Ackee : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 9, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 714.953 orang

Buah dengan nama latin (blighia sapida) ini mungkin jarang Anda dengar. Tanaman ini dapat anda temukan secara alamiah pada daerah Afrika Barat dan kepulauan Karibia.

Amerika sudah lama melarang pengimporan buah ini atas dasar rasa waspada. Kewaspadaan ini timbul karena Ackee dapat menjadi sangat berancun ketika dikonsumsi dalam keadaan belum matang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Meskipun begitu orang-orang yang hidup di Jamaica tetap menjadikan Ackee sebagai makanan pokok mereka. Tidak hanya itu, Ackee juga ditetapkan sebagai buah nasional orang-orang Jamaica.

Biji yang sudah dikeringkan, buah, dahan, dan daunnya biasa digunakan sebagai metode pengobatan alternatif.

Manfaat pengkonsumsian Ackee

Sekalipun Ackee dikenal sebagai tanaman yang dapat mengancam karena sifatnya yang dapat menjadi racun. Masih ada beberapa manfaat yang dapat Anda raih ketika mengkonsumsi Ackee sesuai dengan petunjuk yang ada.

Beberapa manfaat yang dapat anda peroleh melalui pengkonsumsian Ackee ialah :

  1. Mengobati Masuk Angin
  2. Mengobati Demam
  3. Meringankan Conjunctivitis
  4. Meringankan Disentri
  5. Meringankan Epilepsi
  6. Meringankan sakit kepala
  7. Meringankan Edema

Namun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seberapa efektif Ackee sebagai suplemen penyembuh penyakit yang ada diatas.

Dosis penggunaan Ackee

Untuk dosis penggunaan belum ada penelitian lebih lanjut yang dapat menjadi pentunjuk akan seberapa banyak Ackee yang boleh anda konsumsi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Namun beri perhatian khusus dan pastikan untuk hanya mengkonsumsi buah yang sudah matang. Karena buah yang belum matang dapat meracuni anda.

Bagian paling beracun dari buah ini ditemukan di biji buah Ackee. Dengan kandungan cyclopropyl amino acid hypoglycin dan metabolite methylenecyclopropylacetic acid yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh Anda.

Tata cara penggunaan Ackee

Anda dapat mengkonsumsi buah dari tanaman ini ketika sudah matang pohon. Buah yang sudah matang akan berwarna merah dan otomatis membuka kulitnya secara natural.

Arilli merupakan nama dari bagian yang dapat anda makan dari buah ini. Bagian tersebut merupakan daging yang memiliki warna kuning, dengan fungsi menutupi biji berwarna hitam yang beracun.

Bagian ini dapat Anda makan setelah dibersihkan, dicuci, dan direbus selama 5 menit.

Daun dan dahan dari Ackee juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuat teh herbal. Pembuatan teh dari bahan Ackee juga dipercaya dapat memberikan efek positif bagi Anda yang mengalami gangguan Asma.

Efek samping dari pengkonsumsian Ackee

Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi Ackee dalam keadaan mentah dan belum matang. Ackee dalam keadaan belum matang mengandung racun Hypoglicin A dan B. Racun ini dapat menurunkan gula darah secara drastis dan menyebabkan Hypoglycemia.

Gejala-gejala akan mulai timbuh dalamm rentang waktu 6 sampai 48 jam setelah pengkonsumsian bagian dari buah yang tidak matang.

Diawali dengan muntah-muntah, kejang, dan akhirnya koma.

Perhatian dan peringatan

Secara umum, anda hanya harus memperhatikan bagian-bagian mana saja dari Ackee yang dapat Anda konsumsi dan selalu menghidari pengkonsumsian buah yang tidak matang.

Dikarenakan sifat beracun yang dapat menyembabkan Anda muntah-muntah, bahkan kejang hingga koma.

Ackee yang dipergunakan sesuai dengan tata caranya dipercaya dapat menjadi manfaat bagi Anda.

Hindari penggunaan pengkonsumsian produk Ackee kepada anak, ibu hamil, dan juga ibu yang sedang dalam tahap menyusui buah hatinya. Karena belum ada bukti penelitian lebih lanjut tentang efeknya terhadap mereka. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp