HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

8 Manfaat Tersembunyi dari Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Feb 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
8 Manfaat Tersembunyi dari Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang menyegarkan, air lemon ternyata menyimpan banyak khasiat. Selain mengandung unsur bergizi, seperti vitamin C, vitamin B, fosfor potassium dan zat besi, lemon ternyata juga mengandung flavonoid, yang memiliki fungsi sebagai anti-oksidan dan anti-kanker.

Kandungan vitamin C dalam buah lemon melebihi kandungan dalam jeruk nipis, yakni dapat memenuhi 88% kebutuhan harian. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh, baik secara kesehatan maupun kecantikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Berikut beberapa manfaat kesehatan buah lemon:

1. Melawan radikal bebas

Dengan mengonsumsi lemon secara rutin, maka akan memberikan unsur Vitamin C dan zat antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas.

Perasan lemon juga dapat menjadi obati anti penuaan dan mampu menghilangkan keriput serta menyembuhkan masalah kulit yang dapat dijadikan sebagi obat antiseptik alami.

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Sari lemon dapat membantu menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan gangguan pencernaan seperti konstipasi perut dan sembelit. Selain itu, lemon berfungsi sebagai agen pencuci, pembersih darah dan membantu melancarkan pencernaan. Caranya mudah, hanya dengan meneteskan lemon ke dalam makanan atau dapat diminum langsung .

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Risiko Jantung

Kandungan kalium dalam lemon sangat baik untuk dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung. Kalium dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, mual, serta dapat mengurangi rasa stres dan depresi.

Asupan serat pada lemon juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mampu mencegah oksidasi kolesterol LDL. Kandungan senyawa fitokimia seperti antioksidan hesperidin dan diosmin dapat membantu menguatkan pembuluh darah dan mengurangi inflamasi yang terjadi pada pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

4. Mencegah Pembentukan Batu Ginjal

Beberapa studi menunjukkan bahwa asam sitrat pada jus lemon efektif untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Diduga karena asam sitrat dapat mengencerkan urin dan meningkatkan jumlah urin yang keluar. 

5. Detoksifikasi Racun

Seiring dengan banyaknya makanan junk food atau siap saji, makanan yang kita konsumsi banyak mengandung zat tidak baik. Zat-zat tersebut tidak baik untuk kesehatan. 

Dengan mengonsumsi jus lemon, maka dapay membantu menghilangkan zat racun tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh bersamaan dengan sisa metabolisme lain.

6. Mengatasi masalah gigi dan gusi

Lemon juga sering digunakan dalam perawatan gigi. Lemon dapat membantu menghilangkan rasa sakit jika dioleskan pada gigi. Selain itu, lemon dapat menghentikan pendarahan pada gusi dan menghilangkan bau busuk yang berasal dari berbagai penyakit dan penyakit gusi.

7. Masker lemon mencerahkan kulit

Ternyata lemon dapat dijadikan sebagai masker wajar. Sari jeruk lemon  dapat dicampur dengan madu, kemudian dapat dijadikan masker untuk wajah. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

8. Mengatasi flu, demam, dan infeksi tenggorokan

Lemon pun sering digunakan untuk mengatasi infeksi tenggorokan karena senyawa antibakteri yang dimilikinya. Sari lemon baik diminum untuk mengatasi flu, demam, dan pilek

Lemon juga dapat menurunkan demam dengan meningkatkan perspirasi. Vitamin C-nya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat-manfaatnya secara maksimal. Meski lemon kaya akan manfaat, akan tetapi Anda juga perlu memerhatikan pemakaiannya karena dapat menimbulkan iritasipada tubuh dan kulit.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lemons: Benefits, nutrition, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/283476.php)
6 Evidence-Based Health Benefits of Lemons. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/6-lemon-health-benefits)
Lemon: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-545/lemon)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
3 Resep Ikan Bakar Enak dan Sehat
3 Resep Ikan Bakar Enak dan Sehat

Untuk hal satu ini Anda hanya perlu memperhatikan cara memasak ikan bakar yang sehat dan nikmat. Untuk itu mari simak beberapa resep ikan bakar nikmat dan lezat juga menyehatkan berikut ini.

Buka di app