Tips Merawat Bekas Luka Setelah Operasi Kanker

Dipublish tanggal: Jun 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 27, 2019 Waktu baca: 2 menit
Tips Merawat Bekas Luka Setelah Operasi Kanker

Luka bekas operasi harus dirawat dengan benar agar tidak memicu terjadinya infeksi. Cara ini bisa membuat Anda lekas pulih usai menjalani operasi. Biasanya dokter akan melakukan perawatan secara intensif terhadap luka tersebut. 

Namun sebagai pasien Anda juga harus tahu tindakan apa yang dapat dilakukan agar bekas luka bisa segera pulih.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Efek yang Anda rasakan setelah Operasi Kanker

Pusing dan gamang akan Anda rasakan usai menjalani operasi kanker. Hal tersebut merupakan efek penggunaan obat bius saat operasi. Selain itu Anda juga akan merasa mual dan ingin muntah

Selang atau masker oksigen pun dipasangkan agar Anda bisa bernapas dengan mudah. Supaya kondisi Anda lebih nyaman, dokter biasanya akan memberikan resep obat.

Efek lainnya yang akan Anda alami pascaoperasi kanker diantaranya seperti sakit tenggorokan serta mulut kering. Luka setelah operasi sebaiknya jangan terlalu dikhawatirkan sebab dengan perawatan yang benar luka tersebut bisa segera sembuh. 

Dibutuhkan kurang lebih 2 minggu untuk memulihkan luka bekas operasi. Namun ada beberapa kasus yang penyembuhannya lebih lama dikarenakan pemakaian obat-obatan tertentu seperti steroid.

Perawatan bekas luka Operasi Kanker

Setelah operasi selesai, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat bekas luka. Tujuannya agar kondisi badan segera pulih dan mencegah infeksi pada luka.

Meminimalisir risiko infeksi

Infeksi rentan terjadi pada luka bekas operasi. Untuk mencegahnya, Anda harus pastikan luka tersebut tetap kering. Periksa bekas sayatan sesering mungkin untuk memastikan tidak ada tanda-tanda gejala infeksi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Jangan menggosok ataupun mengusap bekas sayatan karena bisa memperparah kondisi luka. Taati petunjuk dokter mengenai penggantian perban dan pelepasan plester.

Merawat bekas sayatan

Ada 3 metode yang biasa dilakukan oleh dokter untuk menutup bekas sayatan setelah operasi kanker yaitu dengan diberikan jahitan, lem operasi, dan staples. 

Jahitan akan hilang dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Sementara staples baru akan dilepas setelah luka sembuh. Lem operasi juga akan hilang dalam kurun waktu 5-10 hari.

Menghindari pembekuan darah

Lakukan sedikit olahraga kaki supaya pembekuan darah tidak terjadi. Praktikkan gerakan yang simple misalnya dengan meregangkan lutut dan menggerakkan telapak kaki. 

Jangan terlalu lama rebahan di tempat tidur, bergeraklah sesegera mungkin setelah operasi sebagai upaya pencegahan pembekuan darah.

Masalah pada luka setelah Operasi Kanker

Rasa gatal dan pendarahan sering terjadi pada luka setelah operasi kanker. Jika Anda merasakan gatal  di area luka, mintalah obat pereda gatal pada dokter. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Sementara pendarahan biasanya terjadi secara tidak sengaja entah itu karena gesekan atau saat Anda bergerak. Untuk merawatnya, tekan luka tersebut menggunakan tisu atau handuk bersih selama 5 menit. 

Apabila pendarahan tidak berhenti, segera hubungi dokter agar mendapatkan penanganan secepatnya.

Cara menghilangkan bekas Luka Operasi

Bekas luka yang tidak segera hilang kadang akan mengganggu penampilan Anda. Untuk menghilangkannya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  • Perbanyak konsumsi vitamin E untuk meningkatkan produksi kolagen dan mempercepat pembentukan sel kulit baru
  • Lakukan pijatan pada area bekas luka untuk memperlancar suplai darah dan mendorong pembentukan jaringan kulit
  • Gunakan cream retin yang berkhasiat untuk menyamarkan bekas luka

Setelah melakukan operasi kanker, Anda harus segera melakukan perawatan agar luka bisa segera pulih dan tidak mengalami infeksi. Jika gejala gatal dan pendarahan terjadi pada luka, sebaiknya segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scarring and Breast Cancer Treatments. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/scarring-and-breast-cancer-430459)
Mastectomy scars: Treatment options and what to expect. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320379)
Overview of Surgical Scar Prevention and Management. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4055805/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app