5 Kebiasaan Ini Hindarkan Anda dari Kulit Kering yang Bikin Gatal

Dipublish tanggal: Jul 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Kebiasaan Ini Hindarkan Anda dari Kulit Kering yang Bikin Gatal

Tipikal kulit kering umumnya membuat permukaan kulit tampak tak bercahaya, apalagi kalau disertai rasa gatal. Tentu saja, kondisi kulit yang seperti ini membuat Anda jadi tak percaya diri sekaligus merasa tidak nyaman karena terganggu denganrasa gatalnya. Selain karena faktor paparan sinar matahari, bisa jadi Anda juga telah melakukan berbagai kebiasaan yang diam-diam menyebabkan kulit kering. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kulit kering dan gatal? Berikut informasi selengkapnya.

Cara mengatasi kulit kering dan gatal hingga tuntas

1. Pakai pelembab kulit setiap hari

Salah satu ‘senjata’ yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kulit kering dan gatal adalah pelembab. Memakai pelembap setiap hari dapat membantu mengunci cadangan air di permukaan kulit agar tidak cepat menguap. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Anda bisa memilih pelembab berupa lotion, krim, atau petroleum jelly. Pilih salah satu yang paling terasa nyaman di kulit Anda. Yang terpenting adalah gunakan pelembap secara rutin setelah mandi atau mencuci tangan, saat tangan Anda masih terasa lembab. 

Saat memilih pelembap untuk kulit kering, sebaiknya hindari yang mengandung pewangi, pewarna, atau bahan yang memicu alergi. Jangan sampai nanti kulit kering Anda teratasi, namun yang muncul kemudian adalah gejala alergi.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Musim Kemarau

2. Hindari mandi terlalu lama

Sebagian orang terbiasa menghabiskan banyak waktu saat mandi. Mandi seperti ritual tersendiri, yang tak lengkap rasanya jika diselesaikan dengan tergesa-gesa. 

Bila Anda termasuk orang yang suka berlama-lama mandi dan memiliki kondisi kulit kering serta gatal, maka bisa jadi itulah penyebab kulit kering yang Anda alami. Bukannya melembapkan kulit, mandi terlalu lama justru dapat mengikis minyak alami yang diproduksi kulit, sehingga kulit malah jadi mengering.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai kurangi durasi mandi Anda setiap hari. Cukup luangkan waktu Anda untuk mandi selama 10-15 menit setiap hari supaya kulit tidak terlalu kering. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Mandi 1 kali sehari dirasa cukup untuk pemilik kulit kering. Namun, jika Anda tinggal di daerah yang lumayan panas, mandi 2 kali masih bisa ditolerir agar Anda juga tak merasa gerah. 

Setelah selesai mandi, keringkan permukaan kulit Anda dengan lembut, lalu segera oleskan pelembab. Hal ini dapat membantu menjaga kelembapan sekaligus mengatasi kulit kering dan gatal.

3. Gunakan sabun mandi yang cocok untuk kulit kering

Pemilik kulit kering tidak boleh sembarang memilih sabun mandi. Ada baiknya, pilihlah sabun yang tak mengandung pewangi atau pewarna buatan.

Pemakaian sabun yang sudah mengandung banyak zat kimia dapat mengikis permukaan kulit Anda. Alih-alih melembapkan, lapisan kulit Anda malah jadi semakin tipis dan kering. 

Pilihlah jenis sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami yang cocok untuk mengatasi kulit kering dan gatal. Salah satunya dengan sabun yang terbuat dari susu kambing.

4. Gunakan minyak kelapa

Bila Anda ingin terbebas dari masalah kulit kering dan gatal, Anda dapat mengonsumsi minyak kelapa. Pasalnya, jenis minyak ini mengandung asam lemak yang dapat melindungi dari kerusakan, bahkan sekaligu smenjaga kelembapan kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Selain dikonsumsi, Anda juga dapat mengoleskan langsung minyak kelapa pada permukaan kulit yang bermasalah. Pemakaian rutin akan membuat kulit jadi lembap dan lembut.

Baca Selengkapnya: Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Kulit

5. Gunakan sarung tangan saat mengerjakan pekerjaan rumah

Telapak tangan merupakan bagian yang kerap kali terasa kering. Hal ini disebabkan karena tangan merupakan bagian yang paling sering kontak dengan penyebab iritasi, misalnya seperti detergen dan sabun. 

Untuk mengatasi kulit kering dan gatal di bagian tangan, pastikan untuk selalu menggunakan sarung tangan khusus saat mengerjakan pekerjaan rumah. Terutama saat mencuci piring atau baju yang rentan kontak langsung dengan zat kimia dari sabun atau detergen.

Dengan melakukan berbagai kebiasaan tersebut sehari-hari, maka Anda bisa segera terbebas dari masalah kulit kering dan gatal. Jangan lupa seimbangkan dengan menjaga asupan makanan karena apa pun yang Anda makan juga turut memengaruhi kualitas kulit. Jika merasa tak ada perubahan pada kulit kering Anda, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab utamanya. 

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dry Skin Causes, Treatment, Remedies & How to Get Rid of It. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/dry_skin/article.htm)
Dry Skin Care: 6 Tips to Relieve Dry Skin Fast. WebMD. (https://www.webmd.com/beauty/features/6-tips-relive-dry-skin-fast#1)
10 Natural Dry-Skin Remedies to DIY. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app