Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Kebiasaan Sehat

3 Tips Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit di Usia Lanjut

Apabila Anda ingin tetap sehat dan bugar sampai usia lanjut sebaiknya mengendalikan faktor tersebut, kecuali faktor genetik ya. Bagaimana caranya? Simak uraian dibawah ini.
Update terakhir: NOV 14, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.592.777 orang

Setiap orang pasti memiliki tingkat kesehatan yang berbeda-beda. Ada orang yang masih sehat dan bugar padahal sudah lanjut usia, tetapi ada juga orang yang masih muda sudah terkena penyakit kronis

Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor genetik, lingkungan dan pola hidup. Apabila Anda ingin tetap sehat dan bugar sampai usia lanjut sebaiknya mengendalikan faktor tersebut, kecuali faktor genetik ya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana caranya? Simak uraian dibawah ini.

Semakin tua, semakin tinggi risiko terkena penyakit

Biasanya seiring bertambahnya usia berbagai macam penyakit mulai bermunculan seperti diabetes, demensia, osteoartritis dan lainnya. Menurut WHO, penuaan merupakan dampak penumpukan dari berbagai kerusakan molekuler dan seluler dari waktu ke waktu. 

Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit yang dapat berujung pada kematian.

Tips tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis di usia lanjut

Kesehatan adalah hal yang sangat penting yang harus kita jaga sejak dini. Penyakit kronis yang muncul di usia lanjut bisa saja terjadi karena kebiasaan buruk yang Anda lakukan selama bertahun-tahun sejak usia muda dan pola makan yang buruk. 

Mulailah untuk menerapkan pola hidup yang sehat sejak sekarang. Berikut tips yang bisa Anda terapkan supaya tetap sehat diusia lanjut:

1. Menerapkan pola makan sehat

Salah satu penyebab terkena penyakit kronis adalah karena sejak muda Anda mempunyai pola makan yang tidak sehat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Contohnya, Anda sering dan menyukai makanan manis sehingga bisa terkena penyakit diabetes, atau sering mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Pilihlah makanan yang mempunyai kandungan gizi dan mampu memenuhi nutrisi yang baik bagi tubuh. Terlebih pilihlah sayur dan buah-buahan, protein, vitamin B12, asam folat, seng, dan kalsium

Gantilah asupan lemak jenuh Anda dengan jenis lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan.

Selain itu, kurangilah kebiasaan makanan buruk seperti makanan manis, cepat saji, makanan padat energi dan minuman ringan. Serta hindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol.

2. Melakukan aktivitas fisik

Anda dapat melakukan aktivitas fisik guna melatih kekuatan, keseimbangan, kelenturan, dan aerobik perlu dilakukan oleh lansia untuk mendukung kesehatan

Ketika Anda aktif secara fisik maka hal tersebut akan memberikan manfaat baik bagi jantung dan metabolisme tubuh. Selain itu Anda juga bisa terhindar dari penyakit kronis dan mampu menjaga berat badan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Aktivitas fisik yang melatih kekuatan bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot serta menghambat penurunan kekuatan otot. Aktivitas fisik yang melatih kelenturan dapat memberi kelenturan pada persendian sehingga membuat Anda lebih bebas bergerak.

 Aktivitas fisik yang melatih keseimbangan dapat meningkatkan stabilitas sehingga dapat mengurangi risiko Anda terjatuh. Sedangkan, aktivitas aerobik (seperti berjalan) dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kurangilah waktu Anda menonton televisi atau duduk santai dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan membuat Anda malas bergerak dan kurang aktif. Akhirnya Anda akan terkena obesitas, dimana obesitas adalah faktor risiko penyakit kronis.

3. Menjaga berat badan

Mempunyai berat badan yang seimbang dapat membuat ANda terhindar dari penyakit kronis di usia lanjut. Sejatinya berat badan dapat dipengaruhi oleh pola makan dan aktivitas fisik.

Orang yang sudah lanjut usia tidak perlu menurunkan berat badan, hanya saja lebih fokus ke pencegahan supaya berat badannya tidak naik dengan tujuan untuk menjaga kualitas hidup lansia sehingga bisa menjadi lansia bugar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit