Apa yang Bisa Diharapkan dari Pengangkatan Gigi Bungsu?

Beberapa komplikasi bisa menjadi tanda infeksi dan kerusakan saraf. Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami gejala berikut ini:
Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa yang Bisa Diharapkan dari Pengangkatan Gigi Bungsu?

Gigi geraham belakang, atau yang sering disebut dengan gigi bungsu, adalah gigi dewasa terakhir yang muncul ke permukaan mulut Anda. 

Gigi bungsu muncul di bagian atas dan bawah kedua sisi rahang, biasanya di antara usia 17 hingga 21 tahun. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Kebanyakan orang tidak memiliki cukup ruang pada rahangnya untuk memberi tempat bagi gigi bungsu tanpa menabrak gigi lainnya. Hal ini bisa menyebabkan banyak masalah.

Jika hal ini terjadi pada Anda, dokter gigi Anda akan merekomendasikan untuk melakukan operasi untuk mengangkat gigi bungsu. 

Pengangkatan gigi bungsu merupakan hal yang sangat lumrah dan akan sembuh dalam waktu seminggu, tergantung pada kasus spesifiknya. Penyembuhan akan membutuhkan waktu lebih lama jika gigi bungsu tidak muncul. 

Hal ini berarti gigi bungsu belum muncul dari dalam gusi dan tidak terlihat.

Hari Anda melakukan operasi

Pengangkatan gigi bungsu merupakan operasi rawat jalan, hal ini berarti Anda datang dan pergi dari tempat operasi pada hari yang sama. 

Jika Anda mendapat anestesi lokal atau bius selama operasi, Anda kemungkinan akan terbangun di kursi pemeriksaan gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Namun, jika Anda diberi bius umum, akan memakan waktu yang lama bagi Anda untuk terbangun, sehingga Anda akan terbangun di ruang perawatan. 

Anda mungkin tidak mengingat bagaimana Anda bergerak dari kursi pemeriksaan gigi ke ruang perawatan. Tanyakan pada dokter gigi Anda tipe obat bius apa yang akan diberikan pada Anda.

Anda secara perlahan akan merasakan kembali mulut Anda seketika Anda bangun dari operasi. Rasa nyeri dan bengkak merupakan hal yang normal. 

Pada hari pertama tahap penyembuhan juga akan menyebabkan munculnya darah pada mulut. Anda bisa menggunakan sekantung es batu pada wajah Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Anda juga akan diberi arahan mengenai kapan dan bagaimana cara mengonsumsi obat, baik obat antinyeri resep atau antinyeri yang dijual bebas.

Anda akan dipulangkan setelah Anda bangun dan merasa siap. Merupakan ide yang bagus, jika tidak terpaksa, untuk meminta seseorang mengantar Anda pulang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Dokter gigi Anda mungkin akan memaksa hal ini, terutama jika Anda diberi obat bius umum sehingga Anda tidak bisa menyetir sendiri untuk waktu yang cukup lama.

Anda bisa memakan makanan yang sangat lembut, tetapi hindari alkohol, kafein dan merokok. Anda juga harus menghindari penggunaan sedotan. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi.

Penyembuhan jangka panjang

Kebanyakan orang sembuh secara total sejak operasi gigi bungsu dalam waktu tiga hingga empat hari. 

Jika gigi bungsu Anda tipe yang tidak muncul ke permukaan atau muncul dengan sudut yang agak menyulitkan, akan memerlukan waktu seminggu penuh untuk sembuh.

Luka yang ditinggalkan setelah luka tidak akan sembuh sepenuhnya untuk beberapa bulan, sehingga Anda masih bisa mengalami infeksi beberapa minggu setelah operasi. Rawatlah diri Anda dan perhatikanlah tanda-tanda masalah.

Anda bisa melanjutkan aktivitas sehari-hari yang normal sehari setelah operasi, tetapi hindari aktivitas apapun yang bisa menyobek jahitan atau borok pada luka Anda. Hal ini termasuk dan tidak terbatas:

  • Olahraga yang berlebihan
  • Merokok
  • Meludah
  • Minum menggunakan sedotan

Terjadinya pembengkakan, nyeri, dan pendarahan merupakan hal yang normal setelah pengangkatan gigi bungsu. Periksakan diri Anda ke dokter gigi Anda jika pendarahan dirasa berlebih dan tidak tertahankan.

Gejala yang Anda rasakan biasanya akan hilang tiga hari setelah operasi. Rasa nyeri dan pendarahan biasanya akan hilang seminggu setelah operasi.

Beberapa komplikasi bisa menjadi tanda infeksi dan kerusakan saraf. Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami gejala berikut ini:

  • Kesulitan mengunyah
  • Demam
  • Obat tidak mempan dalam mengurangi rasa nyeri
  • Pembengkakan menjadi lebih parah seiring waktu
  • Mati rasa
  • Darah atau nanah muncul dari hidung Anda
  • Pendarahan tidak berhenti ketika Anda memberi perban dan menekan pada luka

Manajemen rasa nyeri

Cara utama Anda bisa mengatur dan mengurangi pembengkakan adalah dengan menggunakan es dan meminum obat anti nyeri

Tanyakan pada dokter gigi Anda untuk mendapatkan petunjuk seberapa sering Anda harus menggunakan kantung es untuk kompres. 

Dokter akan merekomendasikan apakah Anda harus meminum obat resep atau obat antinyeri yang dijual bebas.

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bouloux GF, et al. What is the risk of future extraction of asymptomatic third molars? A systematic review. Journal of Oral and Maxillofacial Surgery. In press.
What to do following an extraction. British Dental Health Foundation. https://www.dentalhealth.org/tell-me-about/topic/routine-treatment/what-to-do-following-an-extraction.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app