Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Apa Tanda-Tanda Menstruasi Akan Datang?

Update terakhir: NOV 10, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.360.001 orang

Normalnya menstruasi akan datang setiap bulan yang didahului dengan PMS. Meski datangnya haid bisa diramal melalui perhitungan siklus menstruasi, tapi tidak selalu hasilnya tepat. Kadang bisa maju atau malah telat beberapa hari. 

Datangnya menstruasi setiap bulan sebenarnya memiliki beberapa tanda. Untuk mengetahui info lebih lengkapnya, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

8 Tanda Anda akan Kedatangan Haid

Mengetahui kapan datangnya menstruasi kadang memang diperlukan terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan segudang. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyiapkan segala sesuatu supaya aktivitas dapat berjalan lancar. Adapun tanda haid akan datang diantaranya adalah:

Jerawat

Jerawat menjadi tanda umum datangnya haid dan paling mudah dikenali. Meningkatnya kadar hormon menjelang menstruasi membuat kulit wajah memproduksi minyak dalam jumlah berlebih. Minyak tersebut lama-kelamaan akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Perubahan Mood

Menstruasi juga mempengaruhi kondisi mood menjadi tidak stabil alias mood swing. Kondisi inilah yang kadang membuat Anda cepat marah tanpa sebab yang jelas.

Kram Perut

Kram perut biasa muncul 1-2 hari sebelum haid. Meski terasa sakit, namun kram perut ini akan reda dengan sendirinya.

Payudara terasa nyeri saat disentuh

Ketika payudara disentuh akan terasa nyeri dan bengkak. Inilah tanda-tanda menstruasi akan segera datang. Rasa nyeri pada bagian luar payudara disebabkan karena meningkatnya hormon prolaktin yang berperan penting dalam memproduksi susu.

Mudah Capek dan Susah Tidur

Kondisi fisik akan menurun dan diikuti oleh stres secara emosional. Meski merasa capek, namun kenyataannya Anda akan kesulitan tidur.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sembelit atau Diare

Gangguan pencernaan juga akan Anda rasakan sebelum haid datang. Hal ini disebabkan oleh peningkatan prostaglandin sehingga otot akan berkontraksi dan menyebabkan diare. Kadar progesteron juga meningkat dan memicu sembelit.

Perut kembung

Perut terasa penuh dan kembung bisa menjadi pertanda Anda akan mengalami haid. Untuk mengurangi gejala ini sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta olahraga secara teratur.

Sakit kepala

Perubahan hormon estrogen juga mempengaruhi kerja hormon di otak. Akibatnya sakit kepala yang tak tertahankan tidak bisa dihindari.

Cara mengatasi kram perut sebelum Haid

Tidak semua wanita mengalami kram perut sebelum haid. Rasa sakit yang cukup menyiksa bisa mengganggu aktivitas Anda. Solusi yang paling cepat adalah dengan mengkonsumsi obat antiinflamasi seperti aspirin dan ibuprofen

Jenis obat-obatan tersebut dapat meredakan kram perut dengan segera. Selain itu masih ada cara lain yang bisa dipraktikkan untuk mengatasi kram perut. Diantaranya adalah:

Mengompres Air Hangat

Isi botol dengan air panas lalu tempelkan ke perut yang mengalami kram. Sensasi hangat yang dihasilkan akan membuat perut lebih rileks serta meredakan rasa sakit.

Iklan dari HonestDocs
Promo 11-11 Booking Klinik via HonestDocs!

Diskon 70%* untuk booking klinik via HonestDocs mulai dari medical check-up, kesehatan gigi, perawatan kecantikan, hingga fisioterapi. Cek di sini sekarang!

Internal ads

Konsumsi air putih

Tambahkan perasan air lemon kedalam air putih lalu minum untuk mengurangi sakit di perut. Cara ini memang tidak bisa menghilangkan kram perut, tapi bisa meredakan kembung agar kram tidak semakin parah.

Perbanyak makan buah dan Sayuran

Untuk meredakan kram perut sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayuran seperti kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Sebisa mungkin hindari makanan cepat saji, goreng-gorengan, dan makanan berlemak.

Kedelapan tanda yang disebutkan diatas tidak semuanya Anda akan mengalami. Beberapa wanita malah tidak merasakan kram di perut sebelum datang bulan. Namun jika Anda mengalami gejala kram perut, tidak perlu khawatir karena cara mengatasinya cukup mudah dan bisa reda dengan sendirinya.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit