Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Ambrette: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 8, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.006.437 orang

Mengenai Ambrette

  • Golongan: Jual bebas
  • Kemasan: kantung teh, botol
  • Kandungan: asam palmitat, asam oleat, asam linoleat, asam stearat, methionine sulfoxide, fosfolipid, sterol, myricetin, hydro-alcoholic

Manfaat Ambrette

Ambrette (Abelmoschus moschatus) memiliki aktivitas antioksidan, antibakteri, dan anti proliferasi. Anti proliferasi maksudnya adalah mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel dan kista yang abnormal.

Dengan adanya aktivitas antioksidan, antibakteri, dan antiproliferasi, Ambrette berfungsi untuk dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan kista.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ambrette juga bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah tumbuhnya keriput dan penuaan dini.

Di India, Ambrette digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti gangguan kencing, kejang-kejang, sakit perut, gangguan syaraf, penyakit kulit, dan gatal-gatal.

Di Filipina, akar dan daun Ambrette digunakan untuk mengobati gonorrhea dan reumatik. Di Myanmar, biji Ambrette digunakan untuk mengobati sakit perut, gangguan kencing, anti kejang, dan anti histeris.

Di Malaysia, daun dan akarnya digunakan untuk menghilangkan sakit kepala, reumatik, varises, radang kandung kemih, dan demam. Di India barat, Ambrette digunakan untuk mengobati dari gigitan ular. Dan di Indonesia tepatnya di Jawa, Ambrette biasanya digunakan untuk menstimulasi ginjal dan usus.

Minyak dari biji Ambrette juga bisa dijadikan aromaterapi yang berfungi untuk menghilangkan stress, lelah, dan kepanikan. Selain itu juga bisa digunakan untuk kaku otot, mengobati depresi, gangguan sistem saraf, meningkatkan nafsu makan, mengobati penyakit paru-paru, dan kram perut.

Efek samping Ambrette

Bagi sebagian orang, Ambrette dapat menimbulkan reaksi alergi. Bila diaplikasikan langsung ke kulit juga bisa menyebabkan iritasi kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kandungan myricetin di Ambrette juga dapat mempengaruhi kadar gula darah bagi pasien diabetes sehingga perlu perhatian khusus bagi pengidap diabetes.

Dosis Ambrette

Dosis penggunaan Ambrette dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lainnya. Belum ada petunjuk dosis yang tepat untuk mengonsumsi Ambrette , maka sebaiknya Anda mengikuti saran dan resep dari dokter atau apoteker mengenai penggunaan tanaman herbal ini mengingat produk herbal tidak sepenuhnya aman dan tetap memiliki efek samping.

Interaksi Ambrette

Konsumsi biji Ambrette sebaiknya tidak bersamaan dengan konsumsi tanaman atau obat herbal lain yang memiliki efek penurunan kadar gula darah juga. Hal ini bisa menyebabkan Ambrette berinteraksi dan justru membahayakan.

Sebaiknya pasien mengikuti saran dari dokter atau apoteker yang menyarankan mengonsumsi Ambrette. Pasien juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke tenaga medis terdekat.

Perhatian

Sebaiknya orang yang alergi atau sensitif terhadap kelompok Malvaceae, menghindari penggunaan Ambrette. Reaksi alergi ini bisa menyebabkan ruam kemerahan di kulit dan menjadikan kulit sensitif terhadap cahaya.

Ambrette juga bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif dan menyebabkan perubahan warna kulit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pasien dengan kadar gula darah yang rendah sebaiknya menghindari Ambrette karena tanaman herbal ini dapat menurunkan kadar gula darah.

Wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi Ambrette karena kurangnya penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa Ambrette ini aman dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui.

Bagi pasien yang akan menjalani operasi, sebaiknya tidak mengonsumsi Ambrette 2 minggu sebelum operasi. Hal ini disebabkan karena Ambrette dapat mengganggu kadar gula dalam darah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp