Tips Menjaga dan Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Nah sebenarnya kunci utama dalam menjaga dan meningkatkan adalah melakukan olahraga dengan rutin. Olahraga yang dilakukan bebas, Anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh Anda. Ketika Anda sudah rutin menjalankan olahraga, ikuti beberapa tips di bawah ini:
Dipublish tanggal: Agu 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 6, 2020 Waktu baca: 2 menit
Tips Menjaga dan Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Mempunyai tubuh yang sehat dan bugar dapat mendatangkan banyak manfaat bagi Anda. Beberapa manfaatnya adalah Anda dapat lebih leluasa dalam menjalankan aktivitas Anda setiap harinya, dapat mencegah terkena penyakit jantung, penyakit tulang dan otot, serta terhindar dari obesitas

Selain itu, secara tidak langsung kesehatan mental Anda juga akan terjaga dengan baik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Saat ini banyak sekali cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Apakah Anda tertarik dengan beberapa manfaat di atas? Jika iya, silahkan simak beberapa tips di bawah ini agar kebugaran tubuh Anda tetap terjaga.

Tips menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh

Kebugaran adalah kondisi dimana tubuh dalam keadaan yang sehat dan segar. Dalam artian Anda memiliki cukup energi dan daya tahan tubuh yang baik dalam menjalankan kegiatan setiap hari.

Nah sebenarnya kunci utama dalam menjaga dan meningkatkan adalah melakukan olahraga dengan rutin. Olahraga yang dilakukan bebas, Anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh Anda. 

Ketika Anda sudah rutin menjalankan olahraga, ikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Cobalah berbagai jenis olahraga

Mungkin Anda akan bosan jika hanya melakukan jenis olahraga itu-itu saja. Melakukan olahraga yang cenderung monoton akan membuat Anda malas untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. 

Untuk menghindari rasa malas dan bosan, Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga seperti jogging, aerobik, berenang, treadmill, latihan kardio, sit-up, push-up, dan jenis olahraga lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Suplemen Fitness via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 25

Aktivitas olahraga yang berbeda juga akan berpengaruh pada tingkat kebugaran yang berbeda pula. Misalnya, berlari dapat meningkatkan kesehatan jantung, sementara berenang sangat bagus untuk melatih pernafasan Anda. 

Anda juga bisa mengikuti kelas olahraga di gym. 

2. Lakukan dengan konsisten

Hal terpenting dalam berolahraga adalah konsistensi untuk melakukannya. Ketika melakukan olahraga, Anda harus disiplin dan rutin agar hasilnya terlihat secara maksimal. 

Setidaknya lakukan olahraga minimal 30 menit dan dilakukan 3-5 kali per minggu. Anda juga bisa membuat jadwal khusus untuk olahraga mengenai waktu dan jenis olahraga yang harus dilakukan. 

Hal tersebut akan membantu Anda supaya tetap disiplin dan konsisten.

3. Motivasi diri sendiri

Olahraga dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh haruslah selalu ada perkembangan dari minggu pertama ke minggu selanjutnya. Tingkatkan intensitas dan durasi olahraga Anda serta selalu memotivasi diri Anda untuk mencapai tahap yang baru.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Namun, sebaiknya Anda melakukan olahraga secara bertahap. Jangan terlalu memaksakan diri Anda. Mulailah dengan olahraga yang mudah kemudian tingkatkan secara perlahan. Ketahui juga batas kemampuan Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menetapkan goals agar Anda selalu tertantang dan terus termotivasi untuk melakukan aktivitas olahraga.

4. Cukupi kebutuhan air Anda

Untuk menunjang aktivitas olahraga yang Anda lakukan, kebiasaan minum air putih adalah keharusan yang Anda lakukan. 

Apabila sebelumnya Anda lebih menyukai kopi atau minuman yang manis-manis, cobalah untuk meminum sekitar 5-6 liter per hari dalam 1 minggu, maka Anda akan merasakan perbedaannya. 

Banyak manfaat yang dapat Anda rasakan ketika kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi, seperti Anda akan terhindar dari rasa mengantuk dan fokus Anda akan lebih terjaga.

5. Mempunyai jam tidur yang cukup

Mungkin Anda adalah orang yang sangat terobsesi dengan produktivitas. Bahkan tak jarang Anda justru mengorbankan jam tidur Anda untuk mengerjakan banyak hal. Tetapi bukanlah hasil maksimal yang Anda dapatkan, namun Anda akan cenderung mudah sakit dan susah berkonsentrasi.

Umumnya dokter akan menyarankan tidur selama kurang lebih 7 jam. Cobalah untuk mengatur jam tidur Anda lebih awal. 

Saat Anda mempunyai jam tidur yang cukup, maka tubuh akan merasakan kebugaran dan bisa lebih konsentrasi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app