Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Vectrine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.377.849 orang

Vectrine adalah nama merek dagang dari obat Erdosteine yang dipasarkan di perancis, Indonesia dan Vietnam. Obat ini adalah agen mukolitik, yang diresepkan untuk bronkitis obstruktif kronis

Obat ini bekerja dengan membantu mengencerkan lendir. Vectrine bekerja dengan memodulasi produksi lendir dan kekentalannya, dan juga meningkatkan transportasi lendir.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Efikasi klinis erdosteine telah dievaluasi dalam lebih dari 30 studi klinis yang melibatkan pasien dengan Penyakit Paru Obstruksi Kronis dan pasien dengan Kronik Bronkitis dengan eksaserbasi akut atau yang secara klinis stabil. 

Uji klinis telah membandingkan kemanjuran Vectrine dengan perawatan lain, termasuk agen mukolitik lainnya.Hasil dari penelitian menunjukkan efek positif dari menambahkan Vectrine ke dalam terapi bronkodilator rutin pada pasien PPOK sedang dan berat.

Mengenai Vectrine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Kapsul, sirup 

Kandungan:

Obat mukolitik 

Kapan obat ini digunakan?

Pengobatan eksaserbasi akut bronkitis kronis pada orang dewasa. Mengobati bronkitis parah. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Mengobati masalah pernapasan yang menyebabkan lendir atau dahak bronkial (di dalam paru-paru) yang kental atau susah dikeluarkan.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Pada kondisi apa obat ini tidak dapat digunakan?

Orang dengan riwayat alergi terhadap penggunaan obat iniadalah : 

  • Pasien yang menderita sirosis hati dan defisiensi enzim sistationin-sintetase
  • Pasien dengan gagal ginjal berat

Sebelum menggunakan obat ini, beritahukan dokter Anda tentang penggunaan obat, produk yang dijual bebas (mis. Vitamin, suplemen herbal, dll.), dan kondisi kesehatan lain seperti riwayat alergi, penyakit yang pernah diderita, dan kondisi kesehatan saat ini (misalnya kehamilan, operasi yang akan datang, dll) 

Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat. Gunakan obat ini sesuai arahan dokter Anda atau ikuti arahan yang tercetak pada kotak. Dosis didasarkan pada kondisi Anda. 

Beri tahu dokter Anda jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk. Obat ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Dan tidak dapat digunakan oleh wanita hamil dan menyusui

Simpan obat di tempat yang kering dan sejuk. Minum dengan segelas air penuh. Durasi terapi maksimum yang umum adalah 10 hari.

Dosis Vectrine dan cara pemakaian

Di apotek obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dan syrup kering, dengan komposisi sebagai berikut :
VECTRINE® Kapsul 300, tiap kapsul mengandung Erdostein 300 mg. VECTRINE® Sirup kering, tiap 5 ml (satu sendok takar) mengandung Erdosteine 175 mg

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Dosis yang tepat sesuai dengan arahan dokter. Adapun dosis lazim yang direkomendasikan yaitu
    Dosis Vectrine Kapsul 300 Hanya untuk dewasa 1 kapsul, 2 – 3 kali sehari. Maksimum penggunaan 10 hari. Kapsul harus ditelan utuh dengan segelas air. 
  • Dosis Vectrine Syrup kering Anak 15-19 kg: 5 ml, 2 kali sehari. Anak 20-30 kg: 5 ml, 3 kali sehari. Anak >30 kg dan dewasa: 10 ml, 2 kali sehari.

Efek samping Kapsul Vectrine

Berikut ini adalah daftar kemungkinan efek samping yang dapat ditimbulkan dari semua bahan yang terkandung di dalam kapsul vectrine. Obat ini bukan daftar lengkap. 

Efek samping ini mungkin terjadi, tetapi tidak semua orang mengalami efek samping ini. Beberapa efek samping mungkin jarang terjadi, tetapi merupakan efek samping yang serius. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami salah satu efek samping berikut, terutama jika mereka tidak membaik.

  • Flushing (rasa panas di wajah, telinga, leher dan tubuh)
  • Berkeringat lebih banyak dari biasanya
  • Mual
  • Vertigo
  • Muntah gangguan pencernaan ringan

Vectrine Capsule juga dapat menyebabkan efek samping yang tidak terdaftar di sini.

Jika Anda mengalamiefek samping lain yang tidak terdaftar di atas, hubungi dokter Anda untuk mendapatkan nasihat medis. Anda juga dapat melaporkan efek samping ke otoritas administrasi makanan dan obat-obatan setempat.

Peringatan dan perhatian terhadap obat Vectrine

Sebelum dan selama menggunakan obat Vectrine ini, harap perhatikan hal-hal di bawah ini:

Erdostein memiliki pengaruh kecil atau diabaikan pada kemampuan mengemudi dan menggunakan mesin. Oleh sebab itu tetap aman digunakan sebelum berkendara. Gunakan dengan hati-hati selama kehamilan dan menyusui. 

Pengaruhnya terhadap janin belum sepenuhnya diketahui. Adapun untuk ibu menyusui, vectrine tidak disarankan, kecuali atas petunjuk dokter. Tidak ada reaksi merugikan penggunaan bersama dengan obat lain. 

Oleh sebab itu obat vectrine dapat digunakan bersama dengan bronkodilator dan antibiotik yang umum sebagai kombinasi.

Pemberian amoksisilin bersama dengan Vectrine pada pasien dengan eksaserbasi infektif akut bronkitis kronis menghasilkan konsentrasi antibiotik yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan efek antibiotik yang lebih baik.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini