukan? Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba?

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Risks of EMS Training | newsystEMS, the trade magazine for EMS professionals. newsystEMS. (https://www.newsystems.online/science/risks-of-ems-training/)
EMS Training Workout - What Is Electrical Muscle Stimulation?. Men's Health. (https://www.menshealth.com/fitness/a23870705/ems-training-workout/)
Benefits and Uses of EMS Training. Bodystreet. (https://www.bodystreet.com/en/ems-training/benefits-and-uses/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya
Gatal-gatal Saat Latihan Fisik? Mungkin 4 Hal Penyebabnya

Apa penyebabnya sehingga Anda sering merasakan gatal-gatal saat latihan fisik? Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya supaya mendapat penanganan yang tepat. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebabnya.

Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut
Selain Sit Up, Ini Dia 6 Latihan Untuk Membentuk Otot Perut

Sebagian besar dari Anda pasti sering berlatih untuk membentuk otot perut dengan latihan tradisional seperti sit up dan crunches. Tetapi, percayalah bahwa ini merupakan metode yang buruk. Sit up yang berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada tulang belakang Anda. Nah, daripada terus berkutat pada dua jenis latihan lama tersebut, mari kita lihat beberapa latihan yang efektif untuk pembentukan otot perut:

Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola
Cara Tepat Menjaga Hidrasi Ketika Bermain Sepak Bola

Jumlah keringat yang anda keluarkan akan menjadi patokan bagi anda untuk menentukan jumlah cairan yang akan anda butuhkan selama bertanding. Silahkan minum cairan sebanyak jumlah itu selama bertanding. Sebaiknya anda tidak minum cairan dengan jumlah lebih banyak, hal ini akan menambah berat badan anda semakin meningkat ketika bertanding.

Buka di app