Admelog : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 408.462 orang

Insulin memiliki peran utama dalam membantu penderita diabetes untuk mengontrol gula darahnya. Namun, memproduksi insulin secara alami dalam tubuh bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dilakukan oleh tubuh kita. Ketika tubuh sudah tidak dapat menghasilkan insulin secara efektif, maka penderita diabetes membutuhkan tambahan insulin yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh. 

Admelog sudah secara klinis terbukti efektif dalam mengatasi masalah insulin yang dibutuhkan oleh para penderita diabetes. Bagaimana cara bekerja admelog? Dan apa yang perlu diperhatikan saat menggunakannya? Berikut penjelasannya!

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Mengenai Admelog

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Suntik

Kandungan:

Obat antidiabetes

Pengertian Admelog

Admelog digunakan dalam dunia medis sebagai insulin buatan. Hal ini diperlukan untuk membantu tubuh mengontrol gula darah terutama pada penderita diabetes. Admelog mengandung insulin lispro yang dapat dimasukan ke dalam tubuh melalui suntikan sesuai anjuran dokter. 

Admelog dianjurkan untuk dikonsumsi minimal 15 menit sebelum penderita diabetes mengonsumsi makanan. Tingkat gula darah yang tinggi akan segera diturunkan oleh admelog yang berperan seolah seperti insulin alami yang diproduksi dalam tubuh. 

Admelog dapat digunakan oleh penderita diabetes tipe 1 dan 2 bahkan aman digunakan oleh anak-anak di atas tiga tahun penderita diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Dosis Admelog

Dosis penggunaan admelog akan bervariasi tergantung dari riwayat kesehatan serta jenis alergi yang dimiliki oleh pasien. Selain itu, pasien yang sedang hamil dan menyusui juga memiliki dosis yang berbeda dengan lainnya. Selalu ikuti petunjuk dokter dan jangan menunda jika terjadi efek samping yang timbul setelah menyuntikan admelog ke dalam tubuh. 

Admelog merupakan insulin buatan yang sangat membantu pasien penderita diabetes dalam mengontrol kadar gula darahnya. Namun tidak jarang terjadi interaksi admelog dengan obat-obatan maupun vitamin yang dikonsumsi bersamaan oleh pasien

Selain itu, pasien harus selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan takaran yang sudah ditentukan oleh dokter. Jangan lupa selalu berkonsultasi jika merasakan gejala efek samping yang ditimbulkan. Salam sehat!

Menggunakan Admelog dengan benar

Jika dokter sudah memberikan resep admelog untuk dapat dikonsumsi maka pasien harus melakukan hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jangan mengurangi atau melebihi dosis yang sudah ditentukan oleh dokter.
  • Penggunaan jarum admelog harus sesuai dengan petunjuk. Pastikan bahwa pasien sudah mengetahui dengan tepat penggunaan dan cara penyuntikannya. Dokter dapat memberikan contoh sebelum pasien melakukannya sendiri di rumah.
  • Mengonsumsi admelog berarti tidak dapat mengonsumsi produk insulin lainnya.
  • Admelog disuntikan kurang lebih 15 menit sebelum makan.
  • Selalu menggunakan jarum yang terbaru dan tidak meminjamkannya pada siapapun. Penggunaan bersama dengan pasien lain memiliki resiko infeksi yang sangat tinggi.

Penyimpanan Admelog

Admelog merupakan obat yang disuntikan ke dalam tubuh sehingga alat-alat seperti jarum suntik dan pen harus memiliki perhatian khusus dalam penyimpanannya. Salah dalam menyimpan dapat berakibat fatal seperti infeksi dalam tubuh. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan penyimpanan alat suntik dan admelog:

  • Selalu baca petunjuk pemakaian. Beberapa tipe admelog menyarankan untuk menyimpan pen yang belum digunakan di dalam suhu kulkas 2-8 derajat. Setelah penggunaan pertama, pen disimpan dalam suhu ruang 30 derajat hingga sampai batas yang ditentukan.
  • Tidak menaruh pen langsung di bawah matahari.
  • Menyimpan pen dalam keadaan tertutup tanpa jarum.
  • Tidak menyimpan pen yang sudah digunakan ke dalam kulkas.
  • Selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa dan tanggal pemakaian pertama.

Efek samping Admelog

Seperti obat pada umumnya, admelog juga memiliki efek samping. Pasien yang mengonsumsi admelog harus selalu waspada jika terjadi reaksi negatif atau tidak wajar. Berikut adalah gejala efek samping yang ditimbulkan oleh penggunaan admelog:

  • Reaksi alergi terhadap insulin yang berupa pembengkakan, ruam dan rasa gatal pada kulit, jantung berdebar.
  • Konstipasi atau sembelit, serta masalah pencernaan lainnya
  • Turunnya gula darah secara drastis yang menyebabkan badan tidak bertenaga.

Perhatian

Sebelum pasien penderita diabetes memutuskan untuk menggunakan admelog, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Admelog tidak direkomendasikan untuk penderita yang memiliki riwayat hypoglycaemia (gula darah rendah).
  • Admelog tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun, dan juga tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi anak-anak dengan diabetes tipe 2.
  • Pasien harus menginformasikan kepada dokter segala macam obat oral yang sedang dikonsumsi. Admelog dapat berinteraksi jika dikonsumsi dengan obat oral yang mengandung piogitazone atau rosiglitazone yang bisa menyebabkan kerusakan hati.
  • Jika pasien sedang hamil atau menyusui akan mungkin memiliki dosis yang berbeda. Selalu ikuti saran dari dokter untuk takaran yang dikonsumsi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp