Adapalene : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 666.076 orang

Adapalene merupakan suatu jenis obat yang digunakan untuk mengobati jerawat di wajah. Adapalene sendiri merupakan salah satu golongan obat jenis retinoid. Manfaat dari obat ini adalah untuk mempercepat penyembuhan jerawat serta mengurangi dampak bekas jerawat saat pemulihan. Obat ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan komedo.

Adapelene merupakan jenis obat dalam pengobatan penyakit kulit. Obat ini pertama kali dibuat pada tahun 1996 dan didistribusikan melalui generik atau paten sesuai perusahaan obat terkait. Obat ini memiliki kandungan retinoid topikal yang dapat membantu menyembuhkan jerawat ringan hingga berat. Hingga saat ini diproduksi, obat adapelene memiliki beberapa jenis antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Jenis krim
    Obat adapalene jenis krim bermanfaat pada orang dengan kulit atau wajah yang bersifat kering. Obat jenis krim sangat mudah di meresap ke pori-pori.
  • Jenis losion
    Obat adapelene jenis losion dapat diberikan bagi semua tipe kulit dan dapat diberikan pada daerah yang berambut. Efek samping yang dapat muncul pada penggunaan obat jenis losion adalah rasa terbakar hngga iritasi.
  •  Jenis gel
    Obat adapalene jenis gel sangat bermanfaat bagi orang dengan kulit yang berminyak. Tetapi sangat rentan pada efek samping seperti gatal pada kulit dan rasa terbakar.

Manfaat Adapalene

Adapalene merupakan obat yang terpilih untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit di sekitar wajah antara lain:

  • Jerawat
    Jerawat atau akne vulgaris merupakan infeksi yang terjadi pada pori-pori wajah yang semakin berkembang dan menimbulkan pembengkakan. Tumbuhnya jerawat juga berkaitan pada perubahan hormon seseorang terutama di masa remaja.
    Pengaruh makanan seperti kacang-kacangan, cokelat, dan makanan berminyak juga mempengaruhi munculnya jerawat. Munculnya jerawat dapat dikategorikan mulai dari jenis ringan, sedang, dan berat bergantung pada jumlah di beratnya jerawat yang muncul.
  • Komedo
    Komedo sering kita temukan di permukaan kulit sekitar hidung, berwarna hitam dan mudah sekali keluar saat ditekan.  Komedo merupakan jenis jerawat ringan yang juga dapat muncul di dada dan leher. Komedo juga disebut sebagai jerawat tipe blackheads, Kelenjar minyak yang menumpuk menutup pori-pori sehingga menimbulkan komedo.

Dosis Obat Adapalene

Obat adapalene tersedia dalam kemasan sebesar 3 miligram bentuk gel, krim, hingga losion. Obat krim topikal dan bentuk gel memiliki dosis masing-masing 0,1% dan 0,3%  yang dioleskan di permukaan kulit sebelum tidur pada orang dewasa. Pada anak-anak di bawah usia 18 tahun diberikan sebanyak 1 kali pada area berjerawat. 

Efek Samping dan perhatian khusus pada Obat Adapalene

Obat adapelene memiliki beberapa efek samping hingga kontraindikasi yang dalam segi kesehatan. Beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan obat adapalene antara lain:

  • Tidak boleh diberikan pada Ibu hamil
    Obat Adapalene tidak boleh diberikan pada ibu hamil dan menyusui karena merupakan obat kategori C yang berarti mungkin dapat beresiko menimbulkan efek samping.
  • Tidak cocok diberikan pada anak-anak
    Hingga saat ini belum ada tingkat keamanan yang signifikan pada penggunaan obat adapalene bagi anak usia dibawah 12 tahun atau sebelum pubertas.
  • Kulit menjadi perih
    Pemakaian adapalene yang terlalu lama dapat beresiko menyebabkan rasa perih atau terbakar  pada lokasi kulit yang dioles obat. Efek samping ini muncul selama 2 minggu pertama pemakaian obat.
  • Menyebabkan kulit kering
    Perhatian khusus pada seseorang yang memiliki kulit wajah yang kering karena dapat beresiko menyebabkan kulit yang semakin kering hingga pecah-pecah.
  • Riwayat eksim
    Pemberian obat adapalene pada penderita eksim atau dermatitis dapat beresiko meningkatkan gejala yang terkait.

  • Interaksi dengan obat lain
    Beberapa jenis obat yang menimbulkan interaksi selama penggunaan adapalene seperti clindamycin dapat meningkatkan efek samping.
  • Overdosis obat
    Tanda anda telah mengalami overdosis obat adalah bentuk kulit yang berubah warna serta kulit yang semakin perih di lokasi pengolesan obat. Segera

Cara menyimpan Obat Adapalene

Untuk menjaga obat agar tetap dapat digunakan, simpan obat pada suhu ruangan sekitar 25 derajat selsius dan jangan disimpan di bawah sinar matahari. Jangan simpan di tempat lembab seperti di kamar mandi karena dapat merusak botol kemasan.  Selalu periksa tanggal kadaluarsa sebelum menggunakan obat. 


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp