4 Prinsip Hidup Sehat agar Panjang Umur

Kunci menjaga kesehatan sebetulnya hanyalah dengan sedikit kreativitas dan kemauan untuk bersedia menerapkannya dimana saja dan kapan saja. Lalu apa saja prinsip yang perlu dilakukan supaya tubuh sehat dan memiliki umur yang panjang? Berikut akan diberikan jawabannya dalam artikel ini.
Dipublish tanggal: Jul 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Prinsip Hidup Sehat agar Panjang Umur

Untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar ternyata anda tidak harus menginap semalam suntuk selama satu minggu di tempat gym. Bahkan ternyata cukup melakukan hal-hal kecil tanpa membutuhkan banyak waktu maupun tenaga, anda justru bisa menjaga kesehatan dengan sendirinya. 

Kunci menjaga kesehatan sebetulnya hanyalah dengan sedikit kreativitas dan kemauan untuk bersedia menerapkannya dimana saja dan kapan saja. Lalu apa saja prinsip yang perlu dilakukan supaya tubuh sehat dan memiliki umur yang panjang? Berikut akan diberikan jawabannya dalam artikel ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4 Prinsip Hidup Sehat untuk Umur yang Panjang

Supaya anda memiliki umur yang lebih panjang dan tubuh yang sehat maka sebaiknya terapkan 4 prinsip hidup berikut ini.

1. Lakukan aktivitas fisik, dimana saja dan kapan saja

Kunci hidup sehat yaitu selalu aktif bergerak. Jika anda merupakan tipe orang yang lebih senang menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk menonton televisi maka anda bisa mengimbanginya dengan aktivitas fisik. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan jeda iklan untuk meregangkan otot, sit up, push up maupun plank. Melalui cara ini pastinya tidak akan ada waktu yang terbuang sia-sia ketika anda menonton televisi. 

Biasakan juga melakukan aktivitas fisik lainnya ketika di rumah seperti naik turun tangga, bersih-bersih rumah, jalan santai, berkebun dan lain sebagainya.

2. Tidur yang cukup

Selain aktif bergeak, sebaiknya anda juga mengibanginya dengan tidur yang cukup. Karena tidur yang cukup menjadi pondasi penting supaya tubuh dan pikiran menjadi sehat. Jika fondasi ini goyah maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda. 

Bahkan saat seseorang kurang tidur maka sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, suasana hati yang kacau, mudah lelah, dan selera makan menurun. Setiap orang mempunyai waktu ideal tidur yang berbeda. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapi menurut para ahli, waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa rata-rata adalah 7-9 jam setiap malam. Dengan demikian jaga kesehatan tubuh anda dengan tidur cukup lalu hindari kebiasaan begadang hingga larut malam.

3. Perbanyak minum

Air adalah kebutuhan yang sangat penting untuk tubuh. Bila tubuh kekurangan air maka sel-sel di dalam tubuh semakin sulit menjalankan fungsinya. Selain itu risiko dehidrasi juga semakin besar yang membuat anda mudah lelah karena energi yang terkuras habis. 

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa kebutuhan air yang harus dipenuhi setiap orang adalah 8 gelas perhari. Padahal belum tentu benar karena setiap orang mempunyai kebutuhan air yang berbeda. 

Meskipun begitu yang terpenting saat minum air adalah jangan menunggu haus baru anda minum air putih. Karena rasa haus yang muncul merupakan pertanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi 2 persen. 

Selama anda mampu maka cukupilahkebutuhan cairan di dalam tubuh tidak hanya dari air putih namun juga dari buah maupun sayuran.

4. Makan secara perlahan

Ketika dihadapkan pada jajaran makanan yang menggugah selera maka banyak orang yang kalap dan makan dengan cepat. Saat anda makan dengan cepat maka tanpa disadari anda akan makan lebih banyak dari porsi biasanya. 

Hal ini akan memicu semakin banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh namun tidak sebanding dengan penggunaanya. Konsumsilah makanan secara perlahan supaya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu besar. 

Selain itu dengan makan secara perlahan maka membuat anda kenyang lebih dulu meskipun masih dalam porsi yang kecil. Makan secara perlahan juga dapat membantu anda mengendalikan berat badan secara tidak langsung. 

Saat anda makan secara perlahan, sistem pencernaan akan semakin lancar sehingga mencegah terjadinya sembelit maupun susah buang air besar

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What does it take to be a super-ager?. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/healthy-aging/what-does-it-take-to-be-a-super-ager)
Long Life : Tips on Sleep, Diet, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/healthy-aging/ss/slideshow-longer-life-secrets)
12 Tips for Living a Long Life. Healthline. (https://www.healthline.com/health/secrets-longevity-tips-centenarians#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app