Yoga Sambil Duduk? Kenapa tidak?

Dipublish tanggal: Mei 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Yoga Sambil Duduk? Kenapa tidak?

Para pekerja kantoran dan karyawan-karyawan lain yang menghabiskan waktu lama di dengan duduk menatap layar komputer, umumnya mengalami masalah-masalah seperti leher kaku, badan pegal linu dan sakit punggung

Tapi siapa sangka bahwa ternyata ada banyak pose yoga yang dapat dilakukan sambil duduk di kursi. Yoga akan membantu Anda untuk meregangkan dan melemaskan tubuh Anda. Dengan yoga, Anda dapat mengisi ulang tenaga Anda sehingga Anda bisa bekerja kembali dengan optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

7 Pose Yoga yang Dapat Dilakukan Sambil Duduk

Berikut ini adalah beberapa pose yoga yang dapat Anda lakukan tanpa beranjak bangkit dari kursi Anda :

1. Twist Pose

Anda dapat melakukan Twist Pose dengan duduk di kursi, pastikan punggung Anda tegak lurus dengan kursi. Mulailah ambil dan buang napas Anda, lalu letakkan kedua tangan Anda pada pegangan kursi. Setelah itu putar tubuh Anda secara bergantian ke sisi kanan dan kiri, perlahan-lahan. 

Pose ini dapat membantu Anda meredakan sakit pinggang yang disebabkan karena teralu lama duduk dan membungkuk.

2. Raised Hands Pose

Pose ini dapat Anda lakukan dengan cara duduk dan posisikan tulang belakang tegak lurus, tangan diarahkan lurus ke atas dan terbuka lebar. Lakukan gerakan ini sambil menarik napas dalam, lalu hembuskan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Saat Anda menghembuskan napas, bawa tubuh Anda ke belakang dengan sedikit menekuk punggung dan dada bagian mengikuti bentuk kursi. Tahanlah gerakan ini selama beberapa detik, kemudian secara perlahan-lahan lepaskan tangan di sisi samping tubuh Anda.

3. Wrist Release Pose

Anda akan mengalami masalah seperti pergelangan tangan sakit atau kaku jika Anda sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengetik dokumen di depan komputer. Ketika Anda merasakan sakit atau kaku pada lengan atau tangan, maka Anda membutuhkan peregangan. 

Bengkokkan kedua pergelangan tangan Anda ke segala arah.

Pertama, arahkan tangan  kanan Anda ke belakang dengan cara menekan ujung-ujung jari Anda menggunakan tangan kiri. Tahan pose ini selama beberapa detik, kemudian lakukan hal yang sama secara bergantian pada tangan kiri dengan menekannya menggunakan tangan kanan. 

Kedua, letakkan kedua tangan terbuka ke arah atas.  Goyangkan kedua pergelangan tangan Anda dengan cepat ke arah samping, atas, dan bawah. Wrist Release Pose ini akan membantu Anda untuk menghilangkan ketegangan pada kedua tangan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

4. Side Angle Pose

Anda dapat melakukan pose ini dengan cara tetap mempertahankan posisi duduk dengan kedua kaki menyentuh lantai. Bawa ujung jari tangan kanan Anda ke lantai, lalu letakkan di samping kaki, dengan posisi tangan kiri dibiarkan lurus ke atas. 

Saat Anda mulai memiringkan badan dan meletakkan tangan kanan ke bawah, tariklah napas panjang, lalu tahan selama beberapa detik. Anda bisa melakukan hal yang sama secara bergantian, dengan cara tangan kiri diletakkan di kaki dan tangan kanan tegak lurus ke atas.

5. Warrior Pose

Warrior Pose dapat Anda lakukan dengan cara mengubah posisi duduk Anda yang semula tegak lurus menjadi ke arah samping. Lakukan posisi menyamping ke arah kanan dengan kaki kanan berada di depan badan Anda, sementara kaki kiri berada di belakang dengan posisi diluruskan. 

Anda dapat meletakkan kedua tangan di samping badan Anda dengan posisi terbuka lebar. Lakukan pose ini sambil menarik napas panjang lalu angkat tangan lurus ke atas sembari membuang napas secara perlahan. Anda dapat melakukan gerakan ini secara berulang dan bergantian dengan posisi kaki kiri di depan.

6. Desk Shoulder Opener Pose

Pose yoga yang satu ini dapat Anda lakukan dengan cara duduk dan dengan gerakan seolah-olah Anda sedang membuka laci. Lakukan pose ini dengan cara menggeser kursi Anda ke belakang menjauhi meja. Pastikan hanya kedua tangan Anda yang bisa mencapai laci meja. 

Luruskan kedua lengan Anda yang terbuka sampai menyentuh laci, kemudian jatuhkan kepala Anda di antara kedua lengan. Gerakan ini bermanfaat untuk memberikan peregangan terutama bagi bahu Anda.

7. Relaksasi: Savana Pose

Pose relaksasi dapat Anda lakukan dengan cara tutup mata Anda, duduk tegak, posisi kaki menyentuh lantai, tangan berada di pangkuan, lalu tahan posisi ini selama beberapa detik. 

Pose Savana akan membantu tubuh Anda menyerap semua manfaat dan energi baik dari semua pose yoga yang Anda lakukan sejak awal hingga akhir.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sengupta P. (2012). Health impacts of yoga and pranayama: A state-of-the-art review. (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3415184/)
Cohen G. (2006). The mature mind: The positive power of the aging brain. Cambridge, MA: Perseus Books.
10 Chair Yoga Poses for Home Practice. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/chair-yoga-poses-3567189)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app