5 Tip Cepat Sembuh Pascaoperasi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
5 Tip Cepat Sembuh Pascaoperasi

Anda baru saja selesai menjalani suatu operasi? Selamat! Anda telah melaluinya dengan baik. Sekarang adalah saat yang tepat untuk memulihkan kondisi Anda kembali sehat seperti semula. Inilah tip agar proses penyembuhan Anda pascaoperasi berjalan lebih cepat supaya Anda bisa segera pulang berkumpul dengan keluarga di rumah.

1. Rehab sebelum operasi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Peneliti di Kanada mengevaluasi 77 orang pasien kanker usus besar yang akan menjalani operasi. Mereka semua berkonsultasi dengan dokternya mengenai nutrisi, olahraga dan metode relaksasi yang dibutuhkan. Sebagian dari mereka menjalani nasehat dokter sebulan sebelum operasi dimulai, sebagian lagi melakukannya tepat setelah operasi. Hasilnya, dua bulan kemudian para peneliti menemukan bahwa pasien yang menjalankan program prehab atau program rehabilitasi sebelum operasi, sembuh lebih cepat dibanding pasien yang menjalankan program rehab setelah menjalani operasi. 

2. Percaya bahwa Anda kuat

Sebuah studi kecil yang dipublikasikan dalam Journal of Neurofisiologi, meneliti 30 relawan yang lengannya digips karena mengalami kecelakaan. Setengah dari relawan diminta membayangkan mereka menggerakkan tangan mereka dengan interval lima detik. Setengah lagi diminta hanya berbaring istirahat. Percobaan ini dilakukan beberapa kali. Di akhir studi, peneliti menemukan bahwa pasien yang telah menjalani latihan mental dengan membayangkan tangan mereka bisa digerakkan lagi, lebih cepat pulih dan tangan mereka lebih cepat berfungsi kembali dibanding pasien yang hanya istirahat tanpa latihan mental. Latihan mental pascaoperasi dapat membantu pasien mengembalikan fungsi tubuhnya dengan lebih cepat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pain medications after surgery. Mayo Clinic. (http://www.mayoclinic.com/health/pain-medications/PN00060)
Postoperative Care: Definition and Patient Education. Healthline. (https://www.healthline.com/health/postoperative-care)
8 Mistakes After Surgery That Slow Your Recovery. WebMD. (https://www.webmd.com/healthy-aging/features/rehab-mistakes)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app