5 Cara Mengatasi Flek Hitam di Kulit Anda

Dipublish tanggal: Agu 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Cara Mengatasi Flek Hitam di Kulit Anda

Apakah Anda memiliki flek hitam di wajah maupun area kulit tubuh lainnya ? Apakah flek hitam itu ? Flek hitam yang muncul di wajah atau area kulit Anda juga disebut sebagai age spots atau liver spots. Flek hitam sendiri merupakan bercak datar yang berwarna coklat atau bahkan hitam yang biasanya muncul di area kulit sekitar wajah, tangan, serta kulit lengan

Mengapa flek hitam bisa muncul ? Ini muncul sebenarnya karena terjadinya proses penuaan pada kulit atau juga bisa karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Misalnya karena Anda sering beraktivitas di luar ruangan cukup lama atau bahkan berhari-hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Kebanyakan orang tidak terlalu memperdulikan munculnya flek hitam ini karena tidak mengganggu. Akan tetapi, bagi sebagian orang lainnya apalagi kaum hawa, biasanya menjadi tidak percaya diri dengan adanya flek hitam di kulit mereka. Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai bagaimana cara untuk menghilangkan flek hitam di kulit Anda.

Cara menghilangkan flek hitam di kulit

Menggunakan krim pemutih

Ini adalah cara yang cukup mudah dilakukan untuk menghilangkan flek hitam di kulit Anda. Namun, sebaiknya gunakan krim pemutih atau lotion pemudar sesuai dengan aturan pakainya agar tidak berlebihan. Produk pemutih yang disarankan adalah produk dengan kandungan seperti hydroquinone, glycolic acid/kojic acid. 

Kandungan kimia tersebut berfungsi  untuk mencerahkan warna kulit Anda dan tetap aman untuk digunakan asal sesuai aturan pakainya. Akan tetapi, untuk melihat hasil yang optimal, Anda akan memerlukan waktu beberapa bulan lamanya jika menggunakan krim pemutih. Untuk itu, bersabarlah.

Obat-obatan pemutih dari dokter

Dokter terkadang akan meresepkan Anda obat pemutih atau krim pemutih dengan kandungan zat hydroquinone untuk diaplikasikan atau dipakai secara independen maupun dengan kombinasi zat retinoid/tretinoin. Namun, apabila Anda memilih untuk menggunakan obat pemutih, Anda disarankan untuk menggunakan SPF juga. 

Tujuannya adalah untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Jika digunakan secara rutin dan sesuai aturannya, kulit Anda akan berangsur-angsur bersih dan flek hitam menghilang. Yang perlu Anda ketahui adalah kemungkinan saat menggunakan obat tadi kulit Anda akan mengalami kemerahan dan juga pengelupasan.

Melakukan terapi laser atau sinar

Untuk menghilangkan flek hitam di kulit dengan metode terapi laser atau sinar tidak hanya dilakukan sekali saja. Anda mungkin butuh beberapa kali melakukan sesi terapi ini untuk mendapatkan hasil yang optimal yaitu flek hitam di kulit menghilang. Cara kerja terapi laser atau sinar ini adalah dengan menghancurkan sel-sel penghasil melanin pada kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Perawatan Kecantikan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 16

Walau perawatan ini tidak berbahaya, setelah Anda melakukannya Anda perlu perawatan kulit tambahan seperti mengaplikasikan tabir surya untuk kulit Anda dan sebaiknya mengenakan pakaian tertutup.

Dermabrasi

Dermabrasi dilakukan dengan cara menggunakan sikat kawat/roda berlian yang nantinya akan dipakai untuk mengangkat lapisan teratas kulit Anda. Cara yang satu ini memang sedikit mengerikan karena akan merusak kulit dan kemungkinan besar menyebabkan terjadinya pendarahan

Setelah lapisan kulit terluar diangkat, maka akan tumbuh jaringan kulit baru. Hal inilah yang menjadikan flek hitam di kulit tidak tampak begitu jelas seakan hilang. Jaringan kulit yang baru bisa tumbuh setelah lima hingga delapan hari lamanya. 

Kemudian, enam hingga dua belas minggu setelahnya, bintik-bintik  dan flek hitam di kulit Anda sebelumnya akan menghilang. Namun, apabila Anda melakukan metode ini untuk merawat seluruh wajah, kemungkinan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pemulihan kulitnya.

Ada orang yang tidak merasakan sakit sama sekali setelah melakukan metode ini, namun ada juga yang merasa nyeri dan bengkak. Yang perlu diingat adalah jagalah kebersihan kulit dan hindarkan dari paparan sinar matahari.

Chemical peeling

Dokter melakukan metode ini dengan menggunakan beberapa peralatan untuk mengangkat lapisan atas kulit Anda. Setelahnya kulit baru akan tumbuh dan flek hitam memudar. Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menghentikan pemakaian beberapa obat terutama yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, serta asam laktat

Sama seperti metode lain, Anda harus menggunakan tabir surya, karena kondisi kulit masih rentan terhadap paparan sinar matahari. Kulit akan sembuh dalam beberapa hari dan flek hitam akan memudar dalam beberapa bulan.

Untuk mengetahui metode mana yang paling efektif untuk Anda, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Telang PS. (2013). Vitamin C in dermatology. DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/2229-5178.110593)
Sarkar R, et al. (2013). Cosmeceuticals for hyperpigmentation: What is available? DOI: (https://dx.doi.org/10.4103/0974-2077.110089)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app