Wasir - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.020.434 orang

Wasir dan pengobatannya

Pernahkah Anda merasakan nyeri pada daerah dubur Anda ketika duduk dan buang air besar yang kadang disertai darah? Tahukah Anda bahwa gejala tersebut merupakan gejala yang paling sering didapatkan pada penderita hemorroid atau wasir?.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang wasir, penyebab, gejala dan penangannya, tidak ada salahnya Anda menyimak penjelasan tentang wasir berikut.

Apa itu Wasir?

Wasir atau hemorrhoid alias ambeien merupakan salah satu penyakit yang kerap membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Terutama bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Biasanya diakibatkan oleh pembengkakan pembuluh darah, terutama yang berada di area rektum (dubur) dan anus.

Apakah saja gejala Wasir?

Ternyata penyakit wasir ini dapat diketahui dengan sejumlah gejala yang muncul seperti berikut.

  • Anus dan dubur akan terasa gatal yang berlebihan
  • Bagian anus akan terasa sakit
  • Muncul benjolan atau terjadinya pembengkakan di sekitar anus
  • Darah pada tinja yang disebabkan oleh pendarahan jaringan saat usus bergerak dan mengedan
  • Terjadinya iritasi dan nyeri pada bagian anus
  • Merasakan rasa nyeri saat mengedan

Apakah yang dapat meningkatkan risiko anda terkena Wasir?

Berikut beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko Anda untuk terkena wasir.

  • Sering mengangkat benda berat secara rutin
  • Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah
  • Batuk terus menerus atau sering muntah
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemorroid / wasir
  • Sering duduk dalam waktu lama
  • Sedang hamil
  • Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse) 

Bagaimana cara mencegah dan mengobati Wasir?

Gejala wasir bisa menghilang setelah beberapa hari tanpa penanganan. Wasir yang muncul pada masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan.

Tapi membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:

  • Meminum banyak air putih, kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan berat badan
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein

Perubahan gaya hidup di atas juga bisa mengurangi risiko wasir yang Anda alami untuk kambuh dan juga bisa mencegah munculnya wasir. Selain itu, ada obat-obatan tertentu yang bisa dibeli atau diresepkan oleh dokter Anda.

Obat ini berfungsi untuk mempermudah dalam buang air besar. Obat tersebut tersedia dalam bentuk obat oles yang bisa langsung digunakan pada bokong Anda (stool softener) dan tablet tablet yang bisa dibeli dari apotek secara bebas.

Obat oles tersebut dapat mengeluarkan sisa kotoran dengan lebih mudah tanpa harus menyebabkan otot-otot usus, dubur dan anus bekerja lebih keras. Namun, pada kasus tertentu penggunaan cairan satu ini justru dapat menimbulkan terjadinya iritasi dan infeksi pada bagian anus.

Untuk mengatasi hemorroid/wasir yang lebih parah, dokter Anda akan menggunakan beberapa jenis pengobatan yang salah satunya adalah dengan pengikatan wasir.

Ini adalah proses tanpa operasi dengan menggunakan tali yang elastis diikatkan pada bagian bawah hemorroid/wasir secara kuat yang bertujuan untuk memotong aliran darah. Hemoroid/wasir Anda akan terjatuh sekitar satu minggu setelahnya.

Operasi dengan pembiusan umum kadang pula dilakukan yang bertujuan untuk mengangkat atau menyusutkan wasir Anda yang besar atau jenis eksternal (luar).

Selain itu, dapat pula dengan teknik sclerotherapy yang dilakukan dengan menyuntikkan cairan khusus (phenol atau quirin urea) pada wasir Anda. Penyuntikan ini ampuh dalam menyusutkan wasir yang muncul.

Akan tetapi, pengobatan menggunakan sclerotherapy dapat menyebabkan rasa sakit setelah dilakukannya tindakan. Hal yang perlu Anda ketahui adalah sclerotherapy tidak dapat menghilangkan wasir secara permanen sehingga wasir Anda dapat muncul lagi beberapa tahun kemudian.

Apabila Anda telah mendapati keluarnya benjolan pada dubur dan anus Anda baik dapat masuk kembali atau tertahan yang disertai keluarnya darah, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit