13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif

13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif
Dipublish tanggal: Sep 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

ASI diberikan kepada bayi sejak lahir hingga menginjak usia 6 bulan. Selama periode tersebut, bayi disarankan untuk mengkonsumsi ASI tanpa tambahan asupan lainnya. Sebab, terdapat banyak manfaat yang bisa diambil oleh Si Kecil dari ASI eksklusif tersebut.

ASI eksklusif adalah asupan terbaik yang bisa didapatkan oleh bayi. Kandungan-kandungan yang terdapat pada ASI eksklusif tersebut adalah kandungan-kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh sang bayi, seperti vitamin, karbohidrat, dan lemak. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi bayi dan kandungan tersebut sangat mudah dicerna.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

13 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif

Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat

ASI sangat berperan penting dalam sistem imun sang bayi. ASI mengandung zat antibodi yang berfungsi untuk kekebalan sistem tubuh yang bisa membanti Si Kecil untuk melawan virus dan bakteri. Bayi sangat rentan terserang penyakit, namun jika Si Kecil mendapatkan asupan ASI yang cukup, bayi tersebut akan lebih berisiko kecil terserang penyakit seperti diare, asma, alergi,infeksi telinga,infeksi saluran pernapasan, konstipasi, sindrom kematian bayi mendadak,dan meningitis. Dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan ASI Ekslusif, bayi yang diberikan ASI eksklusif akan lebih sehat dan kecil risikonya untuk terserang penyakit obesitas dan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Membuat si kecil cerdas 

Semua orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang cerdas. Salah satu cara paling jitu dan mudah ialah memberikan ASI Eksklusif sejak bayi. Beberapa ahli mengatakan bahwaasam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, memberikan ASI Eksklusif kepada bayi akan memberikan dampak positif lainnya yaitu terbangunnya hubungan emosional antara Anda serta Si Kecil. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa bayi yang mendapatkan asupan ASI Eksklusif yang cukup, terbukti memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dibandingkan bayi yang tidak mengkonsumsi ASI Eksklusif dengan cukup.

Berat badan ideal

Dengan diberikannya susu ASI, bayi kemungkinan akan tumbuh dengan berat badan normal dibandingkan dengan bayi yang diberikan asupan susu formula. Menurut para ahli, ASI lebih sedikit mereangsang hormon insulin dibandingkan dengan susu formula. Hormon insulin sendiri adalah hormon yang dapan memicu pembentukan lemak. Dengan kata lain, ASI Eklusif tidak memicu pembentukan lemak dan membuat bayi tumbuh dengan bobot ideal. Disamping itu, ASI memiliki kadar Leptin yang tinggi. Leptin tersebut adalah hormon yang memiliki tugas sebagai memicu rasa kenyang dan berperan dalam metabolisme tubuh.

Tulang bayi lebih kuat

Bayi yang mendapatkan asupan ASI Eksklusif selama diatas 3 bulan, akan memiliki tulang leher dan tulang belakang yang lebih kuat dibanding dengan bayi yang tidak mendapat asupan ASI Eksklusif dibawah 3 bulan atau yang sama sekali tidak dapat. Karena itu ASI Eksklusif itu sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak.

Mendapat limpahan kolesterol

Kolesterol adalah asupan yang tidak baik bagi orang tua. Namun, berbeda dengan bayi, kolesterol adalah asupan yang dibutuhkan oleh bayi yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhannya dan zat ini banyak di temukan dalam ASI.

Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)

Dengan ASI Eksklusif, Anda dapat mengurangi terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat bayi sedang tidur. Pemberian ASI Eksklusif untuk mengurangi risiko terjadinya SIDS baru akan terlihat jika Si Kecil sudah mengkonsumsi ASI Eksklusif selama kurang lebih 2 bulan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Memperkuat hubungan ibu dan anak

Saat proses menyusui, Anda akan berhubungan langsung dengan Si Kecil dan akan saling bertatapan. Saat proses tersebut, maka hubungan antara Ibu dan anak akan lebih terbangun dan akan tercipta sebuah hubungan emosional antara Anda dan Si Kecil.

Tubuh lebih cepat langsing 

Dengan memberi anak Anda ASI, Anda akan mendapatkan 2 keuntungan. Keuntungan tersebut adalah anak Anda akan mendapatkan asupan yang cukup untuk tubuhnya, serta akan membantu Anda membakar kalori yang ada pada tubuh Anda. Kalori yang terbakar saat Anda menyusui tersebut dapat menurunkan berat badan Anda. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

KB alami

Memberikan ASI Eksklusif dapat menghambat Ovulasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda disarankan untuk selalu siap memberikan ASI pada Si Kecil kapanpun dia membutuhkan.

Mengurangi stress 

Banyak sekali manfaat yang akan Anda rasakan selama Anda menyusui, bukan hanya bayi yang akan terpenuhi kebutuhannya. Namun, Anda juga akan merasakan banyak manfaat dari menyusui tersebut seperti mengurangi stress. Saat Anda menyusui, Anda akan memproduksi hormon oksitosin yang dapat membuat Anda lebih rileks.

Mengurangi pendarahan

Saat memberikan ASI Eksklusif kepada Si Kecil, hormon oksitosin yang keluar bersamaan saat menyusui tersebut akan membantu rahim untuk berkontraksi. Hal ini membantu mengurangi pendarahan rahim usai persalinan serta akan membantu mengembalikan bentuk rahim seperti saat sebelum hamil.

Risiko terkena kanker menurun

Menurut sejumlah penelitian, semakin lama Anda menyusui, semakin terlindung Anda dari penyakit kanker. Namun, masih belum bisa dipastikan secara ilmiah alasan dasar orang yang menyusui dapat mengurangi risiko terkena kanker. Namun, hal ini kemungkinan terjadi karena selama menyusui, Anda akan menekan hormon esterogen dalam tubuh dan membuat Anda jauh dari risiko kanker.

Hemat uang

Seperti yang Anda ketahui bahwa harga susu formula tidaklah murah. Namun dengan adanya ASI Eksklusif, ini bisa membantu Anda untuk menekan biaya bulanan untuk keperluan bayi. Walaupun bayi tidak mendapat asupan dari susu formula, namun bayi akan cukup dengan nutrisi yang terkandung dalam susu ASI tersebut. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama Anda menyusui,yaitu untuk menjaga asupan yang akan masuk ke dalam tubuh Anda sendiri. Terapkanlah pola hidup yang sehat, misalnya dengan mengkonsumsi buah, sayur, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu, dan banyak minum air putih.

Sayangnya program pemberian ASI tidak dapat dilakukan oleh sebagian orang yang sedang menjalankan kemoterapi untuk kanker, penderita tuberkolosis, sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, pengguna narkoba, atau penderita HIV. Jika memiliki masalah terkait.Anda dapat langsung datang menemui dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Exclusive breastfeeding for optimal growth, development and health of infants. World Health Organization (WHO). (https://www.who.int/elena/titles/exclusive_breastfeeding/en/)
Benefits of breastfeeding. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/benefits-breastfeeding/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app