Seks dan Hubungan

Apa itu Menstruasi ?

Dipublish tanggal: Mar 8, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Apa itu Menstruasi ?

Siapa sih yang ga tahu mengenai topik ini ? Yes, baik kaum pria apalagi kaum wanita tentunya tahu apa itu menstruasi. Menstruasi ialah siklus bulanan yang dialami oleh setiap wanita yang sudah memasuki masa puberitasnya sampai umur tertentu.  

Setiap bulannya, tamu bulanan ini dipastikan akan menghampiri setiap wanita walau tanggalnya belum tentu sama dan bisa berbeda-beda. Nah selain pengetahuan tersebut, tahukah kamu mengenai pengetahuan yang lebih dalam mengenai menstruasi? 

Iklan dari HonestDocs
Beli AFOLAT TAB 100S via HonestDocs

Afolat merupakan suplemen ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara menguatkan sel telur pada istri. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Afolat tab 100s 1

Yuk simak artikel dibawah ini untuk menambah pengetahuanmu tentang apa itu menstruasi beserta serba serbinya.

Apa itu Menstruasi ?

Menstruasi atau Haid ialah proses alamiah yang terjadi pada tubuh setiap wanita.  Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya hormon estrogen dalam tubuh wanita yang akan meningkat setiap bulannya dan mendorong tubuh wanita untuk menyiapkan diri pada masa ovulasi dimana akan terjadi proses pelepasan sel telur dari ovarium dan dinding rahim akan menebal dengan sendirinya. 

Bila dalam masa-masa ini, tidak terjadi proses pembuahan dimana sel sperma tidak masuk dan bertemu sel telur, maka dengan itu sel telur akan diserap tubuh kembali dan dinding rahim yang menebal tadi akan luruh semuanya dan mengalir keluar dari vagina wanita bercampur darah. 

Ini lah yang dinamakan Menstruasi atau Haid atau datang bulan.  Siklus menstruasi bulanan biasanya akan muncul dalam kurun waktu 4 minggu dimulai dari hari pertama menstruasi bulan ini sampai hari pertama menstruasi bulan berikutnya, namun siklus ini tidak melulu sama pada setiap wanita. 

Biasanya wanita normal memiliki siklus bulanan sebanyak 28 hari, namun tak menutup kemungkinan bahwa tidak sedikit wanita yang memiliki siklus bulanan lebih cepat atau lambat. Adapun kisaran normal dari siklus menstruasi sendiri ialah di antara 21 sampai 35 hari.

Menstruasi untuk pertama kali

Tidak ada standard usia yang dapat memastikan umur berapa kaum wanita akan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Bagi setiap wanita yang belum pernah mengalami menstruasi, tentu awalnya hal ini merupakan hal yang mengagetkan dan tidak disangka-sangka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli AFOLAT TAB 100S via HonestDocs

Afolat merupakan suplemen ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan peluang hamil dengan cara menguatkan sel telur pada istri. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Afolat tab 100s 1

Menstruasi sendiri akan menghampiri kaum wanita yang sudah mulai masuk masa puberitasnya sebagai tanda bahwa wanita tersebut secara ‘seksual’ sudah matang. Biasanya kaum wanita akan mengalami menstruasi pertamanya di kisaran umur 12 tahun atau saat duduk di kelas 5 atau 6 SD disertai dengan tumbuhnya payudara pada tubuh wanita. 

Tapi ada juga sebagian wanita yang mengalami menstruasi di umur yang lebih muda dari 12 tahun dan umur yang lebih tua dari 12 tahun. Dari menstruasi pertama, siklus menstruasi akan terus berlanjut sampai wanita tersebut mengalami menopause. Menopause sendiri dapat terjadi di kisaran usia 48-55 tahun.

Gejala – gejala PMS

Kamu pasti sudah sering mendengar istilah PMS. Namun tahukah kamu apa itu PMS? Ya, PMS merupakan singkatan dari Pra Haid Syndrome atau sindrom yang muncul saat sebelum menstruasi datang menghampiri kaum wanita. Adapun beberapa gejala yang dapat dikategorikan gejala PMS ialah:

  • Badan akan terasa lebih cepat lelah, letih dan lemas
  • Sakit kepala munculnya jerawat serta nyeri dan pegal pada otot dan sendi
  • Nafsu makan yang meningkat dan melebihi nafsu makan kamu daripada sebelumnya sehingga banyak yang mengalami kenaikan berat badan selama masa menstruasi walau kenaikan berat badan ini tidak banyak
  • Payudara yang lebih sensiitif dan terasa nyeri
  • Lebih Moody dan sensitif / baper
  • Gairah seks yang menurun
  • Keram atau sakit perut terutama pada perut bagian bawah

Bila kamu mengalami gejala-gejala diatas, maka kamu tidak perlu khawatir karena gejala-gejala tersebut sifatnya normal dan wajar serta sering terjadi pada setiap wanita yang sedang mengalami menstruasi. 

Berikut ini sedikit tips buat kamu yang mau meredakan gejala-gejala diatas seperti:

  • Banyak tiduran atau menyolonjorkan kaki. Ini akan membantu kamu mengatasi rasa pegal dan nyeri pada perut bawah dan kakimu.
  • Minum air hangat. Saat menstruasi sebaiknya kamu mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat seperti teh manis hangat, atau air putih hangat dimana minuman hangat dapat membantumu meredam rasa nyeri pada perutmu.
  • Memijat-mijat bagian perut bawahmu. Kamu bisa memijat-mijat sendiri bila perutmu terasa keram dimana pijatan-pijatan lembut tersebut akan membantu kamu meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh yang keram dan sakit. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Menstruation - Period. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/menstruation.html)
Periods and fertility in the menstrual cycle. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/periods/fertility-in-the-menstrual-cycle/)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app