Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Adenosine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 14, 2019 Tinjau pada DEC 14, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 2.111.825 orang

Mungkin sebelumnya Anda pernah mendengar penyakit takikardi supraventrikular. Perlu Anda ketahui, Takikardi supraventrikular (SVT) merupakan satu jenis takidisritmia yang ditandai dengan perubahan laju jantung yang mendadak bertambah cepat menjadi berkisar antara 150 kali/menit sampai 250 kali/menit. Detak jantung yang cepat (takikardia, atau detak jantung di atas 100 denyut per menit) disebabkan oleh impuls listrik yang berasal di atas ventrikel jantung.

Terdapat beberapa cara pengobatan untuk mengatasi takikardia supraventrikular seperti Adenosin, digoksin dan lain-lain. Namun pada artikel ini akan membahas mengenai penggunaan obat Adenosin. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Adenosin. Selamat membaca. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Adenosin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:


Kandungan:

Obat antiaritmia

Apa sih kegunaan dari Adenosin?

Obat Adenosin adalah anti-arrhythmic yang bekerja dengan cara memperlambat konduksi elektrik dalam jantung, memperlambat detak jantung, dan menormalkan irama jantung. Efeknya obat ini sangat cepat dan berlangsung sangat singkat dengan konsekuensi pada hemodinamik sangat minimal.

Oleh karena itu Adenosin merupakan obat pilihan dan sebagai lini pertama dalam terapi TSV karena dapat menghilangkan hampir semua TSV. Efektivitasnya dilaporkan pada sekitar 90% kasus. Adenosin diberikan secara bolus intravena diikuti dengan flush saline.

Berapa penggunaan dosis Adenosin?

Pemberian dosis obat ini dengan injeksi intravena cepat ke dalam vena sentral atau vena perifer yang besar, berikut dosis yang biasa digunakan:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  •  6 mg dengan kecepatan bolus IV diberikan selama1-2 menit, kemudian 12 mg (jika dosis pertama tidak efektif dalam 1-2 menit) selama1-2 menit lagi. Penambahan dosis jangan dilakukan bila terjadi blok AV derajat 2 atau lebih. 
  • Dosis yang efektif pada anak yaitu 100 – 150 µg/kg. 

Pada sebagian pasien diberikan digitalisasi untuk mencegah takikardi berulang.

Apa saja efek samping dari Adenosin?

Sama seperti halnya pada penggunaan obat-obatan lainnya yang memiliki efek samping, obat Adenosin pun memiliki beberapa efek samping. Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dalam penggunaan obat Adenosin:

  • Sakit kepala
  • Kemerahan pada wajah
  • Berkeringat
  • Palpitasi
  • Hipotensi
  • Sesak napas
  • Nyeri dada
  • Mual

Jika terdapat tanda dan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau gejala yang menetap dan berlangsung lama hingga mengganggu aktivitas Anda, maka segera datangi ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Perhatian dan peringatan penggunaan Adenosin

  • Jangan menggunakan obat Adenosin bila sudah mengandung partikel seperti berkabut atau warnanya sudah berubah. Segera datangi dokter atau apoteker untuk obat baru.
  • Jaga produk ini, begitu juga suntikan dan jarumnya dari anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan menggunakan ulang jarum dan suntikan. Juga perhatikan cara membuangnya.
  • Obat Adenosin merupakan obat yang harus diberikan berdasarkan resep dari dokter. Oleh karena itu gunakan obat ini sesuai petunjuk dan saran dari dokter.
  • Jauhi penggunaan obat ini dari pasien dengan penyakit bronchoconstrictive hati.
  • Perlu dilakukan evaluasi penggunaan obat ini pada pasien anak-anak dan pasien lanjut usia.
  • Hindari makanan dan minuman dengan kafein.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki serangan jantung, transplantasi jantung, fibrilasi atrium, volume darah yang rendah, arteri karotis, masalah tekanan darah, buang air kecil, dan buang air besar.
  • Penting untuk melakukan monitor tekanan darah dan EKG pada penggunaan obat ini. Obat ini Berkontra-indikasi pada pasien dengan sumbatan jantung parah dan sindrom sinus,atrial flutter, A-fib dan VT.
  • Jika Anda melewati sebuah dosis, konsumsilah sesegera mungkin saat Anda mengetahui. Jika waktunya dekat dengan dosis Anda berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan dengan jadwal dosis Anda.
  • Jangan mengambil ekstra dosis untuk memperbaiki dosis yang terlewat. Jika Anda secara teratur terlewat dosisnya, pertimbangkan untuk mengeset alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda. Jangan mengonsumsi lebih dari dosis resep yang dianjurkan oleh dokter. Mengonsumsi lebih banyak obat tidak akan memperbaiki gejala Anda, malah hanya dapat menyebabkan keracunan atau efek samping serius.
  • Bila setelah menggunaan obat ini tidak terdapat perbaikan pada kondisi Anda atau terjadi perburukan, segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini