Kesehatan Fisik

Kanker Paru-paru Miliki Daya Tahan Hidup Lebih Lama

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 898.636 orang

Kanker Paru-paru Miliki Daya Tahan Hidup Lebih Lama

Jangan selamanya mengira daya tahan hidup para penderita kanker selalu singkat. Penelitian mengungkapkan terdapat satu jenis kanker yang memiliki daya tahan hidup lebih lama pada penderitanya dibandingkan jenis kanker lainnya.

Lungs Cancer atau Kanker Paru-paru merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat zaman ini. Di Amerika Serikat, penyakit ini telah member kontribusi besar terhadap kematian masyarakatnya ketimbang penyakit kanker lainnya. Namun, kanker paru-paru merupakan kanker dengan daya tahan hidup lebih lama dibandingkan kanker prostat, ovarium, limfa, dan kombinasi kanker payudara.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Bagi Anda para perokok, Anda merupakan penderita dengan resiko terbesar penyakit ini. Resiko kanker paru-paru meningkat dengan lamanya waktu dan jumlah rokok yang dikonsumsi. Jika Anda berhenti merokok, bahkan setelah merokok bertahun-tahun, secara signifikan, Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit mematikan ini. Kanker paru-paru biasanya tidak menimbulkan tanda dan gejala pada tahap awal, tetapi tanda dan gejala kanker paru-paru biasanya hanya terjadi saat penyakit ini berkembang.

Berikut beberapa tanda dan gejala yang ditunjukkan :

  • Batuk berkepanjangan
  • Batuk berubah menjadi lebih parah
  • Mengeluarkan darah dari mulut meski hanya sebagian kecil
  • Nafas yang terengah-engah dan pendek
  • Nyeri dada
  • Suara serak
  • Kehilangan banyak bobot badan
  • Sakit tulang
  • Sakit kepala

Para dokter percaya bahwa kanker paru-paru disebabkan oleh aktifitas merokok. Disaat Anda menghisap asap rokok yang penuh dengan zat penyebab kanker (carcinogen), perubahan dalam jaringan paru-paru segera dimulai. Pada awalnya tubuh Anda mungkin dapat memperbaiki kerusakan ini. Tetapi secara kontinyu, sel-sel normal yang melapisi paru-paru Anda akan semakin rusak. Seiring waktu, kerusakan menyebabkan sel bertindak normal dan akhirnya kanker dapat berkembang.

 

Tipe Kanker Paru-paru

Para dokter memilah kanker paru-paru kedalam dua jenis berdasarkan penampakan sel kanker tersebut dibawah paantauan mikroskop. Berdasarkan pembagian ini pula dokter memberikan perawatan dan pengobatan yang berbeda.

  • Kanker Paru-paru Sel Kecil. Merupakan sel kanker yang terjadi hampir secara eksklusif pada perokok berat, dan kurang familiar dibandingkan kanker paru-paru non-sel kecil.
  • Kanker Paru-paru Non-Sel Kecil. Merupakan istilah besar untuk beberapa jenis kanker paru-paru yang berperilaku dengan cara yang sama. Termasuk di dalamnya Karsinoma Sel Skuamosa, Adenokarsinoma dan Karsinoma Sel Besar.

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit