HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

5 Makanan Dan Minuman Wajib Untuk Orang Yang Berkulit Kering

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Makanan Dan Minuman Wajib Untuk Orang Yang Berkulit Kering

Orang-orang yang tinggal negara tropis dan berkembang seperti di Indonesia tentunya akan mengalami beberapa masalah kulit yang biasa dialami oleh mereka yang tinggal di daerah tropis. Selain jerawat, permasalahan yang sering muncul adalah kulit kering, bersisik, dan keriput. 

Tingginya polusi udara dan cuaca yang sering berubah-ubah menjadi beberapa faktor penyebab munculnya maslaah pada kulit. Jika dibiarkan, maka kulit akan mengalami proses penuaan dini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mencegahnya, pelembab tentunya menjadi tameng untuk mencegah kulit kering. Anda juga perlu menghindari tempat-tempat yang memiliki tingkat polusi tinggi atau tempat yang terlalu dingin.

5 makanan dan minuman untuk Anda yang berkulit kering

Anda yang sudah terlanjur memiliki kulit kering dapat mengembalikan kesegaran kulit Anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini, Anda dapat memiliki kembali kulit yang sehat, cerah, dan kenyal.

Air putih

Tidak bisa dipungkiri bahwa air memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, maka sistem tubuh akan terganggu. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang memerlukan asupan air yang cukup. Air merupakan kunci utama untuk menghindari kulit kering. 

Anda yang terbiasa minum air putih dengan porsi yang tepat akan terhindar dari kulit kering. Hal ini dikarenakan air putih membantu meregenerasi sel-sel kulit yang telah mati dan mengunci kelembapan tubuh agar tak hilang sehingga bisa menyebabkan kulit kering. 

Dokter menyarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menjaga keseimbangan asupan cairan tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki kandungan air cukup banyak seperti melon, apel, jeruk, semangka, dan timun.

Makanan yang mengandung Omega 3

Selain air, Anda dapat mengembalikan kesegaran kulit dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Lemak tak jenuh dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelembapan tubuh serta membantu proses perbaikan sel-sel kulit yang rusak. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jika seseorang kekurangan kandungan omega 3 dalam tubuhnya, maka kulit akan semakin kering dan bisa berujung kepada eksim. Anda bisa mendapatkan kulit yang kencang dan kenyal dengan mengkonsumsi omega 3 yang cukup. Selain itu, omega 3 juga dapat membantu mengurangi kerutan di wajah. Beberapa sumber omega 3 yang tinggi adalah salmon, tuna, alpukat, dan kacang walnut.

Makanan yang mengandung zinc

Jika Anda sudah terkena maslah kulit kering dan pecah-pecah, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, atau daging lemak ke dalam daftar menu Anda. 

Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc sendiri berfungsi sebagai zat yang dapat membantu proses regenerasi kulit dan menguatkan kulit agar tak mudah rusak di kemudian hari. 

Makanan yang mengandung vitamin A

Daftar makanan berikutnya untuk Anda yang ingin mengembalikan kelembapan kulit adalah makanan yang mengandung banyak vitamin A. Vitamin A ternyata tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. 

Kandungan vitamin A dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak serta mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit pecah-pecah. Anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A secara teratur. 

Vitamin A banyak terkandung dalam makanan seperti sayuran yang memiliki daun berwarna hijau gelap, wortel, ubi, dan labu. Tapi Anda juga sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin A dengan bijak, karena sesuatu yang berlebihan tentunya juga akan berakibat kurang baik bagi tubuh. 

Makanan yang mengandung vitamin E

Siapapun tentunya menginginkan kulit yang sehat bercahaya dan kenyal. Mulai sekarang Anda bisa memasukkan makanan yang mengandung vitamin E yang tinggi ke dalam daftar menu Anda. Vitamin E terbukti memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan kulit terutama untuk proses peremajaan kulit. 

Vitamin E dapat berfungsi sebagai pelindung UV alami bagi kulit dan mengembalikan kelembapan alami kulit. Anda dapat menemukan kandungan vitamin E di alpukat, gandum, brokoli, kacang dan biji-bijian, serta sayuran berdaun gelap.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app