Alli: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Mar 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 646.937 orang

Alli adalah obat yang sering digunakan oleh seseorang yang sedang menurunkan berat badan atau menjaga agar berat badannya tidak naik kembali. Alli memiliki nama generik orlistat. Di dalam tubuh, obat ini menjaga agar lemak yang berasal dari makanan yang kamu makan tidak terserap oleh tubuh. 

Penggunaan obat ini sebaiknya dibarengi dengan diet rendah kalori. Alli hanya boleh digunakan oleh orang dewasa dan dapat digunakan tanpa resep dari dokter. Berbeda dengan orlistat, Xenical juga memiliki fungsi yang sama namun penggunaannya memerlukan resep dan petunjuk dari dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Sekilas tentang Alli

Jika saat ini kamu sedang hamil sebaiknya kamu tidak dalam program menurunkan berat badan. Selain hamil, seseorang dengan alat pencernaan yang sedang bermasalah, pernah melakukan transplantasi organ, menggunakan cyclosporine atau tidak dalam kondisi obesitas sebaiknya tidak dalam proses menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan oleh penurunan berat badan berpotensi membuat janin kekurangan nutrisi, kondisi alat-alat pencernaan semakin buruk atau tubuh kekurangan nutrisi. Hal terpenting dalam program penurunan berat badan adalah pola makan sehat, olahraga dan mengontrol berat badan. 

Penggunaan Alli sebagai pelengkap perawatan. Konsumsi harian karbohidrat, lemak dan protein harus diperhatikan secara seksama. Hindari pola makan tinggi lemak saat menggunakan Alli karena memperbesar resiko efek samping yang kurang menyenangkan pada perut atau usus kamu.

Cara penggunaan Alli

Sebelum menggunakan Alli, sebaiknya kamu konsultasikan dahuku kondisi kamu pada dokter. Hal ini agar penggunaan obat aman, nyaman dan mengurangi resiko efek samping yang kurang menyenangkan. Beberapa kondisi berikut sebaiknya menghindari penggunaan Alli maupun Xenical:

  • Alergi orlistat
  • Sindrom malabsorpsi yaitu ketidakmampuan saluran cerna menyerap nutrisi makanan dengan baik
  • Sedang hamil atau menyusui
  • Menderita batu ginjal
  • Sakit pada saluran kemih
  • Pankreatitis
  • Sakit ginjal dan liver
  • Anoreksia atau bulimia (gangguan pada pola makan seseorang

Tidak dianjurkan menggunakan Alli saat hamil karena menghambat tubuh dalam menyerap nutrisi yang juga dibutuhkan oleh janin. Sama halnya dengan penggunaan obat saat menyusui. Jika kamu sedang menyusui dan perlu menggunakan obat ini, maka ikuti anjuran dokter. 

Obat hanya dapat digunakan pada seseorang dengan umur minimal 18 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pada saat membeli Alli atau menebus obat Xenical, kamu akan menemukan petunjuk penggunaan obat. Baca dengan teliti cara menggunakan obat pada kemasan atau sesuai dengan anjuran dokter. Jika ada hal yang kurang jelas, kamu dapat bertanya pada dokter atau apoteker

Jangan menambah atau mengurangi dosis yang sudah dianjurkan dan jangka waktu penggunaan Alli dan Xenical. Alli sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan orang lain apalagi dengan seseorang yang menderita anoreksia atau bulimia.

Dosis dari obat Alli

Dosis penggunaan Alli biasanya 3 kali per hari. Alli biasanya diminum bersamaan dengan konsumsi makanan dengan lemak tidak lebih dari 30 persen dari total kalori makanan tersebut. 

Batas konsumsi lemak harian yaitu 30 persen dari total kalori harian yang kamu konsumsi. Misalnya dalam satu hari makanan yang kamu konsumsi mengandung 1200 kalori maka batas lemak harian yang dapat kamu konsumsi adalah 360 kalori. 

Selalu baca dan perhatikan dengan teliti petunjuk penyajian yang ada pada kemasan makanan yang kamu konsumsi. Selain itu kamu juga diperbolehkan  minum obat ini maksimal satu jam setelah makan. 

Jika pada makanan yang kamu makan tidak mengandung lemak atau kamu melewatkan makan saat jadwal minum obat, kamu tidak perlu minum obat. Kamu dapat meminta bantuan pada ahli gizi atau dokter untuk menyusun rencana diet yang tepat untuk kamu.

Orlistat sebenarnya menghambat penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Oleh sebab itu kamu perlu mengkonsumsi vitamin dan mineral tambahan untuk kebutuhan harian tubuhmu. 

Konsultasikan dengan dokter tentang vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi bersamaan dengan penggunaan orlistat. Konsumsi vitamin dan mineral saat akan tidur atau minimal 2 jam sebelum dan setelah mengkonsumsi orlistat. 

Simpan botol obat pada suhu ruangan, hindari dari paparan sinar matahari dan suhu lembab. Tutup rapat botol dan buang apabila obat sudah memasuki masa kadaluwarsa.

Efek samping dari penggunaan Alli

Penggunaan Alli dapat menyebabkan efek samping temporer dan akan hilang perlahan. Hal ini disebabkan karena lemak yang terblokir. Hal ini adalah pertanda bahwa obat bekerja dengan baik. Beberapa efek samping tersebut adalah:

  1. Terdapat kandungan lemak pada tinja;
  2. keringat mengandung minyak atau lemak;
  3. Warna tinja kuning kecoklatan;
  4. Sakit perut, muntah dan mencret;
  5. Rasa tidak nyaman pada perut.

Namun jika efek samping berikut terjadi pada kamu, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter:

  1. Sakit perut parah;
  2. Sakit pada punggung bagian bawah;
  3. Kesulitan buang air kecil hingga muncul darah pada urin;
  4. Masalah pada ginjal seperti kaki bengkak, nafas pendek, jarang atau tidak buang air besar sama sekali;
  5. Masalah pada liver seperti mual, hilang nafsu makan, sakit kuning pada kulit dan mata, dan sebagainya.

Penggunaan Alli mungkin akan disalahgunakan sebagai obat penurun berat badan. Selalu waspada dan ingatkan bila menemui seseorang yang menggunakan obat ini secara tidak tepat tanpa resep dan anjuran dari ahli kesehatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp