Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Mengatasi Gusi Bengkak, di Dokter dan di Rumah

Dipublish tanggal: Jul 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Mengatasi Gusi Bengkak, di Dokter dan di Rumah

Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan oral yang cukup sering terjadi. Kondisi ini sebaiknya jangan disepelekan, sebab lebih lanjut dapat memicu infeksi hingga ke gigi dan akan semakin membesar bengkaknya. Tentu saja, hal ini akan mengganggu aktivitas makan hingga berbicara. Lantas, bagaimana cara mengatasi gusi bengkak? Berikut ulasan lengkapnya.

Segera periksa ke dokter gigi

Kasus gusi bengkak merupakan masalah kesehatan oral yang sering terjadi, termasuk pada orang dewasa. Penyebab gusi bengkak bisa karena gingivitis atau radang gusi akibat virus maupun jamur.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Baca Juga: Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya

Meski kadang bisa sembuh sendiri, gusi bengkak sebaiknya diperiksakan ke dokter. Sebab jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa menimbulkan infeksi yang lebih parah dan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Dokter akan memeriksa gejala yang muncul dan mencari tahu penyebab sebenarnya dari gusi bengkak tersebut. Selain itu, dokter mungkin juga akan menyarankan Anda untuk melakukan rontgen rongga mulut dan tes darah untuk mengetahui secara lebih pasti apakah Anda mengalami infeksi atau tidak.

Pengobatan yang diberikan tentu akan disesuaikan dengan penyebab gusi bengkak tersebut. Apabila penyebabnya karena mengalami gingivitis, dokter akan menyarankan Anda menggunakan obat kumur secara rutin untuk membantu mengurangi plak gigi.

Sedangkan jika penyebab gusi bengkak karena adanya infeksi, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk jangka waktu tertentu. Rasa sakit akibat gusi bengkak dapat diredakan dengan obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen ataupun paracetamol.

Lain halnya apabila ternyata gusi bengkak yang dialami disebabkan oleh gangguan gingivitis kronis, dokter akan menganjurkan operasi pembedahan untuk mengatasinya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cara mengatasi gusi bengkak di rumah

Sebelum periksa ke dokter, Ada sebetulnya juga dapat mengatasi gusi bengkak di rumah. Hal ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk membantu meredakan nyeri dan infeksi yang ditimbulkan.

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan untuk mengatasi gusi bengkak yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah, yaitu :

  • Jaga kebersihan gigi dan mulut. Menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (flossing) harus tetap dilakukan, namun dengan cara yang lebih lembut. Gunakanlah jenis sikat gigi berbulu halus dan hindari menekan terlalu keras saat menyikat gigi atau flossing agar tidak melukai gusi maupun memperparah rasa sakit. 
  • Kumur dengan air garam. Cara ini berfungsi untuk membersihkan area dalam mulut dari berbagai jenis bakteri yang ada.
  • Perbanyak minum air putih. Air putih dapat membantu merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur di dalam mulut. Hal ini bisa membantu melemahkan bakteri jahat penyebab penyakit gigi dan mulut.
  • Hindari berbagai macam iritan (zat yang dapat menimbulkan iritasi), seperti obat kumur yang bersifat terlalu kuat, minuman beralkohol, kebiasaan merokok konvensional maupun rokok elektrik.
  • Kompres dingin. Untuk mengurangi pembengkakan pada gusi Anda, gunakanlah waslap yang direndam air dingin, kemudian tempelkan beberapa saat di pipi pada area gusi yang bengkak.

Kesehatan gusi merupakan salah satu hal penting dari kesehatan rongga mulut Anda secara keseluruhan. Penyakit pada gusi yang telanjur kronis dapat menyebar menjadi infeksi dan kerusakan lainnya pada organ oral Anda, termasuk gigi dan lidah. Bahkan juga dapat menjalar ke jaringan tubuh lain apabila infeksi menjadi sangat parah.

Nah, berbagai cara tersebut dapat membantu mengatasi gusi bengkak yang disebabkan oleh peradangan pada gusi. Kunci terpentingnya adalah selalu jaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut Anda. Jika mengalami gangguan, keluhan, atau gejala infeksi, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari penyebaran infeksi ke jaringan tubuh lainnya.

Baca Selengkapnya: Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami yang Terbukti Ilmiah

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Srivastava JK, et al. (2012). Chamomile: A herbal medicine of the past with a bright future (review). (https://www.spandidos-publications.com/mmr/3/6/895?text=abstract)
Silva FV, et al. (2012). Anti-inflammatory and anti-ulcer activities of carvacrol, a monoterpene present in the essential oil of oregano. DOI: (http://online.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/jmf.2012.0102)
Pramod K, et al. (2010). Eugenol: A natural compound with versatile pharmacological actions. (http://europepmc.org/abstract/med/21299140)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app