6 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
6 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah jambu biji sudah tidak asing lagi tentunya. Tak jarang Anda membawa buah jambu biji atau dalam bentuk jus jambu biji saat akan menjenguk teman atau saudara Anda yang sedang terkena sakit demam berdarah. Banyak orang yang mengklaim bahwa jambu biji bisa menangani sakit demam berdarah. Namun, masih banyak manfaat jambu biji lainnya.

Begitu banyak manfaat yang ada di jambu biji karena kandungannya yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral. Kandungan dalam jambu biji yaitu vitamin C, A, K, likopen, zat besi, serat dan masih banyak kandungan lainnya. Berikut ini beberapa manfaat dari jambu biji yang bisa anda rasakan:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Membantu menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi jambu biji dengan cukup ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Para ahli percaya bahwa kandungan jambu biji yang kaya akan antioksidan dan vitamin dapat melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Antioksidan memang berfungsi untuk melawan paparan radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan kalium dan serat yang tinggi juga terdapat dalam jambu biji yang juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.  

Kalium yang dibutuhkan cairan tubuh berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Sedangkan, serat dapat menurunkan kadar kolesterol yang berbahaya kesehatan jantung.

Sebagai Antikanker

Kandungan likopen yang cukup tinggi dalam jambu biji mempunyai sifat sebagai antioksidan, sehingga dapat berfungsi sebagai antikanker. Kandungan antioksidan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan sel akibat dari paparan radikal bebas. 

Beberapa penelitian telah banyak dilakukan untuk menunjukkan aktivitas antioksidan dalam membunuh sel kanker. Seperti penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 silam oleh Journal of Medicinal Food menyimpulkan bahwa ekstrak dari daun jambu biji dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker dan juga bisa digunakan mengobati kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, bahkan kandungan vitamin C lebih besar dari jeruk. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang rendah dapat membuat seseorang lebih berisiko terkena infeksi dan penyakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Menurunkan kadar gula darah

Kabar baik bagi Anda yang mempunyai kadar gula darah tinggi, jambu biji ternyata dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa dengan minum teh daun jambu biji setelah makan secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh selama 2 jam. 

Penelitian lain yang dilakukan dengan melibatkan orang yang mengidap diabetes mellitus tipe 2 menunjukkan teh daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah hingga lebih dari 10%.

Melancarkan pencernaan

Selain memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi, jambu biji juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat dalam jambu biji dapat melancarkan sistem pencernaan Anda.  

Diperkirakan satu buah jambu biji mengandung 12% dari saran asupan serat per hari. Oleh karena itu, mengkonsumsi jambu biji dapat mencegah sembelit, mengurangi durasi terjadinya diare, dan menjaga kesehatan usus.

Meningkatkan kesehatan kulit Anda

Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin A dan flavonoid.  Kandungan ini mempunyai sifat antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan dapat meningkatkan proteksi pada sel-sel kulit dari kerusakan, selain itu juga dapat memperlambat penuaan dini dan mencegah terjadinya kulit keriput.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What are the health benefits of Guava?. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/post/What_are_the_health_benefits_of_Guava)
Health benefits of guava: How to use it, nutrition, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324758)
Guava: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1133/guava)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app