Apa Saja Sebenarnya Bahaya Merokok Bagi Kesehatan?

Berhenti merokok menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan merokok dan dapat menambah tahun hidup Anda.Berikut adalah beberapa penyakit paling mengerikan yang disebabkan oleh merokok:
Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Saja Sebenarnya Bahaya Merokok Bagi Kesehatan?

Merokok sigaret membahayakan hampir setiap organ tubuh, menyebabkan banyak penyakit, dan mengurangi kesehatan perokok pada umumnya. Berhenti merokok menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan merokok dan dapat menambah tahun hidup Anda.

Berikut adalah beberapa penyakit paling mengerikan yang disebabkan oleh merokok:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

1. Kanker paru-paru

Lebih banyak orang meninggal karena kanker paru-paru daripada jenis kanker lainnya. Merokok adalah faktor risiko nomor satu penyebab kanker paru-paru. Merokok dapat menyebabkan hingga 87 persen kematian akibat kanker paru-paru. 

Peluang Anda untuk tetap hidup selama lima tahun setelah didiagnosis kanker paru sangatlah kecil.

2. PPOK (penyakit paru obstruktif kronis)

PPOK adalah penyakit paru obstruktif yang menyebabkan seseorang untuk sulit bernapas. Kondisi ini dapat menyebabkan kecacatan jangka panjang yang serius dan kematian dini. PPOK dapat menyebabkan penderitanya menjadi cepat lelah. 

Kondisi ini dapat membuat seseorang tidak dapat beraktivitas secara normal. Sekitar 80 persen dari semua kasus PPOK disebabkan oleh merokok. PPOK adalah penyebab kematian nomor empat di Amerika Serikat.

3. Penyakit jantung

Merokok merusak hampir semua organ dalam tubuh Anda, termasuk jantung Anda. Merokok dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah arteri Anda, yang menyebabkan lebih sedikit darah dan oksigen yang mengalir ke jantung Anda. 

Ketika seseorang mengurangi kebiasaan merokok, maka kemungkinan untuk menderita penyakit jantung juga akan menurun. Namun, penyakit jantung tetap menjadi penyebab kematian nomor satu di A.S.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

4. Stroke

Karena merokok mempengaruhi arteri Anda, itu dapat memicu stroke. Stroke terjadi ketika suplai darah ke otak Anda untuk sementara diblokir. Sel-sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati. 

Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan, bicara tidak jelas, fungsi otak yang berubah, dan kematian. Stroke adalah penyebab kematian nomor 5 di Amerika Serikat dan penyebab utama kecacatan orang dewasa.

5. Asma

Asma adalah penyakit paru-paru kronis yang membuat lebih sulit untuk memindahkan udara masuk dan keluar dari paru-paru Anda - atau dikenal sebagai "pernapasan." Karena asap rokok mengiritasi saluran udara, ia dapat memicu serangan asma yang tiba-tiba dan parah. 

Asma adalah kondisi kesehatan serius yang diderita lebih dari 25 juta orang Amerika. Merokok hanya memperburuknya.

6. Efek reproduksi pada wanita

Merokok dapat menyebabkan kehamilan ektopik pada wanita, yaitu ketika telur yang dibuahi tertanam di tempat lain selain rahim. Telur tidak bisa bertahan dan, jika tidak dirawat, sehingga bisa mengancam jiwa ibu. 

Merokok juga dapat menyebabkan berkurangnya kesuburan, yang berarti mengurangi kemampuan untuk hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

7. Bayi prematur, bayi berat lahir rendah

Efek merokok tidak hanya berdampak pada kesehatan ibu, tetapi juga pada bayinya. Merokok saat hamil dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan prematur dan / atau dengan berat badan lahir rendah. 

Bayi yang lahir terlalu dini atau terlalu kecil memiliki peningkatan risiko komplikasi kesehatan dan bahkan kematian.

8. Diabetes

Anda lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 jika merokok. Risiko terkena diabetes tipe 2 adalah 30 hingga 40 persen lebih tinggi untuk perokok daripada bukan perokok. 

Selain itu merokok meningkatkan risiko komplikasi setelah didiagnosis dengan diabetes, seperti penyakit jantung dan ginjal, aliran darah yang buruk ke kaki (yang menyebabkan infeksi dan kemungkinan amputasi), kebutaan dan kerusakan saraf.

9. Kebutaan, katarak, dan degenerasi makula terkait usia

Merokok bisa membuat Anda menjadi buta. Karena zat dalam rokok dapat merusak mata dan bisa menyebabkan kehilangan penglihatan. Kemungkinan terjadinya degenerasi makula terkait usia meningkat akibat merokok

Kondisi ini adalah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa berusia 65 dan lebih tua.

10.10 jenis kanker lainnya, termasuk kanker usus besar, serviks, hati, perut dan pankreas

Pada dasarnya kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker mulut, tenggorokan, hati dan kolorektal. Kebiasaan merokok juga dapat mengurangi tingkat kelangsungan hidup pasien penderita kanker prostat.

Merokok dan kematian

Merokok adalah penyebab utama kematian yang dapat dicegah di Amerika Serikat. Merokok dapat menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.  Jumlah kematian setiap tahun akibat merokok lebih banyak daripada jumlah kematian gabungan akibat penyebab berikut: 

  • Human immunodeficiency virus (HIV)
  • Penggunaan obat-obatan terlarang
  • Penggunaan alkohol
  • Cedera kendaraan bermotor
  • Insiden terkait senjata api

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zacharasiewicz A. (2016). Maternal smoking in pregnancy and its influence on childhood asthma. DOI: (http://doi.org/10.1183/23120541.00042-2016)
Yilmaz M, et al. (2015) Relationship between smoking and female sexual dysfunction. DOI: (http://dx.doi.org/10.4172/2167-0250.1000144)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app