Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Alprostadil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 12, 2019 Tinjau pada DEC 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.915.048 orang

Hubungan seksual adalah salah satu faktor keharmonisan keluarga. Namun seringkali seiring berjalannya usia, kebanyakan pasangan tidak dapat mendapatkan pengalaman seksual seperti masa muda. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, salah satunya adalah disfungsi ereksi. Walaupun sesungguhnya disfungsi ereksi tidak hanya terjadi pada orang tua.

Disfungsi ereksi atau yang dikenal dengan impotensi adalah kondisi dimana seorang pria tidak bisa mempertahankan ereksi atau bahkan tidak bisa ereksi sama sekali saat ingin berhubungan seks. Salah satu pengobatan kondisi ini adalah dengan menggunakan Alprostadil.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Alprostadil adalah obat golongan prostaglandin E1 yang diindikasikan untuk mengobati disfungsi ereksi yang disebabkan oleh neurogenik, vaskulogenik, psikogenik, atau etiologi campuran.

Mengenai Alprostadil

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Suntik, supositoria transurethral

Kandungan:

Obat golongan prostaglandin E1

Apa itu Alprostadil? 

Alprostadil digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi (impotensi) dan untuk membantu mendiagnosis penyebab yang mendasari gangguan ini. Alprostadil juga digunakan untuk meningkatkan aliran darah pada bayi yang baru lahir dengan masalah jantung. Panduan pengobatan ini hanya membahas penggunaan pria dewasa alprostadil dalam gangguan ereksi.

Alprostadil bekerja dengan membuat pembuluh darah dan otot di penis menjadi rileks dan meningkatkan aliran darah ke penis sehingga menyebabkan ereksi. Alprostadil juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berapa dosis pemberian obat Alprostadil?

Alprostadil tersedia dalam Suntikan, intravascular: 500 ug dalam 1 mL dan Supositoria, penile: 125 mcg, 250 mcg, 500 mcg, dan 1000 mcg

Untuk pengobatan disfungsi ereksi vaskulogenik psikogenik atau etiologi campuran: injeksi intrakavernosal, dosis awal 2,5 mcg, dosis kedua 5 mcg jika ada respons parsial kemudian dosis ditingkatkan menjadi 5-10 mcg; jika tidak ada respons pada dosis awal 2,5 mcg, maka dosis kedua ditingkatkan menjadi 7,5 mcg, dilanjutkan dengan dosis 5-10 mcg; jika tidak ada respons, harus diberikan dosis yang lebih tinggi dalam 1 jam; jika ada respons maka dosis selanjutnya tidak boleh diberikan sekurangnya selama 24 jam.             

Sedangkan untuk pengobatan disfungsi ereksi neurologik murni (spinal cord injury): dosis awal 1,25 mcg, dosis kedua 2,5 mcg, lalu ditingkatkan menjadi 5 mcg; jika tidak ada respons, harus diberikan dosis yang lebih tinggi dalam 1 jam; jika ada respons maka dosis selanjutnya diberikan setelah sekurangnya selama 24 jam.

Kekuatan dosis supositoria transurethral meliputi 125 mcg, 250 mcg, 500 mcg, dan 1000 mcg per supisotoria urethral. Pemberian dosis alprostadil membutuhkan bantuan mendasar dan pendidikan pasien oleh penyedia layanan kesehatan profesional. 

Pasien disarankan mulai dengan supositoria uretra 125 mcg atau 250 mcg dan menambah atau mengurangi dosis berdasarkan respon klinis. Dosis terendah yang penting untuk mempertahankan ereksi yang cocok untuk hubungan seks dan mencapai detumescence dalam 1 jam adalah optimal.

Efek samping apa yang mungkin timbul dari penggunaan Alprostadil?

Segera dapatkan bantuan medis, jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda. Berhenti menggunakan alprostadil dan hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami:

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Obat ericfil diindikasikan untuk mengatasi masalah seksual pada pria, seperti disfungsi ereksi. Selain itu, obat ini dapat mengatasi hipertensi pulmonal. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Ericfil 100 mg 4s 1
  • Perasaan pusing, seperti Anda mungkin pingsan;    
  • Pendarahan setelah suntikan;
  • Ereksi yang menyakitkan yang berlangsung 4 jam atau lebih lama;
  • Timbul nyeri atau nyeri yang memburuk di penis Anda; atau
  • Kemerahan, bengkak, nyeri tekan, benjolan, bentuk yang tidak biasa atau lengkung pada penis saat ereksi.

Efek samping lain yang lebih sering muncul termasuk:             

  • nyeri ringan pada penis, uretra, atau buah pelir;
  • kemerahan pada penis; atau
  • rasa terbakar di uretra Anda. 
  • pasangan seks Anda mungkin memiliki efek samping seperti rasa terbakar, gatal, atau iritasi pada area tubuh yang bersentuhan dengan penis Anda.

Ini bukan daftar lengkap dari efek samping dan gejala yang lain mungkin terjadi.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk:

  • Obat pengencer darah
  • Obat tekanan darah

Perhatian

Anda tidak boleh menggunakan alprostadil jika Anda menderita beberapa kondisi seperti:

  • anemia sel sabit, 
  • leukemia, 
  • tumor sumsum tulang, 
  • penis melengkung atau cacat
  • fibrosis penis
  • penyakit Peyronie, 
  • implan penis, 
  • radang penis,
  • gangguan pendarahan
  • infeksi penis

Penggunaan obat ini harus disertai dengan resep dokter, karena menggunakan obat ini dapat menyebabkan interaksi dengan kondisi kesehatan Anda yang lain dan dapat beberapa obat-batan juga dapat menyebabkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat ini. 

Oleh karena itu konsultasikan semua masalah kesehatan dan obat yang sedang Anda konsumsi sebelum Anda menggunakan obat ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp