Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Kenali Tinea pedis dan Cara Menanganinya

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.663.960 orang

Pengertian pada Tinea Pedis

Tinea pedis adalah suatu penyakit kulit yang berlokasi di sela sela jari kaki dan telapak kaki. Penyakit ini sering dikenal sebagai athlete foot. Penyakit ini dapat diderita pada berbagai usia dan jenis kelamin

Tinea pedis dapat menimbulkan rasa gatal dengan gejala khas yang muncul pada sela-sela jari. Penyakit ini terjadi akibat infeksi dari bakteri dan jamur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Produk ini memiliki kemasan 1 Tube yang dapat digunakan untuk keperluan sebagai berikut: jamur, kulit, jamur kuku, infeksi jamur, infeksi kulit.

Fungiderm cr 5g 1

Penyebab Tinea Pedis

Tinea pedis disebabkan oleh beberapa organisme seperti Trichophyton rubrum, Trichophyton interdigitale, dan Epidermophyton floccosum.  Infeksi ini menetap pada daerah telapak kaki dan berkembang dengan cepat terutama pada populasi manusia yang tinggal di iklim tropis. Suhu yang panas serta higienitas yang kurang menyebabkan kaki dapat mudah berkeringat sehingga memudahkan infeksi tersebut dapat berkembang dan semakin berkembang. Kondisi sosial ekonomi yang rendah juga menjadi faktor lain mudahnya penularan infeksi ini.

Infeksi akibat tinea pedis sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan. Intensitas penyakit semakin meningkat berkaitan dengan aktivitas dan usia. Iklim yang panas menyebabkan kulit menjadi mudah lembab dan berkeringat ditambah pemakaian sepatu yang terus-menerus menyebabkan kurang aliran udara pada telapak kaki.

Faktor resiko utama seperti kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan kaki menjadi pemicu utama timbulnya sisik-sisik halus berwarna putih pada sela-sela jari akibat infeksi jamur tinea. Infeksi semakin menyebar dengan perkembang biakan spora jamur hingga ke telapak kaki sehingga menimbulkan gejala yang khas pada tinea serta bau yang tidak sedap.

Jenis Tinea Pedis

TInea pedis dibagi menjadi 3 jenis diantaranya:

  1. Tinea pedis interdigitalis yang menyerang sela-sela jari berupa sisik halus yang mudah sekali meluas.
  2. TInea pedis moccasin terjadi pada seluruh kaki berupa sisik kasar berwarna putih disertai kulit yang terkelupas
  3. Tinea pedis inflamasi yang sudah menimbulkan peradangan yang disertai dengan gelembung cairan yang menonjol dan mudah pecah (bula).

Gejala Pada Tinea Pedis

 TInea pedis pada kaki akan menimbulkan gejala yang akan menganggu aktivitas dan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Gejala yang dapat muncul antara lain:

  1. Rasa Gatal
  2. Ruam kemerahan
  3. Kulit menjadi bersisik
  4. Nyeri
  1. Jamur yang tumbuh di permukaan kulit mengiritasikan jaringan sekitar dan merespon rasa gatal pada kaki.
  2. Pada infeksi tinea pedis akan terlihat bercak kemerahan pada sela-sela jari kaki.
  3. Ruam merah pada sela jari kaki semakin lama akan timbul kulit yang bersisik dan mudah terkelupas. Warna kulit juga berubah menjadi pucat.
  4. Infeksi yang berkembang akan menimbulkan rasa nyeri seperti terbakar hingga ke telapak kaki

Diagnosis Pada Tinea Pedis

Munculnya tinea pedis pada kaki dapat terlihat dari keluhan yang khas berupa bercak di sela-sela jari yang dapat meluas hingga ke telapak kaki bergantung jenisnya. Di samping itu, pemeriksaan penunjang lainnya juga dapat dilakukan oleh dokter untuk memastikan kembali apakah kondisi ini murni diakibatkan infeksi jamur yang terkait dengan tinea pedis. Beberapa pemeriksaan yang dilakukan antara lain:

  1. Lampu wood
  2. Kultur
  3. KOH
  1. Pemeriksaan lampu wood digunakan untuk mendeteksi adanya jamur yang menimbulkan infeksi kulit terutama pada tinea pedis.
  2. Pemeriksaan kultur jamur digunakan dengan mengambil sampel kulit yang terinfeksi lalu diperiksa di laboratorium untuk melihat ada tidaknya jamur yang menyebabkan infeksi ini.
  3. Pemeriksaan KOH dilakukan dengan metode kerokan kulit sebagai sampel

Penanganan TInea pedis

Obat oles atau topikal merupakan obat utama yang diberikan pada kasus infeksi jamur seperti tinea pedis ini. Obat sistemik atau yang diminum juga dapat diberikan apabila luka infeksi sangat parah atau tidak sembuh total dengan obat topikal. Obat yang direkomendasikan adalah obat jamur sesuai dengan penyebab utama infeksi tinea pedis. Obat jamur seperti mikonazole, cotrimazole, Tolnaftate sering digunakan untuk membasmi jamur yang berkembang di permukaan kulit,  Obat Tolnaftate sangat cocok diberikan pada anak-anak.

Krim urea juga digunakan apabila terjadi kekeringan pada kulit yang menimbulkan sisik-sisik kasar di permukaan kulit. Krim ini bertujuan untuk memberikan hidrasi sehingga pemeliharaan sel-sel kulit tetap terjaga. Hal yang tepat untuk mencegah munculnya tinea pedis adalah dengan menjaga kebersihan kaki, memperhatikan jensi pemakaian sepatu, kaos kaki, dan menjaga lingkungan tetap bersih untuk menghindar penularan jamur ke orang lain.  


Referensi

Crawford, F. (2009). Athlete's Foot. BMJ Clin Evid, 07:1712

DermNetNZ (2003). Tinea Pedis.

Jaliman, D. WebMD (2017). Athlete's Foot.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit