Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Mengatasi Gusi Bengkak, di Dokter dan di Rumah

Update terakhir: OCT 21, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 732.105 orang

Cara Mengatasi Gusi Bengkak, di Dokter dan di Rumah

Gusi bengkak adalah salah satu masalah kesehatan oral yang cukup sering terjadi. Kondisi ini sebaiknya jangan disepelekan, sebab lebih lanjut dapat memicu infeksi hingga ke gigi dan akan semakin membesar bengkaknya. Tentu saja, hal ini akan mengganggu aktivitas makan hingga berbicara. Lantas, bagaimana cara mengatasi gusi bengkak? Berikut ulasan lengkapnya.

Segera periksa ke dokter gigi

Kasus gusi bengkak merupakan masalah kesehatan oral yang sering terjadi, termasuk pada orang dewasa. Penyebab gusi bengkak bisa karena gingivitis atau radang gusi akibat virus maupun jamur.

Baca Juga: Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya

Meski kadang bisa sembuh sendiri, gusi bengkak sebaiknya diperiksakan ke dokter. Sebab jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa menimbulkan infeksi yang lebih parah dan berdampak pada organ tubuh lainnya.

Dokter akan memeriksa gejala yang muncul dan mencari tahu penyebab sebenarnya dari gusi bengkak tersebut. Selain itu, dokter mungkin juga akan menyarankan Anda untuk melakukan rontgen rongga mulut dan tes darah untuk mengetahui secara lebih pasti apakah Anda mengalami infeksi atau tidak.

Pengobatan yang diberikan tentu akan disesuaikan dengan penyebab gusi bengkak tersebut. Apabila penyebabnya karena mengalami gingivitis, dokter akan menyarankan Anda menggunakan obat kumur secara rutin untuk membantu mengurangi plak gigi.

Sedangkan jika penyebab gusi bengkak karena adanya infeksi, maka dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk jangka waktu tertentu. Rasa sakit akibat gusi bengkak dapat diredakan dengan obat pereda nyeri, misalnya ibuprofen ataupun paracetamol.

Lain halnya apabila ternyata gusi bengkak yang dialami disebabkan oleh gangguan gingivitis kronis, dokter akan menganjurkan operasi pembedahan untuk mengatasinya.

Cara mengatasi gusi bengkak di rumah

Sebelum periksa ke dokter, Ada sebetulnya juga dapat mengatasi gusi bengkak di rumah. Hal ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk membantu meredakan nyeri dan infeksi yang ditimbulkan.

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan untuk mengatasi gusi bengkak yang dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah, yaitu :

  • Jaga kebersihan gigi dan mulut. Menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (flossing) harus tetap dilakukan, namun dengan cara yang lebih lembut. Gunakanlah jenis sikat gigi berbulu halus dan hindari menekan terlalu keras saat menyikat gigi atau flossing agar tidak melukai gusi maupun memperparah rasa sakit. 
  • Kumur dengan air garam. Cara ini berfungsi untuk membersihkan area dalam mulut dari berbagai jenis bakteri yang ada.
  • Perbanyak minum air putih. Air putih dapat membantu merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur di dalam mulut. Hal ini bisa membantu melemahkan bakteri jahat penyebab penyakit gigi dan mulut.
  • Hindari berbagai macam iritan (zat yang dapat menimbulkan iritasi), seperti obat kumur yang bersifat terlalu kuat, minuman beralkohol, kebiasaan merokok konvensional maupun rokok elektrik.
  • Kompres dingin. Untuk mengurangi pembengkakan pada gusi Anda, gunakanlah waslap yang direndam air dingin, kemudian tempelkan beberapa saat di pipi pada area gusi yang bengkak.

Kesehatan gusi merupakan salah satu hal penting dari kesehatan rongga mulut Anda secara keseluruhan. Penyakit pada gusi yang telanjur kronis dapat menyebar menjadi infeksi dan kerusakan lainnya pada organ oral Anda, termasuk gigi dan lidah. Bahkan juga dapat menjalar ke jaringan tubuh lain apabila infeksi menjadi sangat parah.

Nah, berbagai cara tersebut dapat membantu mengatasi gusi bengkak yang disebabkan oleh peradangan pada gusi. Kunci terpentingnya adalah selalu jaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut Anda. Jika mengalami gangguankeluhan, atau gejala infeksi, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terhindar dari penyebaran infeksi ke jaringan tubuh lainnya.

Baca Selengkapnya: Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami yang Terbukti Ilmiah

Referensi

WebMD. (2019). How to Treat Gum Pain.

Healthline. (2018). Swollen Gums: Possible Causes and Treatments.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit