HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

4 Benjolan yang Dapat Bersarang Pada Lubang Vagina

Dipublish tanggal: Mei 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Benjolan yang Dapat Bersarang Pada Lubang Vagina

Benjolan yang bersarang di dalam vagina tidak hanya mengurangi kenikmatan ketika sedang bercinta dengan pasangan saja, akan tetapi hal ini pun juga bisa menimbulkan rasa kurang nyaman dan menimbulkan rasa sakit. 

Setiap benjolan memiliki risiko masing-masing dan hal ini tidak boleh diabaikan. Jika Anda mengabaikannya, maka hal ini akan beresiko adanya masalah yang lebih serius lagi. benjolan yang bersarang dalam vagina pada biasanya disebabkan karena adanya masalah serius.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Ada 4 jenis benjolan yang bisa mengganggu kenyamanan Anda ketika sedang melakukan hubungan seks, karena benjolan tersebut berada pada lubang vagina. Apabila Anda mendapati benjolan bersarang pada lubang vagina, maka jangan mengabaikannya, namun segera konsultasikan kepada dokter agar bisa mengetahui diagnosis apakah berbahaya atau justru sebaliknya.

Berikut ini 4 jenis benjolan yang dapat bersarang pada lubang vagina, di antaranya:

1. Varises vagina

Benjolan yang pertama disebut sebagai varises vagina yang mana ini merupakan kondisi pembuluh darah yang ada sekitar vulva mengalami pembengkakan. Pada biasanya, varises vagina dapat menyerang kepada wanita yang menginjak menopause atau wanita hamil. 

Karena pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, maka hal inilah yang menimbulkan warna kebiruan, khususnya pada bagian mayora dan labia minora. Gejala yang Anda rasakan yaitu rasa sakit dan rasa mengganjal, terkadang juga adanya pendarahan dan rasa gatal. 

Meskipun varises vagina ini akan hilang dengan sendirinya setelah 6 minggu melahirkan, namun benjolan ini meninggalkan rasa yang tidak nyaman.

2. Kista

Kista merupakan benjolan berwarna kekuningan yang berbentuk bulat. Pada biasanya kista menyerang pada daerah kewanitaan, sehingga Anda akan merasakan di dalam vagina terdapat bola atau kerikil kecil yang cukup lembut namun bisa untuk digerakkan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Kemunculan kista pada vagina disebabkan karena adanya folikel rambut yang mengalami penyumbatan. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif lagi.

3. Herpes genital

Herpes genital yang bersarang pada lubang vagina disebabkan karena adanya virus HSV atau virus herpes simplex. Gejala awal yang dapat muncul yaitu bagian lubang vagina terdapat benjolan berair. 

Tidak hanya pada lubang vagina saja, akan tetapi juga terdapat benjolan pada bagian mulut dan anus. Herpes genital menjadi penyakit kelamin yang dapat menular melalui sentuhan dan hubungan seksual.

4.       Kutil kelamin

Kutil memang dianggap sebagai benjolan yang biasa dan tidak memberikan efek yang berbahaya. Namun jika kutil bersarang pada daerah kewanitaan, tentunya Anda harus lebih mewaspadainya. 

Meskipun kutil tersebut dapat menghilang dengan sendirinya, namun terkadang kutil dalam lubang vagina dapat menimbulkan infeksi. Benjolan kutil kelamin ini dapat terjadi karena adanya virus HPV atau virus human papilloma genital yang mana virus ini selalu berhubungan dengan kanker

Untuk mengatasi hal ini, segera konsultasikan kepada dokter kelamin agar segera mendapatkan penanganan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kulit via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 6

Meskipun banyak sebagian wanita yang menganggap bahwa tidak semua benjolan berbahaya bagi kesehatan. Namun jika benjolan tersebut muncul pada area kelamin, tentunya hal ini bukan menjadi hal yang biasa lagi. 

Anda harus benar-benar menangani benjolan pada alat kelamin dengan sebaik mungkin. Apabila hal ini Anda biarkan, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi vagina Anda. 

Terlebih lagi bagi Anda yang terlalu aktif dalam melakukan hubungan seksual, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kelamin agar bisa mengetahui hasil diagnosa benjolan tersebut.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bartholin's cyst. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/bartholins-cyst/)
Female Genital Sores: Pictures, Causes, and Diagnosis. Healthline. (https://www.healthline.com/health/genital-sores-female)
Vaginal pimples: Causes, treatment, and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/317810.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app