HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

5 Ramuan Alami Mengatasi Kulit Kering

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Ramuan Alami Mengatasi Kulit Kering

Memiliki wajah dengan jenis kulit kering terkadang menjadi masalah yang sangat mengganggu penampilan Anda. Pasalnya, kulit kering membuat wajah terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, banyak produk dalam bentuk krim dan pelembap yang ditawarkan untuk mengatasi kulit kering. 

Akan tetapi, produk-produk untuk kasus kulit kering biasanya dijual dengan harga yang mahal dan tidak semua orang cocok dengan kandungan bahan kimia yang terdapat dalam produk tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk menghemat biaya, serta menghindari kerusakan atau masalah lain yang akan ditimbulkan oleh bahan kimia, Anda bisa beralih ke pengobatan alami untuk mengatasi kulit kering. 

Selain terjangkau di kantung Anda, bahan-bahan alami ini sudah terbukti lebih baik dalam memberikan nutrisi dan melembapkan kulit kering agar menjadi lebih sehat. Apa saja bahan-bahannya? Berikut 5 ramuan alami yang bisa Anda racik sendiri untuk merawat dan mengatasi kulit kering. 

Minyak Zaitun (olive oil)

Tidak hanya berguna untuk membuat rambut tampak sehat dan berkilau, minyak zaitun atau olive oil juga mampu mengatasi kulit kering yang Anda alami. Memiliki kandungan antioksidan yang melimpah dan asam lemak membuat olive oil sangat bermanfaat bagi kulit Anda. 

Minyak yang juga dapat memberikan efek tenang ini mampu mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda. 

Lalu, bagaimana cara menggunakannya? 

Penggunaan olive oil sangatlah mudah. Pada wajah, Anda bisa langsung mengoleskan minyak ini pada kulit ywajah sebelum memakai pelembap yang biasa Anda gunakan. Sedangkan pada bagian tubuh yang mengalami kulit kering, gunakanlah minyak zaitun sekitar setengah jam sebelum mandi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oleskan minyak ini di tangan dan kaki Anda, juga daerah kulit kering lainnya, kemudian pijat secara perlahan. Setelah itu, mandi dan gunakan lagi body lotion dengan bahan yang ringan di kulit. 

Susu 

Susu ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak hanya berdampak bagi pertumbuhan, tetapi juga bagi kesehatan kulit. Susu dapat membantu mengatasi kulit kering karena memiliki kandungan anti peradangan dan dapat memberikan rasa menenangkan pada kulit Anda. 

Selain itu, asam laktat yang terkandung dalam susu juga berperan untuk meremajakan sel kulit mati dan membuat kemampuan kulit untuk melembapkan meningkat. Kulit cerah pun bisa Anda dapatkan dengan penggunaan susu ini. 

Setelah mengetahui manfaat susu, Anda bisa mulai mengaplikasikan susu ke kulit dengan cara mencelupkan kain lap bersih di susu dingin, kemudian diusapkan pada kulit kering selama 5 sampai 7 menit. 

Setelah itu, bersihkan susu pada kulit menggunakan lap baru yang sudah dicelupkan ke air hangat dengan perlahan. Lakukanlah cara ini setiap hari agar kulit Anda selalu lembap secara alami. 

Alternatif lain yang bisa lakukan adalah dengan menambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke dalam 4 sendok makan susu. Kemudian balurkan ramuan tersebut ke seluruh tubuh Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah ramuan kering, bilaslah tubuh Anda dengan air dingin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Minyak kelapa 

Sama seperti minyak zaitun, minyak kelapa memiliki beragam manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah mengatasi kulit kering. Kandungan asam lemak yang dimiliki minyak ini dapat melembapkan kulit secara alami. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa? Cara melembapkan kulit dengan kulit kelapa sangat mudah. Cukup balurkan minyak kelapa murni ke area tubuh yang kering sebelum tidur. 

Kemudian cucilah bagian tubuh yang dibaluri minyak ketika Anda bangun pada esok harinya. Dengan melakukan perawatan ini setiap hari, kulit Anda akan menjadi halus dan lembut. 

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menggunakan minyak kelapa pada kulit kering setelah mandi. Kulit yang masih hangat dan kenyal setelah mandi memudahkan minyak kelapa diserap dengan baik. 

Madu 

Bahan alami yang satu ini menjadi favorit setiap orang. Tidak hanya membawa rasa manis ketika dikonsumsi, madu juga ternyata mampu menjadi pelembap alami bagi kulit kering. 

Kandungan antioksidan dan anti mikroba dalam madu membantu menjaga kelembapan pada kulit sehingga kulit terlihat lebih halus dan lembut. Tidak hanya itu, madu juga dapat meningkatkan kesehatan kulit karena memiliki banyak vitamin dan mineral. 

Untuk mengatasi kulit kering, cukup oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah sebelum mandi dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lembap dan sehat. 

Lidah buaya 

Kandungan antiseptik, antifungal dan rasa sejuk yang ada dalam tanaman lidah buaya membantu Anda mengatasi kulit kering. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat menyembukan kulit yang gatal akibat iritasi dan mencegah kulit pecah-pecah. 

Yang perlu Anda lakukan ketika memilih lidah buaya sebagai ramuan alami untuk mengatasi kulit kering adalah sebagai berikut: 

  • Ambil gel setelah memotong dan membelah lidah buaya
  • Oleskan gel pada kulit kering, kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit 
  • Bilas dengan air hangat dan terus lakukan perawatan ini 2 kali sehari

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app