Kenali ​Hepatomegali Dari Penyebab, Gejala dan, Pengobatannya

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 409.220 orang

Hepatomegali merupakan kondisi dimana ukuran organ hati mengalami pembesaran. Kondisi yang satu ini biasanya terjadi disebabkan penyakit yang menyerang organ hati. Salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan pembesaran pada organ hati tersebut adalah hepatitis. Namun, bisa jadi pembesaran organ ini juga terjadi disebabkan penyakit lainnya.

Seperti yang kita tahu, hati merupakan suatu organ yang sangat penting. Salah satu fungsinya adalah untuk menghasilkan cairan empedu yang bermanfaat untuk mencerna lemak dalam tubuh, menyimpan glukosa sebagai energi tubuh hingga membersihkan tubuh kita dari zat-zat yang berbahaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa Saja Gejala dari Penyakit ini?

Sebelum kita mengetahui berbagai tips untuk mengatasi masalah yang satu ini, tentu akan lebih lengkap jika kita membahas terlebih dahulu soal gejala atau tanda dari hepatomegali ini. Biasanya, tidak terjadi tanda-tanda khusus pada kondisi yang masih ringan. Namun, ada beberapa gejala yang bisa menyertai pembesaran hati ini, yaitu:

  • Rasa tak nyaman di bagian perut atas
  • Rasa penuh dalam perut
  • Mual dan lemas
  • Nafsu makan turun yang dibarengi dengan penurunan berat badan
  • Mata dan kulit berubah kekuningan
  • Nyeri otot dan demam
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol
  • Mengurangi berat badan
  • Konsumsi makanan yang sehat

Jika ternyata pembesaran hati tersebut disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, nyeri yang hebat di perut, muntah darah dan buang air besar yang berwarna hitam, sangat dianjurkan untuk segera meminta bantuan medis sebagai langkah penanganan.

Apa yang Menyebabkan Hepatomegali?

Lalu, apa yang menjadi penyebab hepatomegali ini? Ada beberapa kondisi atau faktor yang diketahui dapat menyebabkan terjadinya masalah ini. Hepatitis baik yang disebabkan oleh autoimun atau pun virus menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan masalah ini.

Selain itu, penyakit lemak dalam hati yang dikarenakan konsumsi alkohol maupun hal lainnya juga bisa menjadi penyebab terjadinya pembesaran organ hati. Adanya gangguan jantung lalu masalah pada kandung empedu maupun salurannya juga bisa mengakibatkan terjadinya masalah ini.

Selanjutnya, adanya kanker baik itu kanker di organ hati maupun di organ lain juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami kondisi pembesaran organ hati ini. Kelainan genetik dan kelainan darah juga bisa menyebabkan kondisi ini muncul.

Bukan hanya itu, konsumsi obat-obatan tertentu seperti amiodaron, obat kolesterol seperti simvastaitn dan paracetamol yang bisa mengakibatkan cedera hati juga bisa memicu terjadinya hepatomegali.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Zat kimia seperti kloroform dan tetraklorida juga bisa menyebabkan terjadinya masalah pembesaran organ hati. Hal tersebut disebabkan adanya potensi kerusakan hati saat terkena paparan bahan kimia tersebut.

Tips untuk Mengatasi Hepatomegali

Sekarang, apa saja tips yang bisa kita ikuti dalam rangka mengatasi masalah kesehatan yang satu ini? Sebenarnya, penanganan kondisi ini biasanya akan dilakukan tergantung dari kondisi apa yang memicu terjadinya pembesaran organ hati tersebut. Selain dilakukan pengobatan secara medis, penyembuhan juga bisa dijalani dengan cara mengubah gaya hidup.

Berikut ini beberapa tips perubahan gaya hidup yang bisa membantu kita dalam mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

  • Sudah bukan rahasia lagi jika minuman beralkohol dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk yang berhubungan dengan hati. Salah satunya adalah penyakit perlemakan hati. Dengan menghindari meminum alkohol secara berlebihan kita juga akan mencegah terjadinya penyakit yang bisa mengakibatkan hepatomegali tersebut.
  • Jika kalian memiliki berat badan yang berlebih, sangat disarankan untuk mengurangi berat badan. Hal tersebut dikarenakan adanya banyak lemak dalam tubuh juga bisa mengakibatkan lemak dalam hati menumpuk dan hal tersebut tidak baik juga untuk kesehatan organ hati.
  • Mengonsumsi makanan yang sehat menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan organ hati maupun kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Pastikan untuk selalu memasukan buah-buahan dan sayur dalam menu makanan Anda.

Itulah beberapa tips yang perlu kita lakukan agar bisa menangani masalah pembesaran organ hati secara alami. Selain itu, kita juga tidak boleh lupa untuk berolahraga secara rutin supaya seluruh organ di tubuh kita tetap sehat. Sekian tips menangani hepatomegali, selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit