3 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Dipublish tanggal: Jul 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
3 Minggu Kehamilan: Gejala, Tips, dan Apa Saja Yang Perlu Diketahui

Sperma telah bertemu dengan sel telur, dan kabar baiknya adalah proses pembuahan telah terjadi. Anda mungkin tidak akan tahu bahwa Anda sedang hamil pada masa kehamilan 3 minggu ini. Konsepsi baru saja terjadi beberapa hari yang lalu, dan mungkin Anda belum melewatkan menstruasi pada minggu ke-3 kehamilan.

Gejala hamil 3 minggu

Saat Anda hamil 3 minggu, gejala kehamilan belum nampak. Hal ini dikarenakan sebagian besar gejala awal kehamilan disebabkan oleh hormon kehamilan, dan Anda belum memiliki tingkat hormon yang sangat tinggi dalam tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES PREGNANCY & BREAST FEEDING GOLD 60CAP 1 BOTOL via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy breast feeding gold 60 1

Beberapa tanda kehamilan pada 3 minggu diantaranya adalah:

  • Pendarahan implantasi. Anda mungkin akan mengalami bercak pink kecoklatan ketika telur yang dibuahi bersembunyi di dalam dinding rahim Anda.
  • Mual. Ketika hormon kehamilan hCG mulai meningkat dalam tubuh, Anda mungkin akan merasakan rasa mual yang dapat membuat Anda muntah. Gejala mual muntah pada kehamilan juga dikenal dengan istilah “morning sickness”. Gejala morning sickness ini tidak hanya terjadi pada pagi hari, tetapi dapat terjadi sepanjang hari. 
  • Perubahan payudara. Payudara akan mulai merasa sakit dan bagian areola pada payudara akan berubah warna kegelapan.
  • Siklus haid terlewat. Jika siklus haid Anda terlewat dan mencurigai adanya kehamilan, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan melakukan tes kehamilan.
  • Tes kehamilan positif di rumah. Ikuti petunjuk cara pakai tes kehamilan test-pack untuk mendapat hasil yang akurat. Cara kerja tes kehamilan ini adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan hCG dalam urin yang biasanya meningkat apabila kehamilan terjadi. Perlu juga diketahui bahwa terkadang hasil tes kehamilan akan menunjukan nilai negatif meskipun Anda sebenarnya sedang hamil. Hal ini disebabkan jumlah hormon kehamilan hCG dalam tubuh Anda belum cukup untuk dideteksi oleh alat tes kehamilan. Jika Anda mendapatkan hasil negatif, coba ulang tes kehamilan beberapa hari kemudian untuk memastikannya lagi.
  • Tes kehamilan darah positif. Dalam beberapa kasus, seperti jika Anda berisiko keguguran atau kehamilan ektopik, dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan tes darah. Tes darah dapat mendeteksi jumlah hCG lebih cepat daripada tes urin. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengetahui bahwa Anda sedang hamil atau tidak, dapat juga dilakukan dengan tes darah.

3 Minggu Perut Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya akan bersemangat untuk mulai memperhatikan sesuatu yang berbeda dengan penampilannya. Akan tetapi pada saat hamil 3 minggu, perut ibu hamil biasanya tidak akan menunjukan perubahan apapun. 

Gejala yang mungkin dialami oleh para ibu hamil adalah perut kembung. Sebagian besar wanita hamil tidak mulai terlihat sampai sekitar minggu ke-12. 

Sebelum Anda mulai makan untuk dua orang, ketahuilah bahwa dokter hanya merekomendasikan sebagian besar wanita menambah 1 hingga 2 kilogram berat badan pada trimester pertama (hingga minggu ke-13).

Dalam diet ibu hamil, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang berbeda kecuali mencoba makan makanan yang sehat dan menyeluruh dan mengonsumsi vitamin prenatal harian dengan setidaknya 400 mikrogram asam folat di dalamnya. 

Dokter juga tidak merekomendasikan untuk menambah asupan kalori harian Anda sampai trimester kedua. Setelah mencapai minggu 14, Anda ingin menambahkan sekitar 300 kalori (sehat) per hari.

3 Minggu Ultrasound Kehamilan

Telur Anda yang sekarang telah dibuahi, sedang dalam perjalanan melalui tuba falopii, membelah dan membaginya kembali menjadi sel-sel identik dalam perjalanan menuju rahim Anda.

USG kehamilan usia 3 minggu mungkin belum dapat mendeteksi bayi Anda yang masih berukuran sangat kecil. Telur yang dibuahi super mungil (disebut marula) lebih kecil dari sebutir garam.

Tetapi pada awal minggu ke-4, dokter Anda mungkin dapat melihat lapisan rahim yang menjadi lebih tebal, suatu tanda bahwa marula kecil telah mencapai rahim Anda selama sembilan bulan ke depan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
You and your pregnancy at 1 to 3 weeks. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/1-2-3-weeks-pregnant/)
3 Weeks Pregnant: Symptoms, Baby Development, and More. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/3-weeks-pregnant-4158839)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app