Tolnaftate: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 21, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Jun 14, 2019 Waktu baca: 3 menit

Siapa sih yang betah dengan kulit yang gatal, kering, pecah-pecah dan masalah kulit lainnya yang disebabkan akibat infeksi jamur? Pastinya hal tersebut sangat mengganggu penampilan dan aktivitas sehari-hari Anda. Infeksi jamur pada kulit merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi pada masyarakat, yang biasa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan diri, dll.

Infeksi tersebut dapat menimbulkan berbagai macam tanda dan gejala termasuk tinea pedis atau yang sering disebut dengan athlete’s foot, gatal di daerah selangkangan, kurap, dan infeksi jamur lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli MICONAZOLE CR 2% 10G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Miconazole cr 2 10g 1

Untuk mengatasi infeksi jamur biasanya di berikan obat-obatan anti jamur. Salah satu obat anti jamur yang dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur yaitu dengan obat Tolnaftate. Berikut pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai kegunaan, dosis dan efek samping dari obat Tolnaftate dalam mengatasi infeksi jamur. Selamat membaca.

Mengenai Tolnaftate

Golongan:

Obat bebas

Kemasan:

Gel, bubuk, semprotan, dan aerosol cair

Kandungan:

Obat antijamur

Apa sih kegunaan Tolnaftate?

Obat Tolnaftate merupakan thiocarbamate sintetis yang digunakan sebagai agen anti-jamur yang dapat diperoleh secara bebas tanpa resep medis atau dokter. Obat ini diberikan dalam berbagai macam sediaan seperti gel, bubuk, semprotan, dan aerosol cair.

Obat Tolnaftate berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jamur dan digunakan untuk mengobati beberapa infeksi seperti athlete's foot (tinea pedis), tinea cruris, dan kurap (tinea corporis). Tolnaftate juga dapat digunakan sebagai obat antijamur untuk mengobati infeksi pada kuku, kulit kepala, telapak tangan, dan telapak kaki.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Berapa dosis yang diperlukan pada penggunaan Tolnaftate?

Obat Tolnaftate tersdia dalam berbagai macam sediaan seperti krim, bubuk, dan semprotan (gel 1%, cairan spray 1%, bubuk spray 1% dan krim 1%). Untuk pemberian dosis obat Tolnaftate dapat diberikan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dosis pada orang dewasa untuk infeksi jamur (tinea corporis, tinea pedis, tinea cruris dan tinea vesikolor): Oleskan di area yang terinfeksi 1-2 kali sehari selama 2-4 minggu
  • Dosis pada anak-anak untuk infeksi jamur (tinea corporis, tinea pedis, tinea cruris dan tinea vesikolor): Oleskan di area yang terinfeksi 1-2 kali sehari selama 2-4 minggu
  • Gunakan obat ini hanya pada kulit. Bersihkan dan keringkan area yang akan dioleskan. Oleskan obat ini pada kulit yang sakit, biasanya dua kali sehari atau sesuai petunjuk pada kemasan atau oleh resep dokter. Dosis dan lamanya perawatan tergantung pada jenis infeksi jamur tersebut
  • Hindari penggunaan obat ini pada daerah mata, hidung, mulut, atau vagina. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ingatlah untuk menggunakan obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Terus gunakan obat ini sampai jumlah yang ditentukan habis, bahkan jika gejala hilang setelah memulai penggunaan obat Tolnaftate. Menghentikan pengobatan terlalu dini dapat menyebabkan jamur terus tumbuh, yang dapat menyebabkan kambuhnya infeksi

Apa saja efek samping dari Tolnaftate?

Setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menjadi efek yang serius. Namun, setiap orang dapat bereaksi secara berbeda terhadap dosis obat yang sama. Seperti halnya dalam penggunaan obat Tolnaftate yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Gatal-gatal
  • Kulit kering, atau terkelupas
  • Segera hentikan pengobatan dan hubungi bantuan medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi dan iritasi seperti, sulit bernafas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda

Interaksi Obat

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. 

Selalu beritahukan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Perhatian dan peringatan penggunaan Tolnaftate

  • Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami reaksi yang tidak biasa atau riwayat alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lain. Juga beri tahu jika Anda memiliki riwayat jenis alergi lain, seperti makanan, pewarna, pengawet, dll
  • Jangan gunakan obat ini pada luka terbuka atau kulit terbakar sinar matahari, kering, pecah-pecah, atau teriritasi
  • Jangan menutupi area kulit yang terinfeksi dengan perban yang dapat menghalangi sirkulasi udara. Anda dapat menggunakan kasa tipis untuk melindungi pakaian Anda dari area kulit yang terinfeksi
  • Masi belum ada informasi yang memadai mengenai keamanan obat ini untuk ibu hamil dan menyusui
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada anak-anak usia dibawah 2 tahun

Jika setelah penggunaan obat Tolnaftate dari waktu yang telah ditentukan terdapat perburukan kondisi dari infeksi penyakit tersebut. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tolnaftate skin cream, gel, solution, or spray. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19260-tolnaftate-skin-cream-gel-solution-or-spray)
Tolnaftate: Side Effects, Dosages, Treatment, Interactions, Warnings. RxList. (https://www.rxlist.com/consumer_lamisil_tolnaftate/drugs-condition.htm)
Tolnaftate (Topical Route) Description and Brand Names. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/tolnaftate-topical-route/description/drg-20068886)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app