Waspadai Sakit Punggung Sebelum Kanan atau Kiri Jika Muncul Gejala Ini

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 23, 2020 Waktu baca: 4 menit
Waspadai Sakit Punggung Sebelum Kanan atau Kiri Jika Muncul Gejala Ini

Hampir semua orang pernah mengalami sakit punggung sebelah kanan atau kiri. Banyak yang menganggap hal ini merupakan hal biasa yang akan hilang dengan sendirinya. 

Namun, sebaiknya Anda tidak menyepelekan kondisi ini jika terjadi pada punggung Anda. Selalu berhati-hati dengan beragam gejala yang muncul bersama sakit punggung agar Anda dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan selanjutnya. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Sakit punggung di sebelah kanan atau kiri yang Anda alami bisa saja terjadi akibat terjatuh atau mengangkat benda yang sangat berat. 

Sakit Punggung Disertai Kondisi Medis Tertentu

Seiring berjalannya waktu, sakit punggung ini bisa saja muncul secara tiba-tiba dan menjadi semakin parah. Apabila punggung sebelah kanan atau kiri Anda sakit, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika Anda mengalami sakit tersebut disertai beberapa gejala seperti di bawah ini: 

1. Rasa sakit pada punggung sebelah kanan atau kiri menyebar ke daerah kaki, terutama di bawah lutut 

Hal ini dapat menunjukkan bawah Anda menderita hernia diskus (bantalan penyangga saraf di dalam rongga tulang belakang), terdapat otot yang mengalami penonjolan, atau terganggunya saraf skiatik (sciatica). 

2. Rasa lemah, mati rasa, atau kesemutan pada kaki, tangan, lengan, atau pangkal paha

Hal ini menjadi pertanda bahwa terdapat kelainan pada saraf yang memerlukan penanganan sedini mungkin. 

3. Urine yang mengandung darah

Hal ini bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita penyakit batu ginjal. Rasa sakit pada punggung sebelah kanan atau kiri yang tajam, teruatama saat sedang buang air kecil bisa disebabkan oleh batu ginjal. 

4. Adanya masalah pada kandung kemih atau usus

Masalah yang terjadi dapat menjadi pertanda bawah terdapat kondisi serius yang disebut sindrom kauda equina, yaitu kelainan yang memengaruhi kumpulan saraf di tulang belakang. Kelainan yang jarang terjadi ini membutuhkan perawatan medis darurat. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Leher 5 Kali Visit Di NK Health

Untuk pemulihan pasien yang mengalami keluhan pada leher, seperti tightness pada otot-otot sekitar leher sampai ke pundak, timbul gejala neurologis yang terjadi pada penjalaran saraf cervical pada vertebrae dengan menggunakan exercise dan manipulasi. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang (Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit leher 5x visit di nk health

5. Jatuh atau adanya cedera pada punggung yang terjadi sebelum dan sesudah sakit punggung sebelah kanan atau kiri muncul

Apabila Anda mengalaminya, Anda perlu waspada dan perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

6. Mengalami demam, muncul rasa perih saat buang air kecil, atau buang air kecil terlalu sering

Beberapa hal tersebut dapat menandakan bahwa Anda mengalami infeksi ruas tulang belakang, infeksi diskus, infeksi panggul, atau pun infeksi kandung kemih

7. Mengalami penurunan berat badan yang tidak diketahui apa penyebabnya

Apabila Anda mengalami sakit punggung kiri atau kanan disertai dengan penurunan berat badan yang tiba-tiba, Anda perlu waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter.

8. Rasa sakit pada punggung sebelah kanan atau kiri semakin meningkat saat batuk atau membungkuk

 Kondisi ini bisa menjadi pertanda Anda mengalami herniated disc.

9. Rasa sakit muncul di satu tempat tertentu di tulang 

Rasa sakit tersebut bisa saj terus berlanjut bahkan saat Anda sedang berbaring dan tidur di malam hari. Hal ini bisa menjadi pertanda adanya tumor di tulang Anda. 

10. Rasa sakit yang terjadi pada punggung sebelah kanan atau kiri berlangsung dalam waktu yang cukup lama, bahkan hingga lebih dari satu bulan

Apabila sakit pada punggung kiri atau kanan Anda terjadi dalam waktu yang cukup lama bahkan lebih dari sebulan, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

11. Terdapat riwayat penyakit kanker dalam keluarga

Hal ini bisa saja menjadi pertanda Anda yang terserang kanker atau mungkin salah satu anggota keluarga. 

12. Pernah mengonsumsi obat kortikostreoid, atau jenis obat-obatan lain yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lemah

Konsumsi obat-obatan seperti obat kortikosteroid atau jenis obat lain dapat menyebabkan kekebalan tubuh Anda menjadi lemah. Apabila Anda mengalami sakit punggung dan pernah mengonsumsi obat kortikosteroid atau sejenisnya, Anda perlu waspada dan segeralah periksa ke dokter.

13. Punggung sebelah kanan atau kiri pernah terbentur

Apabila Anda merasakan sakit pada punggung sebelah kiri atau kanan dan punggung Anda pernah terbentur, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan penyebab sakit punggung Anda.

14. Rasa sakit yang terjadi pada punggung sebelah kanan atau kiri semakin meningkat dan tak kunjung membaik meskipun Anda sudah beristirahat dengan cukup

Biasanya, rasa sakit pada punggung akan berkurang apabila Anda beristirahat dengan cukup. Namun, apabila rasa sakit pada punggung Anda semakin meningkat dan tidak kunjung membaik meskipun Anda sudah beristirahat dengan cukup, Anda perlu waspada dan segeralah periksa ke dokter.

15. Rasa sakit tidak juga menghilang meskipun Anda sudah menjalani terapi nyeri punggung untuk mengobati sakit punggung sebelah kanan atau kiri

Apabila rasa sakit pada punggung tidak kunjung hilang meskipun Anda sudah menjalankan terapi, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda.

Rasa sakit pada punggung sebelah kanan atau kiri yang Anda alami dapat diobati oleh dokter umum maupun dokter spesialis saraf dan sistem muskuloskeletal. Akan tetapi, jika anda mengalami rasa sakit punggung disertai demam dan beberapa gejala yang disebutkan di atas, maka kondisi tersebut perlu di waspadai. 

Segera mengunjungi dokter apabila Anda merasakan sakit atau nyeri pada punggung sebelah kanan atau kiri untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat diobati sebelum semakin bertambah parah. 

Setelah Anda diperiksa, dokter umum dapat memutuskan apakah sakit punggung sebelah kanan atau kiri yang Anda alami memerlukan perawatan dan pengobatan dari dokter spesialis atau tidak. Jangan menganggap remeh sakit punggung yang Anda alami karena bisa menjadi pertanda dari beragam penyakit serius. 

29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kongsted A, et al. Patients with low back pain had distinct clinical course patterns that were typically neither complete recovery nor constant pain. A latent class analysis of longitudinal data. The Spine Journal. 2015;15:885.
Low back pain. American Academy of Orthopaedic Surgeons. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/low-back-pain/.
Knight CL, et al. Treatment of acute low back pain. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app